Selama ribuan tahun, rata-rata wanita menikah dan melahirkan di usia remaja dan awal 20-an, namun saat ini rata-rata usia ibu melahirkan berubah menjadi 30-an. Faktanya penelitian yang dilakukan tahun 2017 di Inggris dan Wales menyebutkan hampir 50% kelahiran didominasi oleh ibu yang berusia 30 tahun. Ilmu kedokteran dan perkembangan jaman membuat wanita lebih memilih untuk menunda memiliki momongan. Padahal, hamil di usia 20 dan 30-an ini memiliki keuntungan dan resikonya sendiri. Ada pro kontra terhadapw anita yang memutuskan untuk hamis di usia 20 dan 30-an.

KEUNTUNGAN MELAHIRKAN DI USIA 20 AN

Ingin menikah dan hamil di usia 20-an? Tak masalah, karena ada beberapa keuntungan dan kebaikan yang akan di dapat.

Usia Subur Dan lebih Cepat Hamil

Pada usia 25 tahun, peluang kehamilanterjadi jauh lebih besar (sekitar 20%) dibandingkan mereka yang telah berusia 35 tahun (peluangnya turun menjadi 12%). Hal ini terjadi karena di suai 25 tahun inilah wanita memiliki sel telur terbanyak hingga 1 juta sel telur, sedangkan di usia 32 tahun sel telur mulai berkurang dan semakin cepat hingga usia 37 tahun hanya tersisa 25.000 sel telur saja.

Resiko Keguguran Yang Kecil 

Ibu hamil yang masih berusia 20 an memiliki kemungkinan lebih kecil terkena diabetes dan darah tinggi saat hamil. Dengan resiko kehamilan rendah dan jumlah sel  telur serta kualitas sel telur yang masih baik, maka resiko keguguran dan lahir mati akan lebih kecil.

KEUNTUNGAN MELAHIRKAN DI USIA 30 AN

Baru bertemu jodoh di usia 30 an? Tak masalah karena ada beberapa keuntungan saat Anda memutuskan untuk menikah danhamil di usia 30-an.

Finansial Yang Lebih Stabil

Bukan rahasia lagi jika biaya melahirkan bukanlah biaya yang murah. Inilah yang membuat pasangan biasanya benar-benar menabung dahulu sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Biasanya karir seseroang baru akan dimulai saat usianya menginjak 20-an, sehingga Anda bisa berkarir hingga nanti akhirnya keuangan akan stabil menjelang usia 30.

Berpeluang Memiliki Anak Kembar

Walaupun mungkin ada seseorang yang hanya menginginkan satu anak saja dan dianggap merugikan, namun jika Anda siap maka Anda bisa menjadi orangtua bagi lebih dari satu  anak. Walaupun kesuburan menurun, namun perubahan hormonal menyebabkan pelepasan sel telur dalam jumlah banyak pada saat bersamaan.

Anda Mungkin Hidup lebih Lama

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang melahirkan anak setelah usia 33 tahun memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk hidup di atas usia 95 tahun dibandingkan wanita yang melahirkan di usia lebih awal. 

Jadi, jangan terlalu cemas jika Anda baru saja hamil di usia 30 an, karena usia Anda adalah usia yang matang  secara mental dan finansial, ditambah Anda pun memiliki peluang untuk melihat anak cucu Anda lebih lama lagi. 

Masih ada lagikeuntungan melahirkan  di usia 30 an. Yuk lanjutkan membaca bagian ke II biar makin tahu.

Baca Juga :

9 Cara Untuk Meredakan Rasa Sakit Jahitan Setelah Melahirkan

Mom, Ini 8 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melahirkan Anak Kedua

Ooh, Ternyata Ini Penyebab Sulit Menahan Buang Air Usai Melahirkan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

13 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Metabolism Anda Menurut Ahli Gizi (Bagian II)-end

Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab