Hubungan asmara yang sehat adalah hubungan yang dipenuhi dengan rasa nyaman, kedamaian, rasa aman, dukungan untuk satu sama lain, saling menghormati, saling memahami dan tentunya saling mencintai. Jika hubungan kamu tidak memiliki komponen seperti contoh tadi, berarti kamu patut waspada.

Karena, bisa jadi kamu sedang terjebak dalam hubungan toxic yang menyiksa batin maupun fisik kamu. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu berada dalam hubungan toxic

  1. Kamu dilarang pergi bersama teman

Apakah setelah pacaran intensitas bermain kamu dengan teman-teman jadi terbatas? Jika iya, maka kamu perlu waspada. Sebab, ini adalah tanda pertama dari hubungan toxic

Setiap hubungan membutuhkan ruang agar dapat berkembang. Jika pasangan kamu selalu ikut saat kamu sedang hang out bersama teman, atau dia melarang kamu pergi bersama teman-teman, maka ini bisa jadi tanda buruk. 

  1. Dia mengontrol keuangan kamu

Kepercayaan dalam sebuah hubungan memang sangat penting. Tetapi, kamu adalah seorang individu yang berhak mengutamakan prioritasmu sendiri. Jangan sampai kamu membiarkan pasangan kamu mengontrol keuangan kamu atau membiarkan dia menghabiskan uangmu untuk kebutuhannya yang tidak perlu. 

Jika berniat untuk membeli kebutuhan bersama, pastikan kamu dan pasangan memiliki tabungan bersama. 

  1. Dia mengontrol caramu berpakaian

Cara berpakaian atau selera fashion bisa berbeda-beda pada setiap orang. Kamu bisa menyukai gaya tertentu, namun bisa juga tidak suka dengan gaya tertentu. Terlepas dari masalah selera, seseorang tidak berhak untuk mengatur bagaimana cara pasangannya berpakaian. 

Jika pasangan kamu terus mengkritik gaya berpakaianmu dan mengontrolmu perihal pakaian, itu artinya dia tidak menghargai pendapat dan hak kamu. Hubungan yang penuh pemaksaan tidaklah sehat bagi kesehatan mentalmu. 

  1. Dia memeriksa email dan pesan di handphone kamu

Pekerjaan atau urusan pribadi lainnya adalah mutlak privasi kamu sebagai sosok individu. Pacar kamu tidak berhak memeriksa email dan pesan kamu, terlebih jika itu tanpa sepengetahuan dan tanpa seizin kamu.

Pelanggaran privasi adalah salah satu tanda hubungan yang tidak sehat. Jika pasangan kamu kerap melanggarnya, pikirkan lagi apakah kamu masih ingin bersama dengannya atau tidak. Karena, kebiasaan memeriksa email atau pesan bisa mengisyaratkan bahwa dia tidak percaya padamu. 

  1. Dia selalu cemburu pada sahabatmu

Sejatinya, rasa cemburu adalah tanda bahwa pacar kamu mencintaimu dan tidak ingin orang lain mendekati kamu. Tapi, jika berlebihan, kecemburuan bisa menjadi penyakit dalam hubungan.

Jika dia sudah paham tentang hubungan kamu dan sahabat kamu, tetapi masih saja tidak percaya padamu setiap kali kamu pergi bersama sahabat, maka kecemburuannya berlebihan dan tidak baik untuk hubungan kamu. Sebab, dia belum menaruh kepercayaan penuh akan komitmen kamu dalam hubungan. 

  1. Kamu takut untuk berpendapat 

Dalam hubungan yang saling mencintai, kamu akan merasa nyaman untuk membicarakan apa saja kepada pasanganmu. Jika kamu justru merasa takut setiap kali akan berbicara atau berpendapat, itu artinya kamu tidak nyaman bersama pasanganmu. 

Pasangan harus menjadi seseorang yang dapat kamu percaya, bukan seseorang yang kamu takuti untuk diajak bicara. Menghormati sudut pandang yang berbeda memang perlu, tetapi jangan pernah takut untuk menyatakan pendapat. 

Baca Juga :

Ini 5 Tipe Pacar Toxic yang Harus Dihindari

Waspada, Ini 6 Perilaku Toxic yang Bisa Membahayakan Hidup Kamu

Awas, 5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Pasangan Kamu Toxic

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 List Pertanyaan Saat Kencan Pertama. Dijamin Obrolan Anda Akan Menarik

Kencan atau jalan bersama merupakan kegiatan untuk mengenal