Bangsa Romawi dan Yunani menggunakan minyak nabati yang diekstrak dari bijinya untuk lotion kulit, salep, dan parfum. Di Mesir, minyak kelor digunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, pasir, dan debu selama perjalanan panjang di padang pasir. Mungkin inilah alasan mengapa orang-orang di negara-negara ini dikagumi karena kulit mereka yang bercahaya dan tampak awet muda.

Salah satu manfaat utama minyak kelor, yang menjadikannya bahan favorit dalam industri kosmetik, adalah kaya akan sitokinin, dan yang lebih penting, zeatin (hormon tanaman paling kuat). Zeatin membantu dalam mempromosikan pertumbuhan sel dan dalam menunda proses penuaan dengan memberi nutrisi dan mendukung jaringan kulit.

Minyak kelor memiliki sifat antimikroba, antibakteri, antioksidan, antijamur, dan anti-penuaan. Ini membantu dalam membantu berbagai masalah kulit, termasuk efek penuaan seperti keriput, kulit kusam dan tak bernyawa.

Di bawah ini, kita akan membahas manfaat minyak kelor untuk kulit secara rinci.

1. Ini memberikan pelindung untuk kulit Anda

Minyak kelor memiliki kombinasi unik dari asam lemak yang merupakan bagian integral dari pembentukan dan pemeliharaan membran sel dalam stratum korneum (lapisan kulit yang memberikan penghalang terhadap lingkungan dan mengatur permeabilitas).

Selain itu, asam lemak ini juga memiliki sifat emolien, pelumas, dan anti-inflamasi, yang akan membantu memulihkan minyak alami kulit dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan.

2. Memperbaiki kulit dari kerusakan akibat polusi

Terlepas dari lokasi di mana Anda tinggal, berbagai polutan ada di lingkungan Anda. Polutan ini menembus lapisan epidermis yang lebih dalam dan memengaruhi keseimbangan integritas struktural kulit. Oleh karena itu, kemampuan pertahanan kulit terganggu karena terpapar polusi.

Polutan dan partikel debu halus secara bertahap menguras kulit dari antioksidan dan membuat kulit terasa kering. Partikel-partikel ini juga mengganggu fungsi penghalang permukaan dan mengganggu hidrasi kulit. Profil fitokimia kelor menunjukkan bahwa ia kaya akan asam lemak (terutama asam oleat) dan antioksidan yang memulihkan dan melindungi penghalang kulit. Kandungan asam oleat yang kaya juga memastikan kulit tetap terhidrasi bahkan saat ekspo

3. Bekerja sebagai anti-penuaan

Sekarang, Anda mungkin sudah tahu bahwa minyak kelor ini memiliki sifat anti-penuaan terbaik. Minyak padat nutrisi ini mengandung antioksidan yang membantu mengekang aktivitas radikal bebas, sehingga memperlambat proses penuaan. Ini juga membantu menghilangkan kerutan dan mencegah kulit wajah kendur. Kekayaan minyak dalam Vitamin C membantu menstabilkan kolagen, yang pada gilirannya membantu mengurangi garis-garis halus dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

4. Memunculkan cahaya alami kulit Anda

Minyak kelor membantu dalam memerangi masalah kulit seperti kelelahan dan mengatur sekresi minyak, sehingga memalsukan efek buruk polusi pada kulit Anda. Dengan memurnikan kulit, minyak khusus ini membantu mengungkapkan cahaya alaminya. Pijat lembut kulit Anda dengan dua sampai tiga tetes minyak kelor dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes ke krim atau lotion perawatan kulit harian Anda untuk mengurangi masalah kulit.

5. Melawan jerawat, membantu menghilangkan bintik hitam:

Minyak kelor juga dikenal karena sifat antiseptik dan antimikroba yang sangat baik yang dapat menyembuhkan jerawat. Ini mengatur produksi sebum berlebih dan mencegah kotoran dan bakteri menyumbat pori-pori. Jika kulit sempurna yang Anda dambakan, campurkan tiga tetes minyak kelor dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan campuran tersebut ke jerawat, komedo, goresan, dan bekas luka untuk penyembuhan cepat.

6. Membersihkan dan meremajakan kulit Anda:

Berkat kandungan asam oleatnya yang luar biasa tinggi sebesar 72%, minyak kelor adalah pembersih kulit dalam yang fantastis dengan efek pemurnian dan detoksifikasi. Minyak ini juga mengandung belerang yang membantu dalam membangun keratin alami di kulit dan memberi Anda kekencangan awet muda.

7. Menutrisi kulit kering

Minyak kelor membantu melembutkan kulit kering dan menjaga kelembapan kulit. Ini melawan masalah seperti dermatitis, eksim, dan psoriasis. Minyak kelor juga cocok untuk mengkondisikan bibir kering dan pecah-pecah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menunjukkan bahwa minyak kelor dapat membantu melindungi dari sinar matahari. Para peneliti menemukan bahwa minyak ini mengandung SPF yang dapat berkontribusi pada aktivitas tabir surya yang efektif. Studi menunjukkan bahwa kelor dapat menjadi agen tabir surya aktif atau juga dapat ditambahkan ke formulasi tabir surya lainnya untuk meningkatkan potensi. Tidak disarankan untuk langsung mengoleskan minyak kelor pada kulit Anda dan memanggangnya di bawah sinar matahari, tetapi ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk tabir surya alami.

8. Ini memberikan bantuan dari rasa sakit dan membantu dalam relaksasi

Anda juga bisa menambahkan dua tetes minyak kelor ke air mandi hangat Anda. Mandi dengan air ini akan menghilangkan stres, membersihkan tubuh, memberikan ketenangan mental, dan menghilangkan rasa lelah. Memijat tubuh Anda hanya dengan empat tetes minyak kelor yang dicampur dengan minyak almond dapat membantu mengurangi nyeri rematik, mengurangi peradangan dengan sifat anti-inflamasinya, menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh Anda melalui urin, melindungi tubuh Anda dari infeksi berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh. sistem.

Baca Juga :

<strong>Manfaat Daun Kelor : Hempaskan 5 Masalah Kulit Wajah Berikut Ini</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Pentingnya Lulur Wajah dan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel-sel mati dari permukaan