Orang telah menggunakan cuka sari apel selama bertahun-tahun sebagai bahan masakan yang sehat dan obat alami untuk berbagai penyakit. Dibuat dari fermentasi gula dari apel, dapat diminum saat diencerkan. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih banyak klaim, orang menggunakannya untuk segala hal mulai dari melancarkan pencernaan hingga membersihkan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu mengatasi masalah kulit.

1. Cuka sari apel untuk kulit wajah

Beberapa orang melaporkan menggunakan cuka sari apel di wajah mereka untuk mengobati kondisi seperti eksim atau jerawat. Penelitian awal telah menemukan bahwa cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati sejumlah bakteri yang berbeda, termasuk E.coli, yang mungkin menjelaskan mengapa beberapa orang melaporkannya bermanfaat untuk kondisi ini.

Cuka sari apel adalah zat alami. Ini berarti dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Untuk menggunakannya sebagai toner kulit setelah dibersihkan, tambahkan satu sendok makan ke 400ml air. Kemudian usapkan ke wajah Anda dengan kapas. Namun, karena sifatnya yang asam, sebaiknya hindari penggunaan langsung cuka apel  (tanpa campuran) pada wajah. Juga, jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda harus mencobanya di area tes kecil terlebih dahulu.

2. Cuka sari apel untuk ketombe

Ketombe adalah masalah umum yang dapat menyebabkan kepala gatal dan kulit kepala terkelupas. Banyak orang percaya bahwa cuka sari apel bermanfaat untuk mengobati kondisi tersebut, karena sifat antibakteri dan antijamur alaminya. Studi tentang pengobatan ketombe telah menunjukkan bahwa komposisi asam dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel dari infeksi kulit yang umum. Karena cuka sari apel bersifat asam, ini mungkin menjelaskan mengapa itu membantu.

3. Cuka sari apel pada kutil

Beberapa orang menggunakan cuka sari apel sebagai obat alami untuk mengobati kutil. Human papillomavirus menyebabkan kutil dan meskipun tidak berbahaya, beberapa orang menghilangkannya melalui pembedahan atau pembekuan. Namun, bukti anekdotal menunjukkan asam dalam cuka sari apel dapat membantu kutil akhirnya rontok dengan menghancurkan kulit yang terinfeksi.

Berikut cara menggunakan cuka sari apel pada kutil:

  • Campurkan dua bagian cuka sari apel dengan satu bagian air
  • Rendam bola kapas dalam larutan
  • Tempelkan bola kapas di atas kutil dengan selotip
  • Biarkan semalaman jika memungkinkan dan lepaskan keesokan paginya

Ulangi prosesnya sampai kutil rontok

  1. Cuka sari apel pada skin tag

Skin tag merupakan kondisi kulit dengan daging tumbuh di permukaan kulit yang menyerupai kutil. Meskipun skin tag tidak berbahaya, terkadang bisa mengganggu dan beberapa orang memilih untuk menghilangkannya. Dengan cara yang sama seperti beberapa orang menggunakan cuka sari apel pada kutil, yang lain menggunakannya pada kutil.

Berikut adalah cara menggunakan cuka sari apel pada tag kulit:

  • Campurkan dua bagian cuka sari apel dengan satu bagian air Rendam bola kapas dalam larutan
  • Tempel bola kapas di atas tag kulit dengan selotip
  • Biarkan hingga 30 menit dan kemudian cuci kulit
  • Ulangi proses sampai skin tag lepas

Seperti diuraikan di atas, berhati-hatilah saat mengoleskan ke kulit. Hentikan jika terjadi iritasi dan dapatkan saran lebih lanjut dari dokter kulit.

4. Cuka sari apel untuk menenangkan kulit terbakar sinar matahari

Tidak ada yang lebih buruk daripada menghabiskan sedikit terlalu lama di bawah sinar matahari dan menemukan Anda memiliki warna merah muda yang menarik. Cuka sari apel dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan tingkat pH kulit Anda, sehingga dapat digunakan sebagai obat untuk sengatan matahari dan ruam panas.

Untuk menenangkan kulit, tambahkan 200ml ke dalam bak mandi air hangat dan rendam di dalamnya selama 10 hingga 15 menit. Sebagai alternatif, tambahkan 100ml cuka sari apel ke dalam satu liter air dan rendam kain di dalamnya. Kemudian dengan lembut oleskan kain tersebut ke kulit yang terbakar sinar matahari. Jangan pernah mengoleskan cuka sari apel dengan rapi ke kulit Anda.

Baca Juga :

Tahukah Kamu, Ternyata Cuka Kelapa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Kamu Lho

Wajib Tahu! Ini Cara Cegah Oksidasi Pada Foundation

Dapatkan Kulit Bercahaya Dengan Paket Wajah Berbasis Apel Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2

Jika Anda pernah berurusan dengan jerawat, bahkan jika