Air kelapa menjadi salah satu minuman yang dijadikan pilihan untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Setelah mengetahui menfaat air kelapa bagi kesehatan di bagian 1, masih ada lagi manfaat air kepala lainnya yang wajib diketahui. Apa saja?

Membantu Mencegah Batu Ginjal

Mengkonsumsi cairan yang cukup adalah kunci untuk mencegah batu ginjal. Selain air putih adalah pilihan yang baik, namun studi menunjukkan bahwa air kelapa juga memberikan manfaat yang tidak kalah baiknya untuk tubuh.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Kristal-kristal ini kemudian dapat membentuk batu-batu kecil.  Meskipun ada beberapa orang yang lebih rentan terkena batu ginjal ini, namun saat ini batu ginjal mempengaruhi sekitar 12% populasi dunia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 pada tikus penderita batu ginjal, konsumsi air kelapa dapat membantu mencegah menempelnya kristal pada ginjal dan saluran kemih. Konsumsi air kelapa juga dapat membantu mengurangi kristal yang terbentuk pada urin.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Memang belum banyak peneltiian air kelapa yang melibatkan manusia, sehingga memang perlu dilakukan penelitian lebih mendalam untuk mendapatkan manfaat air kelapa bagi kesehatan. Saat ini penelitian memang hanya melibatkan tikus sebagai objek penelitian.

Penelitian dilakukan pada tahun 2008 dengan memberi tikus makanan yang kaya leak dan kolesterol. Tikus tikus ini juga diberikan air kelapa dosis tinggi, yaitu 4  ml per 100 gram berat badan. Hasilnya tikus yang diberikan air kelapa ini mengalami penurunan kadar kolesterol setelah 45 hari.

Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa air kelapa mungkin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada individu yang menderita tekanan darah tinggi, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

Memulihkan Tenaga Setelah Berolahraga 

Air kelapa dianggap menjadi salah satu minuman tepat untuk memuihkan dehidrasi dan mengembalikan cairan elektrolit yang hiilang pasca berolahraga. Elektrolit sendiri adalah mineral yang berperan penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan tubuh seperti natrium, magnesium, kalsium, kalium, dan lainnya. Faktanya, studi yang dilakukan di Brasil pada tahun 2014 menemukan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik dibandingkan air atau minuman ion.

Rasa Kelapa Yang Super Lezat

Ar kelapa yang alami memiliki rasa sedikit manis yang menyegarkan. Untuk mendapatkan sensasi segar, Anda bisa mendapatkannya dari buah kelapa secara langsung, namun menyimpan buah kelapa di dalam lemari es tentu tidak memungkinkan, karena buah kelapa berukuran cukup besar.

Saat ini banyak produsen minuman yang mulai memproduksi air kelapa  dengan beragam merk. Tak masalah jika Anda memang ingin membeli minuman ini, namun pastikan Anda mengecek komposisinya untuk mendapat air kelapa yang benar-benar murni tanpa tambahan pengawet dan gula yang berlebihan.

Anda tidak menyukai rasa air kelapa atau buah kelapa itu sendiri? Cobalah mengubahnya menjadi makanan yang Anda gemari, misal puding kelapa, smoothie, atau olahan lain yang menggugah selera.

Baca Juga :

Ketahui Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Untuk Berbuka Puasa (Bagian 1)

4 Beauty Hack Dengan Air Kelapa yang Ingin Anda Ketahui Lebih Cepat

16 Manfaat Utama Air Kelapa Untuk Kulit dan Rambut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan PCOS

Jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), tindakan