Kulit berjerawat dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti penyakit kulit, kondisi cuaca ekstrem, infeksi kulit, perubahan hormonal, hiper-pigmentasi, stres, faktor genetik, dan lain-lain. Apa itu kulit berjerawat? Nah, itu adalah patch yang tidak teratur pada kulit dan biasanya berwarna putih atau merah. Ini adalah masalah yang sangat  mengganggu kulit dan menyebabkan kemerahan serta gatal.

Masalah kulit semacam ini bisa dilihat di dada, kaki, dan wajah. Jika kulit kamu menderita luka bakar atau luka, infeksi, reaksi alergi, dll, maka kulit kamu akan memiliki bercak kulit yang lebih gelap atau bercak. Dan beberapa wanita juga mengalami bercak hitam pada kulit saat hamil. Hal ini disebabkan perubahan hormon dan umumnya dikenal dengan melasma atau chloasma.

Apapun yang mungkin menjadi alasan kulit berjerawat, kita selalu bisa menjaganya. Sedikit KLT bisa membuat kulit kamu terlihat segar dan baru lagi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengikuti pengobatan rumahan  ini, yang sangat mudah dilakukan, dan mengejutkan kamu, karena kulit kamu akan terlihat tanpa cela dan indah.

Dan berikut adalah beberapa pengobatan rumahan yang dapat kamu lakukan, antara lain :

  1. Aloe Vera:

Related image

Lidah buaya memiliki banyak manfaat penyembuhan kulit. Ini adalah salah satu tanaman yang paling banyak digunakan, karena menyembuhkan rasa gatal dan menenangkan kulit. Selain itu, lidah buaya paling baik untuk mengobati warna kulit yang tidak rata yang terjadi akibat sengatan sinar matahari. Dan mengurangi peradangan, pembengkakan, dan kemerahan. Hal ini karena efek pelembabnya yang kuat dapat membantu menjaga kulit kamu tetap terhidrasi dan melembabkan serta mengembalikan kesehatan kulit kamu.

Cara Pakai:

Potong satu tanaman lidah buaya dan ekstrak jusnya. Lalu, oleskan gel aloe vera ke kulit kamu dengan jari dan biarkan di kulit kamu  sekitar setengah jam. Setelah itu, cuci dengan air normal. Ulangi proses ini selama 2-3 kali dalam seminggu sampai kamu mendapatkan hasil yang memuaskan.

  1. Minyak Kelapa:

Image result for minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab hebat untuk kulit kering karena mengandung asam lemak. Karena kulit kering merupakan salah satu faktor penyebab kulit menjadi berjerawat dan juga menyebabkan warna kulit tidak rata, amaka menggunakan minyak  kelapa dapat membantu melembabkan kulit dan juga menghidrasi kulit. Sifat antibakteri dan anti-inflamasinya membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Cara Pakai:

Ambil minyak kelapa extra-virgin dan gosokkan di antara telapak tangan dan oleskan minyak hangat ini ke kulit kamu yang berbau harum. Lalu, pijat minyak ini dengan lembut di atas kulit selama sekitar 5-10 menit dan biarkan minyak menyerap ke dalam kulit sepenuhnya. Setelah itu, ulangi proses ini 2-3 kali dalam sehari. Atau kamu bisa mencampur 2 sendok makan minyak kelapa extra-virgin dengan 1 sendok makan gula merah dan madu. Jika sudah tercampur dengan baik, oleskan campuran ini ke area yang bermasalah dan gosok dengan lembut selama beberapa menit dengan jari basah. Lalu, cuci dengan air normal. Dan lakukan ini dua kali dalam seminggu.

  1. Teh Hijau:

Image result for teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan khasiat antiinflamasi yang bagus untuk merawat kulit yang tidak berjerawat. Selain itu, teh hijau juga  menenangkan kulit dan menghilangkan kemerahan dan pembengkakan yang disebabkan oleh kulit kering dan berjerawat.

Cara Pakai:

Di dalam cangkir, rendam kantong teh hijau di air hangat selama 10 menit. Lalu, keluarkan kantong dan tambahkan beberapa sendok makan tepung beras di dalamnya dan campurkan sampai benar-benar menjadi pasta. Lalug, oleskan pasta ini ke kulit kamu yang bersih  dan biarkan selama 15-20 menit. Lalu, bilas dengan air hangat. Kamu bisa mengulangi proses ini selama 2-3 kali dalam seminggu. Atau kamu juga bisa minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari untuk membantu penyembuhan kulit kamu dari dalam.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan tumbuhnya