Cuka sari apel dibuat dengan memfermentasi gula dari apel dan mengubahnya menjadi alkohol. Produsen kemudian menambahkan bakteri ke alkohol yang difermentasi yang mengubahnya menjadi asam asetat, bahan aktif dalam cuka. Cuka sari apel memiliki rasa dan bau yang kuat dan dapat berupa cairan yang disaring dengan jelas atau cairan tanpa filter yang keruh. Cuka sari apel tanpa filter mengandung zat yang dikenal sebagai ‘ibu’. Ini berarti mengandung protein, enzim, dan bakteri ramah. 

Cuka sari apel diyakini mempunyai manfaat untuk berbagai sisi kehidupan. Salah satunya untuk Anda yang sedang menjalankan diet, cuka sari apel mempunyai berbagai manfaat yang dapat membantu Anda mendapatkan tubuh ideal.

1. Cuka sari apel sebagai probiotik

Menurut NHS probiotik adalah bakteri hidup dan ragi yang dianggap membantu mengembalikan keseimbangan alami bakteri di usus Anda. Produk seperti yoghurt sering kali mengandung probiotik.

Meskipun cuka sari apel sebenarnya bukan probiotik, banyak orang menganggapnya sebagai makanan probiotik. Ini karena, seperti makanan seperti kimchi dan kombucha, telah difermentasi untuk mengandung bakteri sehat. Saat ini hanya ada sedikit penelitian di bidang ini, tetapi pendukung manfaat cuka sari apel untuk kesehatan usus merekomendasikan untuk mengonsumsi jenis yang mengandung ‘ibu’.

Ahli gizi terdaftar Nicola menjelaskan: “Cuka sari apel adalah antimikroba alami, yang dapat membantu mendukung mikrobioma yang sehat. Ditambah cuka sari apel mentah mungkin mengandung lebih banyak probiotik karena tidak dipasteurisasi.”

2. Cuka sari apel untuk menurunkan berat badan

Salah satu klaim terbesar dari cuka sari apel adalah dapat membantu penurunan berat badan. Inilah sebabnya mengapa ini populer di kalangan orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan dengan mengubah pola makan mereka.

Dalam penelitian ini, 39 peserta menjalani diet kalori terbatas selama 12 minggu. Beberapa peserta juga mengonsumsi 30ml cuka sari apel setiap hari, sementara yang lain tidak. Di akhir percobaan, peneliti menemukan mereka yang mengonsumsi cuka sari apel secara signifikan mengurangi berat badan, BMI, dan lingkar pinggul. Itu juga menyebabkan penurunan nafsu makan.

Ahli gizi Nicola Shubrook, yang menjalankan Urban Wellness, menjelaskan: “Cuka sari apel bukan bekerja langsung pada penurunan berat badan, namun dapat membantu beberapa individu dengan keseimbangan gula darah yang lebih baik dan peningkatan rasa kenyang. Ini kemudian dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat menyebabkan lebih sedikit kalori yang dikonsumsi. ”

Cuka sari apel juga bebas lemak dan mengandung sangat sedikit kalori. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang baik untuk memasak dengan atau menuangkan makanan jika Anda mencoba untuk makan dengan sehat.

3. Cuka sari apel dapat membantu pencernaan

Masalah dengan pencernaan dan kembung sangat umum, terutama seiring bertambahnya usia. Secara anekdot banyak orang menyarankan bahwa cuka sari apel membantu mereka mencerna makanan lebih mudah. Namun, saat ini belum ada penelitian yang mendukung hal tersebut. Faktanya, penelitian kecil ini benar-benar menemukan bahwa cuka sari apel memiliki efek sebaliknya pada 10 pasien diabetes, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk makanan keluar dari perut mereka.

Namun, ahli gizi terdaftar Nicola Shubrook menyarankan bahwa beberapa orang mungkin menemukan cuka sari apel memang membantu pencernaan, karena kadar asam lambung kita menurun seiring waktu. Dia berkata: “Ada berbagai aspek kesehatan usus yang perlu dipertimbangkan dengan cuka sari apel. Secara anekdot, beberapa orang menemukan bahwa itu membantu pencernaan karena seiring bertambahnya usia, kadar asam lambung kita secara alami menurun dan cuka sari apel adalah asam ringan yang karenanya dapat membantu pencernaan.

Jika Anda berencana menggunakan cuka sari apel untuk membantu pencernaan Anda, Anda dapat:

  • Minumlah hal pertama di pagi hari. (Anda dapat menambahkan teh herbal atau memeras jus lemon untuk membantu menutupi rasa jika diperlukan)
  • Minumlah sebelum makan
  • Ambil dalam bentuk suplemen, tersedia dari toko makanan kesehatan

Baca Juga :

Mau Tahu Manfaat Cuka Apel? Yuk Kita Lihat

Ternyata Keramas Dengan Cuka Apel Bermanfaat Banyak Untuk Rambut Kamu!

Manfaat Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun