Melahirkan di usia 30 an sebenarnya tak seburuk itu, karena banyak keuntungan yang didapatkan saat seseorang  melahirkan di usia 30 an. Jangan lupa untuk membaca bagian I dahulu sebelum melanjutkan bagian ke II ini

KEUNTUNGAN MELAHIRKAN DI USIA 30 AN

Bayi Anda Mungkin Memiliki Tingkat Kecerdasan Yang Lebih Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa wanita yang memiliki anak pertamanya di usia 30-39 tahun cenderung memiliki anak yang lebih cerdas  jika dibadingkan anak yang dilahirkan dari ibu berusia 20-29 tahun. 

Penelitian lain juga menemukan bahwa anak yang dilahirkan dari ibu yang berusia 30 an cenderung memiliki postur badan yang lebih tinggi dibandingkan anak yang dilahirkan dari ibu berusia 20 an. Jadi, tidak masalah untuk hamil di usia 30 an.

Memang banyak keuntungan saat seseorang melahirkan di usia 20 atau 30 an, namun hamil di usia 20-30 an juga memiliki resiko yang patut dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk hamil, karena hamil tidak hanya soal memiliki anak, namun perhatikan juga kesehatan ibunya.

RESIKO MELAHIRKAN DI USIA 20 AN

Lebih Melelahkan Secara Psikologis

Usia 20 an adalah usia terbaik bagi seseorang untuk menemukan diri sendiri dan jalan apa yang akan diambil nantinya. Jika Anda memilih untuk hamil di usia 20 an, bisa saja hal ini akan mengalihkan fokus Anda untuk berkarir atau hal-hal yang telah Anda rencanakan.

Beresiko Mengalami Hasil Kesehatan Yang lebih Buruk Di Kemudian Hari

Nampaknya ada hubungan antara kesehatan dan usia ibu saat pertama kali melahirkan. Penelitian menemukan bahwa wanita yang menunda kehamilan pertamanya cenderung memiliki kesehatan yang baik. Kesehatan maksimal diperkirakan terjadi pada ibu yang melahirkan pertama kali pada usia sekitar 30 tahun. Jadi, ibu yang lebih muda mungkin berisiko memiliki kesehatan yang kurang ideal dan mungkin mengalami lebih banyak rasa sakit dan nyeri.

RESIKO MELAHIRKAN DI USIA 30 AN

Kemungkinan Ibu Akan Melahirkan Dengan Metode Caesar

Ibu yang berusia lebih tua cenderung memiliki resiko lebih tinggi mengalami komplikasi saat kehamilan, sehingga mungkin saja ibu hamil harus menggunakan metode caesar. Ibu hail di usia 30 an beresiko mengalami masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, sehingga dibutuhkan metode caesar yang membutuhkan pemulihan lebih lama.

Bayi Beresiko Mengalami Komplikasi Lebih Tinggi

Ibu beresiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan prematur. Hal ini bisa disebabkan karena  lahirnya anak kembar. Bayi prematur, terutama yang lahir lebih awal, sering kali mengalami masalah seperti gangguan pernapasan, gangguan belajar, dan gangguan pendengaran. Ada juga risiko kelainan kromosom yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi kesehatan yang buruk.

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada jawaban yang pasti mengenai kapan usia terbaik bagi seorang wanita untuk melahirkan. Itu semua tergantung pada prioritas masing-masing wanita. Usia terbaik untuk melahirkan adalah saat Anda benar-benar siap menjadi ibu.

Baca Juga :

9 Cara Untuk Meredakan Rasa Sakit Jahitan Setelah Melahirkan

Mom, Ini 8 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melahirkan Anak Kedua

Ooh, Ternyata Ini Penyebab Sulit Menahan Buang Air Usai Melahirkan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

13 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Metabolism Anda Menurut Ahli Gizi (Bagian II)-end

Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab