Setiap wanita tentu mendambakan bibir yang sehat dan lembab. Sayangnya, saat bulan Ramadhan tiba tubuh akan kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Salah satu dampaknya saat tubuh kekurangan cairan adalah kulit yang kering, termasuk bibir. Bibir yang kering tentu akan mengurangi rasa percaya diri, terlebih jika Anda adalah pengguna lipstik. Ada beberapa jenis lipstik dan kesalahan dalam memilih lipstik dapat membuat bibir justru semain kering. Lalu bagaimana agar bibir dapat tetap lembab selama berpuasa?

  1. Memilih Lipstik Dengan Kandungan Pelembab

Berpuasa dapat membuat bibir kering. Jika begini, maka pilihlah lipstik yang tidak hanya cantik warnanya, namun pilih juga lipstik yang mampu merawat bibir secara maksimal. Pilih lipstik yang memiliki kandungan pelembab dari bahan alami, misal shea butter, jojoba oil, atau vitamin E. Bahan ini akan membantu memberikan nutrisi pada bibir sepanjang hari. Pastikan Anda mengecek kandungan lipstik sebelum membelinya. 

  1. Pilih Lipstik Berbahan Gel atau Tint

Saat berpuasa lipstik berbagan gel atau tint bisa dijadikan pilihan, karena proses aplikasinya ringan, sehingga bibir akan tetap ternutrisi dan tetap lembab. Lipstik berbahan gel dan tint juga memiliki sifat yang ringan, namun bisa bertahan seharian. Anda pun tidak perlu melakukan touch up berkali-kali. Anda pun bisa tampil menawan dan percaya diri walaupun sedang berpuasa.

  1. Mempersiapkan Bibir Sebelum Aplikasi Lipstik

Sebelum lipstik diaplikasikan, maka pastikan Anda menyiapkan bibir Anda dengan baik. Anda bisa mengaplikasikan lipbalm terlebih dahulu untuk menjaga kelembaban bibir dan membuat lipstik tahan lebih lama.

Selain menutrisi bibir, pengaplikasian lipbalm dapat membuat bibir jauh lebih lembut dan siap diberikan lipstik. Lipstik pun akan bertahan lama tanpa perlu sering-sering di touch up. Jadi, siapkan bibir dengan baik sebelum proses aplikasi lipstik.

  1. Hindari Memilih Lipstik Matte Yang Terlalu Kering

Lipstik matte saat ini memang banyak digemari, namun lipstik matte sebaiknya tidak digunakan saat berpuasa. Lipstik matte beresiko membuat bibir kering, sehinga mengurangi kenyamanan saat berpuasa. Jika ingin tetap menggunakan lipstik matte,maka Anda bisa memilih lipstik dengan formula yang lembut dan nyaman plus memiliki kandungan pelembab.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan lipstik glossy dibandingkan matte. Dengan memilih lipstik matte, Anda tak perlu menggunakan lip balm lagi. Biasanya lipstik glossy sudah memiliki efek lembab yang akan menutrisi bibir.

  1. Aplikasikan Scrub Bibir 

Scrub bibir seringkali menjadi rutinitas perawatan yang dilewatkan, padahal aktivitas ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bibir lho. Scrub mampu mengeksfoliasi bibir dan mengangkat sel kulit mati pada bibir yang menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

Aplikasikan scrub pada bibir dengan gerakan memijat lembut selama beberapa menit. selanjutnya, bilas menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan menjaga kesehatan bibir, lakukan proses eksfoliasi 2-3 kali seminggu.

Inilah cara menggunakan lipstik agar bibir tetap lembab walaupun kita berpuasa seharian. Dengan menjalankan tips di atas, semoga kita tetap percaya diri dan nyaman menjalankan ibadah. 

Baca Juga :

Makanan Dan Minuman Yang Justru Membuat Bibir Kering

Minyak Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mengatasi Bibir Kering Pada Musim Dingin

Say Good Bye To Bibir Kering dan Hitam! Ini Cara Jitu Untuk Mengatasinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kiat Agar Rambut Tumbuh Cepat Dan Sehat (Bagian II) – end

Pada bagian pertama, telah dibahas bagaimana cara membuat