Hidup hemat memang perlu diterapkan oleh banyak keluarga, terutama mereka yang berpenghasilan pas-pasan. Kebanyakan keluarga membeli barang rumah tangga dan menggunakannya sampai benar-benar rusak, tanpa tahu kapan waktu ideal untuk menggantinya.

Padahal, ada barang yang harus diganti seminggu sekali, sebulan sekali, setahun dua kali, dan lain-lain. Jangka waktu penggunaan ini harus ditaati agar kamu dan keluarga dapat hidup nyaman dan sehat. 

Berikut adalah sebelas daftar barang rumah tangga beserta jangka waktu ideal pemakaiannya. Segera ganti jika barang kamu sudah lewat jangka waktu ideal pemakaian, ya! 

  1. Spons dapur — seminggu sekali

Jika kamu selalu memakai spons dapur untuk mencuci piring, sebaiknya ganti setiap seminggu sekali.  Bahkan, lebih baiknya lagi kamu bisa mengganti spons beberapa kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan agar spons selalu bersih dan bebas kuman. 

  1. Wadah lensa kontak — setiap 3 bulan

Lensa kontak memang perlu diganti setiap beberapa bulan, ada yang 3 bulan, ada yang 6 bulan. Tapi, wadah lensa kontak juga jangan lupa diganti, ya. Jangan sampai kamu memakai wadah yang sama dalam waktu lama. Sebaiknya, ganti wadah lensa kontak setiap 3 bulan sekali. Selain itu, wadah lensa kontak juga wajib dibersihkan setiap kali selesai digunakan, agar tetap bersih dan higienis. 

  1. Sikat toilet — setiap 6 bulan

Sikat toilet harus dibersihkan setiap kamu selesai membersihkan toilet. Sikat ini juga harus diganti setidaknya setiap 6 bulan sekali. Untuk sikat toilet yang terbuat dari kayu, mungkin kamu bisa memakainya lebih dari 6 bulan. Tapi, untuk sikat toilet biasa, sebaiknya ganti jika sudah dipakai 6 bulan. 

  1. Bra — setiap 6-9 bulan

Hayo, kapan terakhir kali kamu membeli bra baru? Sebagian orang sudah lupa kapan terakhir membeli bra karena sudah terlalu lama tidak membeli bra. Padahal, idealnya, bra harus diganti setiap 6 sampai 9 bulan sekali. Jika tali bra sudah merenggang, kainnya sudah aus, atau ada kawat bra yang keluar dari tempatnya, itu artinya kamu harus segera beli bra baru. 

  1. Matras yoga — setiap tahun

Matras yoga atau yoga mat harus diganti setiap setahun sekali. Tapi, durasi ini tergantung pada seberapa sering kamu menggunakan matras yoga untuk beraktivitas. Jika jarang digunakan, kamu boleh memakainya lebih lama. Tapi, jika kamu memakainya hampir setiap hari, pastikan kamu segera ganti setelah setahun pakai. 

  1. Menstrual cup — setiap 6 bulan hingga 10 tahun

Ada berbagai macam merek dan jenis menstrual cup yang dijual di pasaran. Setelah membeli, perhatikan jangka waktu pakai menstrual cup yang tertera pada kemasan produk. Sebab, ada yang bisa dipakai 6 bulan, 1 tahun, 5 tahun, sampai 10 tahun. Jika sudah saatnya ganti, pastikan kamu membeli menstrual cup baru, ya!

  1. Keset kamar mandi — setiap 2 tahun

Keset kamar mandi harus dicuci setiap dua minggu sekali, kecuali jika kamu berbagi kamar mandi dengan orang lain. Jika berbagi kamar mandi, maka keset harus dicuci setidaknya seminggu sekali. Selain sering dicuci, keset kamar mandi juga harus diganti jika sudah dipakai selama 2 tahun. 

  1. Kasur — setiap 8-10 tahun

Jangka waktu pakai kasur bisa bermacam-macam, tergantung pada jenis dan kualitas kasur yang kamu pakai. Namun, setiap 8 sampai 10 tahun sekali, sebaiknya kasur diganti dengan yang baru. Apalagi jika kasur kamu sudah sangat kotor, membuat otot kaku di pagi hari, atau sudah berbunyi setiap kali digunakan. 

  1. Mesin cuci — setiap 10 tahun

Rata-rata, sebuah mesin cuci bisa dipakai sampai 10 tahun. Tapi, tentu saja itu tergantung pada merek, seberapa sering kamu menggunakannya, dan seberapa berat beban mesin cucinya. Jika mesin cuci sudah sering rusak dan berkali-kali diperbaiki, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli mesin cuci baru.

  1. Kulkas — setiap 15 tahun

Berapa lama kamu memakai kulkas yang sama? Jika sudah lebih dari 15 tahun, sebaiknya kamu pertimbangkan untuk membeli yang baru. Namun, jika lemari es baru berusia kurang dari 10 tahun dan masih bisa dipakai dengan normal, kamu boleh memakainya. 

  1. Sofa — setiap 7-15 tahun

Apabila sofa di rumah kamu sudah usang, tidak nyaman dipakai maupun dilihat, coba ingat-ingat kembali kapan kamu membelinya. Jika sudah lebih dari 7 tahun, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli sofa baru yang lebih nyaman dan bersih, tentu saja. Idealnya, sofa bisa dipakai selama 7 sampai 15 tahun.

Nah, itulah daftar barang rumah tangga yang perlu diganti pada waktu tertentu. Barang rumah tangga mana yang ingin segera kamu ganti?

Baca Juga :

Jika Kamu Mengalami Masalah Kulit Ini, Segera Ganti Cleanser Yang Kamu Gunakan!

Segera Ganti Kuas Makeup Kamu Jika Sudah Melihat 4 Tanda Ini

6 Alasan Mengapa Sebaiknya Segera Mengganti Produk Perawatan Wajah Dengan Minyak Argan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Hal Ini Perlu Disimpan di Mobil untuk Keperluan Darurat

Melakukan perjalanan jauh tentu butuh persiapan ekstra. Tidak