Keadaan darurat atau berada dalam situasi berbahaya bisa sangat menakutkan bagi sebagian besar wanita. Apalagi, jika hal itu terjadi tanpa persiapan matang. Wah, bisa-bisa, kamu menjadi korban kekerasan atau tindak kejahatan lain yang tak diinginkan.

Untuk mencegah hal itu terjadi, simak beberapa tips penting berikut ini yang bisa kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari: 

  1. Masuk ke ATM atau toko saat merasa diikuti di malam hari

Keluar rumah atau beraktivitas pada malam hari bisa berbahaya bagi pria dan wanita. Jika kamu sedang beraktivitas di luar rumah sendirian pada malam hari, awasi sekitarmu dan pastikan tidak ada orang yang mengikuti.

Apabila kamu merasa ada seseorang mengikutimu, maka pergilah ke ATM atau toko yang memiliki CCTV 24 jam. Cara ini bisa melindungi kamu dari kemungkinan kejahatan yang dapat terjadi. 

  1. Bawa alarm keselamatan

Jika kamu sering bepergian sendiri, sebaiknya kamu membeli alarm khusus keselamatan. Alat ini berbentuk mungil seperti kunci motor atau mobil. Dengan membawa alat alarm keselamatan, kamu bisa minta bantuan kapan pun jika ada seseorang yang berniat jahat. Selalu bawa alat ini di dalam saku dan gunakan ketika kamu butuh bantuan.

  1. Rekam suara ayah, kakak, atau pacar, untuk diputar saat membukakan pintu rumah bagi orang asing 

Membuka pintu rumah bagi orang asing, terutama jika kamu sedang sendirian di rumah atau ketika kamu memang tinggal seorang diri, bisa jadi menakutkan. Kamu tidak pernah tahu apakah tamu yang datang merupakan orang baik atau berniat buruk. Karena itu, sebelum hal tak diinginkan terjadi, mintalah ayah, kakak laki-laki, atau pacar kamu untuk merekam suara mereka. Rekam suara yang bisa diputar saat kamu ingin membuka pintu bagi orang asing. Misalnya suara seperti, “Siapa ya?”, atau “Tinggalkan paket di pintu saja”.

Dengan rekaman suara ini, orang asing yang ingin berniat jahat padamu akan berpikir dua kali karena dia mengira bahwa di rumahmu ada pria dan kamu tidak sendirian. 

  1. Ikuti arus yang lebih banyak anggotanya, jangan menyendiri

Jika kamu merasa sedang diikuti dan tidak ingin terlihat mencolok, maka carilah kerumunan, dan ikuti arus kerumunan tersebut agar penjahat yang mengejarmu kehilangan jejak. 

  1. Letakkan sepasang sepatu pria di luar rumah kamu

Cara klasik ini terbukti ampuh untuk membuktikan kepada orang jahat bahwa kamu bersama seseorang. Orang jahat akan berpikir dua kali saat ingin masuk ke rumahmu. Sebab, sepatu pria menunjukkan bahwa kamu sedang ditemani seseorang dan tidak sedang sendirian di rumah. 

  1. Pilih naik lift daripada tangga

Tidak hanya karena alasan efektivitas waktu dan menghemat tenaga, kamu perlu memilih lift saat sedang berada di gedung tinggi karena alasan keamanan. Tangga cenderung jarang dipakai orang dan cenderung terisolasi lokasinya. Sedangkan, lift terletak di tempat yang lebih terang dan banyak orang. Jadi, jika ada seseorang yang berniat jahat kepadamu, ia akan berpikir dua kali saat kamu berada di tempat ramai seperti lift. Sedangkan jika kamu naik tangga, maka orang yang berniat jahat bisa lebih mudah melangsungkan aksinya. 

Baca Juga :

Yang Harus Kamu Lakukan Agar Terhindar dari Bahan-Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik

Mengenal Bahan Aktif Di Dalam Skincare Korea

Patut Waspada, Ini 6 Tanda Kamu Terjebak dalam Hubungan Toxic

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita