Meskipun kita semua bekerja dari rumah, dengan interaksi di luar ruangan yang terbatas, satu hal yang tidak diperhatikan adalah jadwal tidur yang baik. Kita semua, secara kolektif, berjuang untuk tidur tepat waktu dan tidur nyenyak.

Kirim pesan kepada seseorang pada jam 3 pagi hari ini dan kemungkinan besar mereka sudah bangun; orang-orang yang sama kembali bangun pada pukul 09.30 dan siap menghadiri rapat kerja tersebut, dengan secangkir teh di sampingnya. Jika Anda mengidentifikasinya, artikel ini akan mengubah hidup Anda… atau setidaknya rutinitas tidur Anda.

Berikut sepuluh hal yang dapat Anda lakukan untuk tidur lebih nyenyak malam ini.

  1. Turunkan Suhu Ruangan

Jika ruangan Anda terlalu hangat, Anda mungkin sulit tidur. Ada baiknya Anda membuka jendela atau menyalakan AC sebelum tidur agar Anda bisa cepat tertidur. Mandi sebelum tidur juga bisa menjadi cara terbaik untuk menenangkan diri dan tidur lebih nyenyak.

  1. Perbaiki Jadwal

Sekarang, lebih dari sebelumnya, Anda perlu mengatur jadwal tidur. Jam internal tubuh Anda membantu tubuh Anda memahami bahwa ia harus merasa waspada di siang hari dan tertidur di malam hari. Jika Anda mengikuti jadwal tetap untuk tidur pada waktu tertentu, setiap hari, Anda dapat membantu jam internal Anda untuk menjaga jadwal tetap.

  1. Siapkan Kamar Anda

Memastikan ruangan Anda gelap, memiliki gangguan minimal, dan tenang membuat otak Anda memahami bahwa inilah waktunya untuk bersantai. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kegelapan meningkatkan produksi melatonin, hormon penting untuk tidur. Jadi pastikan Anda menutup tirai, menjauhkan ponsel, dan mematikan sumber cahaya buatan lainnya.

  1. Beralih ke Pengobatan

Obat dapat meningkatkan kadar melatonin dan membantu Anda tertidur lebih cepat. Lakukan rutinitas meditasi singkat, tepat sebelum Anda pergi tidur, di mana Anda berkonsentrasi untuk melepaskan semua stres di siang hari, dan menenangkan pikiran serta merilekskan tubuh Anda.

  1. Jangan Melihat Waktunya

Jika Anda sepertinya belum bisa tidur atau yang terburuk, jika Anda terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur kembali, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah melihat jam. Menekankan betapa larutnya hari dan bagaimana Anda tidak bisa tidur hanya akan membuat Anda semakin sulit tidur. Cukup pejamkan mata, tarik napas lebih dalam dan biarkan pikiran tenang, lalu tertidur.

  1. Katakan Tidak Untuk Tidur Siang

Sangatlah mudah untuk menjadwalkan tidur siang singkat selama 20 menit di tengah hari kerja, karena kita semua bekerja dari rumah. Tidak peduli seberapa mengantuknya perasaan Anda, tunggu sebentar dan hindari tidur siang. Meskipun tidur siang singkat dikaitkan dengan produktivitas yang lebih baik, tidur siang singkat juga dapat mengganggu siklus tidur rutin Anda. Sebaiknya tidurlah lebih awal pada malam itu.

  1. Makan Makanan yang Tepat

Apa yang Anda makan tepat sebelum tidur memainkan peran penting dalam jadwal tidur Anda. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi karbohidrat dapat merusak siklus tidur Anda. Pastikan Anda makan malam setidaknya empat jam sebelum tidur.

  1. Latihan Di Pagi Hari

Aktivitas fisik dapat sangat membantu jadwal tidur Anda. Namun, Anda harus berolahraga pada waktu yang tepat. Berolahraga di pagi hari terbukti memberikan hasil yang lebih baik pada siklus tidur Anda, dibandingkan berolahraga di sore hari.

  1. Berinvestasilah pada Kasur yang Nyaman

Kasur yang nyaman, bantal yang bagus, dan selimut yang nyaman dapat membantu Anda tertidur. Ciptakan ruang yang bagus, bebas kekacauan, dan nyaman yang Anda sukai. Pilih juga bahan yang nyaman untuk kain malam Anda agar Anda tidak merasa terlalu hangat atau terlalu dingin di malam hari.

  1. Pikirkan Hal-Hal yang Membuat Anda Bahagia

Visualisasikan suatu tempat atau hal yang membuat Anda bahagia, dan fokuslah pada hal tersebut saat Anda mencoba untuk tertidur. Penuhi pikiran Anda dengan pikiran-pikiran yang baik dan bahagia alih-alih mengkhawatirkan sesuatu dan membuat diri Anda stres.

Baca Juga :

6 Pose Yoga Ini Akan Membantu Kamu Cepat Tidur di Malam Hari

Insomnia? Lakukan 6 Hal Ini Untuk Membantumu Tidur Lebih Cepat

5 Temuan Yang Bisa Membuat Kamu Lebih Cepat Tidur. Tertarik Untuk Beli?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan PCOS

Jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), tindakan