Cuka sari apel dapat digunakan dalam masakan, saus dan bumbu perendam, dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan cuka anggur putih. Sebagai alternatif, cuka sari apel juga dapat diminum dengan mencampurkan beberapa sendok teh ke dalam segelas air untuk melancarkan pencernaan. Begitu banyak manfaat dari cuka sari apel  untuk kehidupan kita, namun apakah Anda tahu jika cuka sari apel juga bisa digunakan untuk membersihkan?

1. Cuka sari apel untuk rambut dan kulit kepala yang lebih sehat

Banyak orang telah menggunakan cuka sari apel untuk mengurangi penumpukan produk dan minyak di rambut karena tingkat pH yang tinggi. Jika Anda berencana untuk menggunakan cuka sari apel untuk membersihkan kulit kepala, Anda tidak boleh melakukannya lebih dari sekali seminggu. Juga, tidak dianjurkan untuk orang dengan rambut sangat kering atau keriting. Hal ini karena sifat asam dari cuka sari apel yang dapat membuat rambut jadi kering.

Berikut cara membilas cuka sari apel:

  • Campur 100ml cuka sari apel dengan 500ml air dalam botol semprot
  • Semprotkan cuka sari apel secara merata pada rambut Anda
  • Biarkan selama tiga sampai lima menit sebelum dibilas (hindari terkena mata)
  • Kondisikan dan bilas rambut Anda seperti biasa

2. Cuka sari apel untuk campuran mandi

Sifat antimikroba cuka sari apel dapat membantu menenangkan iritasi kulit ringan dan ruam dengan mencapurkannya dalam air yang Anda gunakan untuk mandi. Anda bisa menuangkannya ke dalam bak mandi dengan mengencerkan 200 ml cuka sari apel dan pastikan Anda mencampurnya dengan baik. Kemudian rendam dalam bak mandi selama 10 hingga 15 menit. 

Anda juga dapat menambahkan beberapa minyak esensial ke dalam  bak mandi Anda jika Anda tidak menyukai baunya. Namun yang harus Anda perhatikan adalahAnda tidak boleh melakukan ini lebih dari sekali seminggu karena kadar asam cuka sari apel yang tinggi. Selain itu tidak dianjurkan juga menggunakan cuka sari apel jika Anda memiliki kulit sensitif.

3. Cuka sari apel untuk campuran mandi

Banyak orang menggunakan cuka sari apel sebagai produk pembersih. Baru-baru ini popularitasnya meningkat, karena orang menjadi lebih sadar akan bahan kimia dalam produk dan beralih ke pilihan alami.

Penggemar cuka sari apel menggunakannya untuk segala hal mulai dari mengelap meja hingga membersihkan saluran air. Beberapa orang juga lebih suka menggunakannya daripada cuka biasa karena mereka menyukai baunya. Namun, penelitian ini menemukan bahwa produk alami, termasuk cuka, kurang efektif dibandingkan disinfektan rumah tangga komersial terhadap bakteri. Meski demikian produk alami seperti cuka sari apel dinilai lebih ramah lingkungan.

Untuk menggunakan cuka sari apel untuk membersihkan:

  • Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan satu banding satu dalam botol semprot
  • Semprotkan ke permukaan dan bersihkan dengan kain lembab. (Meskipun cuka tidak boleh cukup asam untuk merusak meja kerja, Anda mungkin ingin menguji area kecil terlebih dahulu)

Sebagai tambahan tips, Anda bisa menggunakan sarung tangan plastik atau karet untuk melindungi tangan Anda. Terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Baca Juga :

Mau Tahu Manfaat Cuka Apel? Yuk Kita Lihat

Ternyata Keramas Dengan Cuka Apel Bermanfaat Banyak Untuk Rambut Kamu!

Manfaat Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Cepat Melunasi Hutang , 12 Tips Praktis Dari Ahli Keuangan – Bag 2

Tidak dipungkiri jika di era sekarang ini kebutuhan