Jika Anda pernah melahirkan normal, Anda akan tahu bahwa jahitan setelah melahirkan bisa sangat menyakitkan. Beberapa wanita bahkan mengatakan bahwa rasa sakit akibat jahitan mereka setelah melahirkan – terutama dalam 24 jam pertama setelah melahirkan – setara dengan rasa sakit saat melahirkan.

Bahkan jika Anda mengalami persalinan yang sangat sulit, jangan takut. Ada beberapa cara untuk meredakan rasa sakit dan membantu Anda mengatasi rasa sakit sampai jahitan Anda sembuh.

  1. Jaga kebersihan area

Pertama dan terpenting, menjaga area di mana Anda memiliki jahitan sangat bersih dengan mandi atau mandi setidaknya dua kali sehari, karena ini akan meminimalkan risiko infeksi. Sebaiknya menggunakan air hangat. Setelah mandi, tepuk-tepuk jahitan dengan hati-hati dan hindari menggosok dengan handuk. Bidan atau dokter umum Anda akan dapat memberi saran lebih lanjut tentang hal ini.

  1. Gunakan produk yang menenangkan

Kantong es yang dibungkus kain, atau kain bersih dapat digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan perineum dengan menekannya dengan lembut pada area yang nyeri. Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak tekanan, dan selalu bersikap lembut pada diri sendiri.

  1. Ganti pembalut secara teratur

Ganti pembalut Anda setidaknya setiap empat jam karena ini mengurangi kemungkinan terkena infeksi di area tersebut. Anda dapat membeli pembalut bersalin yang lebih lembut, lebih panjang, dan lebih menyerap. Hal yang baik tentang pembalut bersalin juga adalah bahwa mereka jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengiritasi jahitan, karena mereka tidak memiliki lapisan plastik yang sama dengan pembalut biasa.

  1. Mulailah latihan dasar panggul segera setelah Anda merasa mampu

Latihan dasar panggul akan memperkuat otot-otot Anda dan membantu Anda merasa mengendalikan kandung kemih dan usus Anda, baik di masa sekarang maupun di kemudian hari. Mulailah berlatih latihan dasar panggul Anda segera setelah Anda merasa mampu – mulailah dengan lembut dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap.

  1. Waspadai kelainan

Jika Anda merasa seolah-olah rasa sakitnya semakin memburuk seiring berjalannya waktu, atau jika Anda melihat bau yang tidak biasa, bengkak, atau keluar dari area tersebut, pastikan Anda menghubungi bidan atau dokter umum untuk meminta nasihat. Jika terinfeksi, Anda mungkin memerlukan beberapa antibiotik.

  1. Cuci tanganmu

Tampaknya jelas, tetapi pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah pergi ke toilet untuk membatasi penyebaran bakteri. Sangat penting untuk menjaga tingkat kebersihan yang baik saat pemulihan, untuk mencegah risiko infeksi atau iritasi.

  1. Minum obat pereda nyeri secara teratur

Apakah Anda pernah dijahit atau tidak, melahirkan adalah pengalaman yang menuntut, dan Anda akan merasakan efeknya di hari-hari berikutnya. Ingatlah untuk meminum obat penghilang rasa sakit secara teratur yang telah diresepkan atau dibeli tanpa resep – ini akan membantu meredakan rasa sakit dan membuat Anda lebih nyaman.

  1. Makan sehat dan minum air putih

Diet tinggi serat larut dan vitamin (dengan banyak buah dan sayuran segar) akan membantu tubuh Anda sembuh dari segala luka, seperti episiotomi atau robekan. Smoothie buah adalah pilihan yang bagus. Minum banyak air juga akan membantu proses penyembuhan dan membantu melancarkan buang air besar.

  1. Luangkan waktu untuk istirahat

Meskipun tidak selalu mudah, sebagai ibu baru, meluangkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri sangat penting untuk proses penyembuhan. Cobalah untuk duduk atau berbaring dalam posisi yang terasa paling nyaman bagi Anda. Anda mungkin perlu menggantinya secara teratur untuk memastikan kenyamanan maksimal.

Jika Anda memiliki masalah dan jahitan setelah lahir, hubungi bidan atau dokter umum Anda

Yang terpenting, jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kemajuan pemulihan Anda, hubungi bidan atau dokter umum Anda untuk pemeriksaan dan saran. Mereka selalu siap sedia untuk membuat transisi Anda menjadi ibu semudah mungkin.

Baca Juga :

Bulan Kelahiran Bisa Menunjukkan Kesehatan dan Kepribadian Loh

Kapan Hamil: Waktu Terbaik Untuk Memiliki Bayi

5 Rahasia Skincare Megan Thee untuk Lawan Jerawat Hiperpigmentasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Kesehatan Yang Mengesankan Dari Adas Manis

Pimpinella anisum, yang dikenal sebagai adas manis, adalah