Wajah yang bersih adalah kunci wajah tetap sehat dan terbebas dari masalah kulit, terutama jerawat. Wajah yang kotor tentu saja beresiko membuat wajah mengalami masalah, terutama jerawat. Apakah Anda termasuk rajin membersihkan wajah?

Membersihkan wajah pasca makeup berbeda dengan membersihkan wajah tanpa riasan. Riasan wajah tidak akan mampu dibersihkan secara maksimal hanya dengan facial wash. Bagaimana biasanya Anda membersihkan wajah?

Umumnya wajah akan dibersihkan menggunakan sabun cuci muka atau menggunakan facial wash dan kapas. Saat ini banyak sekali yang mulai mencoba untuk mengurangi penggunaan kapas demi lingkungan yang lebih bersih. Tapi bagaimana caranya membersihkan wajah tanpa kapas? Apakah cukup dengan sabun cuci wajah saja?

Penggunaan facial wash tidak mampu membersihkan kotoran dengan maksimal, sehingga sisa kotoran yang menempel ini beresiko menyebabkan timbulnya jerawat. Anda bisa melakukan pembersihan ganda menggunakan facial wash dan micellar water pada malam hari walaupun tidak menggunakan makeup. Pembersihan ini bertujuan membersihkan debu dan kotoran yang menempel agar dapat terangkat sempurna.

Membersihkan wajah menggunakan facial wash mungkin saja bisa dilakukan tanpa kapas, karena bisa langsung dibilas. Berbeda jika Anda menggunakan micellar water atau milk cleanser, mungkin dibutuhkan kapas atau tisu. Sayangnya kapas dan tisu bisa saja habis atau tertinggal di rumah saat bepergian. Lalu bagaimana cara membersihkan wajah tanpa kapas?

Mencampurkan Facial Wash dan Micellar Water

Menuangkan beberapa tetes micellar water pada facial wash bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membersihkan wajah secara maksimal tanpa bantuan kapas dan susu permbesih. Anda bisa langsung membilasnya setelah wajah dibersihkan.

Gosokkan campuran facial wash dan micellar water ini pada wajah menggunakan kedua tangan. Gosokkan pada wajah yang kering agar makeup benar-benar bersih. Gosokkan campuran pembersih ini dengan lembut seperti menggunakan susu pembersih. Campuran facial wash dan micellar water ini di klaim mampu menghilangkan makeup walaupun Anda menggunakan produk yang waterproof (tahan air).

Sebelum dibilas, pastikan riasan (makeup) pada wajah sudah benar-benar bersih. Jika Anda belum yakin apakah kotoran dan makeup pada wajah sudah bersih sempurna, Anda bisa mengaplikasikan toner untuk membersihkan sisa kotoran yang masih menempel. Tepuk toner menggunakan tangan agar toner dapat meresap sempurna.

Bersihkan wajah setiap malam sebelum tidur dan pastikan juga wajah Anda dibersihkan sebelum proses makeup. Proses pembersihan ini wajib dilakukan agar tidak muncul jerawat dan masalah kulit yang lainnya ya.

Beraktivitas seharian baik indoor maupun outdoor tentu membuat wajah terpapar debu, asap, polusi, kotoran, hingga sinar matahari. Kotoran dan polusi inilah yang akan bercampur dengan keringat dan makeup.

Kondisi wajah yang kotor dan tidak dibersihkan, tentu beragam masalah kulit akan muncul. Padahal manfaat membersihkan wajah ini tidak hanya untuk membersihkan wajah saja, namun juga membantu menutrisi dan menghindari kulit agar kulit tetap sehat dan bersih.

Kebiasaan baik mencuci wajah dapat mencegah wajah dari masalah dan kerusakan, namun seberapa sering wajah seharusnya dibersihkan? Disarankan mencuci wajah setidaknya 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam, namun jika Anda memiliki aktivitas super padat, intensitasnya bisa ditambah.

Baca Juga :

REVIEW: Ponds Acne Solution Micellar Water

Selain Bersihin Make Up, Ternyata Masih Banyak Kegunaan Micellar Water Lainnya Lho

Mengenal Perbedaan Manfaat Cleansing Oil dan Micellar Water Dalam Rutinitas Sehari Hari Setelah Make Up Seharian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kiat Agar Rambut Tumbuh Cepat Dan Sehat (Bagian II) – end

Pada bagian pertama, telah dibahas bagaimana cara membuat