Setelah berpuasa seharian, kira kira apa  ya menu berbuka yang cocok untuk memulihkan tenaga? Jawabannya adalah air kelapa.Air kelapa seringkali dijadikan pilihan untuk berbuka, Air kelapa dianggap mampu memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa.

Air kelapa menjadi salah satu minuman yang cukup digemari. Selain rasa manis alami yang mampu menghidrasi tubuh, air kelapa juga dapat memberikan tubuh nutrisi penting, termasuk mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa. Manfaat apa yang diberikan air kelapa untuk tubuh?

Menjadi Sumber Nutrisi Yang Baik

Pohon kelapa tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis dengan nama ilmiah Cocos Nucifera dan masuk ke dalam golongan buah. Umumnya air kelapa ini ada di dalam kelapa muda yang warnanya masih hijau. Saat buah kelapa mulai matang 10-12 bulan, sebagian kelapa akan menjadi daging putih padat yang disebut daging kelapa dengan cairan di dalamnya.

Biasanya air kelapa dihasilkan dari kelapa muda yang berusia 6-7 bulan, walaupun air kelapa juga ditemukan pada buah kelapa yang telah matang. Umumnya kelapa hijau memproduksi sekitar ½ cangkir kelapa.

Air kelapa juga memiliki kandungan air hingga 94% dengan sedikit lemak. Berbeda dengan santan yang dibuat dengan menambahkan air ke dalam parutan daging kelapa hingga dihasilkan santan dengan kandungan 50% air dan kadungan lemak cukup tinggi. Air kelapa adalah cairan yang ditemukan pada kelapa muda dan merupakan sumber alami beberapa mineral penting.

Memiliki Sifat Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang di produksi oleh sel dalam proses metabolisme tubuh. Produksi radikal bebas akan meningkat saat seseorang mengalami stress atau cedera. Radikal bebas yang menumpuk, maka tubuh akan mengalami kondisi stress yang dapat merusak sel dan meningkatkan resiko penyakit.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, sehingga sangat baik untuk tubuh. Pada tahun 2014, dilakukan penelitian pada tikus putih dan dan hasilnya ditemukan perbaikan stress  yang siginifikan pada tikus yang diberikan air kelapa dibandingkan hati tikus yang tidak mendapatkan air kelapa.

Meskipun penelitian ini menarik, namun penting untuk dicatat bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang melibatkan manusia dan kekuatan antioksidan air kelapa. Selain itu, setiap penelitian pada hewan menggunakan dosis dan parameter yang berbeda. Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang telah terbukti bermanfaat dalam penelitian yang melibatkan tikus dan mencit, namun penelitian pada manusia masih kurang.

Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Studi menunjukkan bahwa air kelapa juga dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Peneltian yang dilakukan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa tikus penderita diabetes yang diobati menggunakan air kelapa menunjukkan penurunan kadar gula darah yang lebih baik. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, dan menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Baca Juga :

4 Beauty Hack Dengan Air Kelapa yang Ingin Anda Ketahui Lebih Cepat

16 Manfaat Utama Air Kelapa Untuk Kulit dan Rambut

Air Kelapa vs Santan, Produk Kelapa yang Beda Manfaat dan Fungsinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan PCOS

Jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), tindakan