Image result for wanita mengalami peradangan sendi

Peradangan pada persendian umumnya dikenal sebagai arthritis. Dan masalah ini seringkali dialami oleh beberapa orang yang sangat  mempengaruhi fungsi normal kehidupan. Biasanya, peradangan sendi berhubungan dengan pembengkakan sendi, nyeri sendi, dan kekakuan sendi, sulitnya mobilitas atau hilangnya fungsi sendi.

Dan untuki mengatasi masalah ini, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan, latihan atau bahkan melakukan pembedahan. Namun, karena pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati, kita bisa bisa mencegahnya dengan cara memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Dan disarankan untuk memeriksa diet yang kita lakukan, karena sejumlah makanan yang umum dikonsumsi dapat memicu peradangan sendi. Jadi, berikut adalah daftar makanan yang bisa menyebabkan peradangan sendi yang harus kamu hindari.

  1. Tomat

Image result for tomat

Dalam keseharian kita, kita seringkali mengonsumsi tomat, baik dalam bentuk salad atau produk seperti saus dan kecap. Meskipun umumnya tomat diasumsikan antiinflamasi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa tertentu pada tomat diketahui menyebabkan radang sendi.

  1. Soda

Image result for soda

Minuman bersoda, soda dan jus dalam kemasan yang sangat populer, adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi yang ternyata dapat menyebabkan peradangan karena pemanis buatan yang ditambahkan ke dalamnya. Fruktosa yang terkandung dalam minuman dan minuman ringan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang berkontribusi terhadap peradangan sendi. Sehingga, kelebihan asupan minuman tersebut harus dihindari untuk pencegahan peradangan sendi.

  1. Gula

Image result for gula

Gula dalam bentuk apapun, baik alami dan halus, harus benar-benar dihindari untuk mencegah masalah peradangan sendi. Hal ini karena, mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan obesitas, yang selanjutnya dapat menyebabkan lutut terasa sakit karena tekanan yang terbentuk di lutut.

  1. Tepung

Image result for tepung

Tepung ternyata bisa menjadi salah satu makanan yang bisa mempengaruhi sendi kamu. Kenaikan kadar gula darah dapat menyebabkan produksi zat kimia yang disebut sitokin oleh tubuh, yang bersifat inflamasi. Jadi, roti putih, pasta, dan makanan olahan dari tepung olahan sebaiknya kamu hindari.

  1. Daging Olahan

Image result for daging olahan

Daging olahan ternyata juga dapat menyebabkan radang sendi. Hal ini karena, jumlah asupan lemak dan kalori dari daging bisa membuat kamu sangat rentan terhadap radang sendi. Jadi, akan lebih baik jika kamu beralih dari diet non-vegetarian ke vegetarian untuk menghindari peradangan pada persendian.

Nah, inilah beberapa makanan yang ternyata dapat menyebabkan peradangan sendi. Oleh karena itu, jika kamu sekarang ini sudah merasakan gejala- gejala yang mengarah kesana, akan lebih baik jika kamu mulai mengurangi beberapa jenis makanan ini. Dan walaupun kamu belum merasakan gejalanya, kamu harus tetap mengurangi aupan beberapa makanan tersebut untuk mencegah terjadinya peradangan sendi dan juga menjaga kesehatan kamu.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang