Terapi bekam adalah metode penyembuhan alternatif yang saat ini digunakan dalam pengobatan berbagai kondisi medis. Teknik ini melibatkan menempatkan cangkir khusus pada kulit orang tersebut untuk membuat tarikan atau hisapan yang membantu memfasilitasi peningkatan aliran darah dan penyembuhan ke daerah yang terkena. Meskipun terapi bekam telah dipraktekkan selama berabad-abad di banyak negara, hal itu tidak sepenuhnya dipahami dan diteliti dengan baik saat ini. Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dekat dan lebih rinci tentang apa itu terapi bekam, berbagai jenis terapi bekam dan bagaimana melakukannya.

Apa Itu Terapi Bekam?

Terapi bekam adalah praktik penyembuhan kuno yang berasal dari Cina. Juga dikenal sebagai bekam Hijama atau bekam vakum, terapi pijat bekam telah dipraktekkan di berbagai budaya Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin di seluruh dunia. Pendukung metode percaya bahwa bekam merangsang aliran “Qi” atau kekuatan hidup dalam tubuh. Mereka juga mengklaim bahwa itu mengembalikan keseimbangan tubuh antara positif (yin) dan negatif (yang), memungkinkan tubuh untuk melawan patogen dan mengurangi rasa sakit.

Jenis Terapi Bekam

Awalnya, terapi suction cup dilakukan dengan menggunakan tanduk hewan. Seiring berjalannya waktu, teknik bekam mengadopsi bahan-bahan lokal seperti bambu, keramik, silikon, logam, dan plastik. Terapi bekam modern menggunakan cangkir kaca bundar dengan salah satu ujung terbuka untuk melakukan perawatan. Ini adalah dua jenis terapi bekam yang dilakukan secara luas saat ini.

Bekam Kering

Dalam metode ini, praktisi medis memanaskan cangkir dengan api dan meletakkannya di beberapa area di kulit untuk menciptakan ruang hampa. Hisap ini mengangkat kulit dan meregangkan otot ke atas, meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot dan nyeri.

Bekam basah

Teknik ini melibatkan penggunaan pisau bedah atau lanset untuk membuat sayatan ringan pada beberapa area kulit, memungkinkan sejumlah kecil darah untuk ditarik ke dalam cangkir selama proses penyedotan. Praktisi percaya metode ini mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari tubuh untuk meningkatkan penyembuhan secara keseluruhan.

Cara Melakukan Terapi Bekam

Jumlah sesi terapi bekam ditentukan oleh terapis bekam berdasarkan kesehatan fisik Anda. Jika Anda memiliki riwayat kondisi medis, beri tahu terapis Anda sebelum Anda memilih perawatan. Setiap sesi memakan waktu sekitar 20 menit dan dilakukan dengan urutan sebagai berikut.

  1. Praktisi memilih titik tertentu untuk bekam dan mendisinfeksi area tersebut.
  2. Terapis memasukkan alkohol atau herbal ke dalam cangkir dan membakarnya.
  3. Setelah api padam, mereka ditempatkan terbalik di kulit Anda.
  4. Saat udara di dalam cangkir mendingin, ia menciptakan isapan, menyebabkan kulit naik dan memerah.
  5. Cangkir yang tersisa di kulit Anda untuk jangka waktu tiga sampai lima menit.
  6. Dalam bekam basah, terapis mengikuti semua langkah bekam kering sebelum membuat luka kecil pada kulit menggunakan jarum atau pisau.
  7. Cangkir ditempatkan lagi pada kulit untuk kedua kalinya dan sejumlah kecil darah diambil.
  8. Cangkir disimpan untuk jangka waktu tiga sampai lima menit.
  9. Setelah cangkir dilepas, tempat tertentu didesinfeksi dan dibalut untuk menghindari infeksi.

Baca Juga :

<strong>6 Potensi Manfaat Kesehatan Dari Terapi Bekam dan Efek Sampingnya</strong>

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Bekam Wajah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Herbal Ajaib Untuk Menambah Berat Badan Lebih Cepat

Dalam masyarakat saat ini, di mana dunia sedang