Mendongeng biasanya digambarkan sebagai kegiatan bercerita atau menulis cerita. Kegiatan ini umumnya ditujukan untuk hiburan dengan melibatkan pendengar atau pembaca. Ternyata mendongen memiliki manfaat baik untuk kesehatan mental.

Mendongen sebenarnya adalah kegiatan kita sehari-hari, dimana kita sering menceritakan kegiatan kita di sekolah, kantor, mencurahkan perasaan, menceritakan bagaimana masa lalu, bagaimana Anda bertemu pasangan, dan cerita menarik lainnya. Lalu, apa saja manfaat mendongeng dalam kehidupan sehari-hari?

Kaitan Antara Mendongeng dan Kesehatan Mental

Asisten Profesor di Harvard Medical School dan Internis di Massachusetts Hospital, Annie Brewster memulai mendirikan Health Story Collaborative. Organisasi ini bertujuan untuk membantu siapa saja yang memiliki masalah dengan kesehatan mental. Di forum inilah siapapun yang memiliki masaah kesehatan mental dapat saling bercerita dan mendongen (mengungkapkan) apa yang mereka rasakan.

Mendongeng memiliki banyak manfaat positif, baik yang bercerita hingga mendengarkan semuanya mendapatkan manfaaf baik dari kegiatan ini, seperti :

Membantu Meningkatkan Imajinasi dan Kemampuan Mendengarkan

Anda akan menjadi pendengar yang baik saat mendengarkan dongeng. Menjadi pendengar yang baik menjadi ketrampilan sosial yang baik untuk dimiliki. Dengan mendongeng, imajinasi Anda akan berkembang dan memperluas pikiran Anda dengan membaca cerita melalui buku. 

Dengan menonton film, tak jarang kita tenggelam dalam alur cerita yang disajikan. Selama kurang lebih dua jam, Anda akan terbawa dalam kisah yang disajikan sutradara hingga seluruh tim yang terlibat.

Meningkatkan Rasa Empati 

Ketika kita terhubung dengan karakter sebuah cerita, maka tubuh akan melepaskan oksitosin yang dikaitkan dengan empati. Inilah yang membuat kita tak jarang merasa kasihan pada sebuah tokoh atau merasa jengkel pada tokoh yang jahat.

Meningkatkan Emosi Positif

Mendongeng juga membantu kita untuk mengontrol emosi dan suasana hati kita. Dengan latihan mengntrol suasana hati kita, maka kita pun akan dengan mudah menghadapi setiap amsalah dan rintangan tanpa adanya rasa emosi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan anak-anak yang dirawat di rumah sakit secara intensif, dilakukan sebuah sesi mendongeng dan hasilnya sesi mendongeng dapat menyebabkan peningkatan hormone oksitosin dan pengurangan hormone kortisol penyebab rasa sakit dan dapat membantu adanya perubahan emosi pada anak.

Membantu Penderita Demensia

Seseorang dengan demensia juga dapat memperoleh manfaat dari sesi mendongeng. Sesi mendongeng membantu memperbaiki masalah ingatan yang biasanya dialami oleh penderita demensia. 

Melibatkan Orang Lain Dalam Cerita

Pendongeng tidak hanya bercerita untuk memikat audiens, namun saat ini pendongeng mulai melibatkan banyak orang lain untuk membantu penyelesaian ceritanya. Proses mendongeng juga dapat membantu orang mendapatkan inspirasi dan informasi detail misal bagaimana proses yang dialami untuk menuju sukses.

Memberikan Inspirasi dan Aura Positif

Bagaimana proses Anda menuju kesuksesan? Bagaimana Anda menjalani hidup sampai hari ini? Tentu banyak rintangan yang dialami. Untuk itulah ada baiknya Anda membuat cerita Anda menjadi cerita yang menarik untuk didengarkan orang lain. Dengan cerita yang menarik, Anda dapat menginspirasi orang lain dan membuat orang tersebut bersemangat untuk menuju kesuksesan.

Bac Juga :

4 Tips Mengasuh Anak Agar Hidup Lebih Mudah dan Bahagia

Jangan Mau Tertipu, Ini 8 Tanda Orang Sedang Berbohong Padamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bagaimana Cara Mengganti Nutrisi Penting Jika Anda Diet Bebas Susu

Jika Anda berencana untuk mengikuti diet bebas susu,