Terkadang, memiliki pinggang yang besar membuat kita menjadi kurang percaya diri. Selain itu, ternyata besar kecilnya pinggang tidak melulu soal penampilan, loh. Para peneliti di Universitas Harvard telah menemukan bahwa lingkar pinggang seseorang bisa menunjukkan kesehatan secara keseluruhan. 

Jadi, pinggang yang lebih ramping memiliki pengaruh positif pada kualitas hidup seseorang dan dapat meningkatkan energi. Oleh karena itu, artikel ini akan membantu kamu untuk mendapatkan pinggang ramping dengan cara yang sehat. 

Kamu hanya perlu mengikuti beberapa trik sederhana berikut ini: 

1. Merencanakan menu dan jadwal makan 

Sebagian besar dari kita membuat kesalahan yang sama dengan mengonsumsi makanan yang paling kita suka. Akibatnya, kita makan dengan ceroboh dan membuat pilihan makan yang buruk. Agar terhindar dari kebiasaan makan sembarangan, kamu perlu membuat rencana makan mingguan.

Rencana menu makan selama seminggu akan membantu kamu mengontrol asupan makanan yang pada gilirannya dapat membantu mengecilkan pinggang. 

2. Jangan lakukan jenis olahraga yang sama dalam jangka waktu panjang

Berolahraga dengan pola yang sama secara teratur membantu tubuh menyesuaikan diri dengan beban kerja sehari-hari. Oleh karena itu, pengulangan olahraga yang sama akan mencegah tubuh kamu membuat perubahan, dalam hal ini adalah perubahan lingkar pinggang.

Karenanya, kamu harus mencari alternatif olahraga yang berbeda agar tubuh bisa terus menyesuaikan diri dan berubah. 

3. Jangan diet terlalu ketat, tapi makanlah dalam jumlah kecil sebagai gantinya

Diet ketat biasanya membuat orang makan porsi besar. Nah, porsi besar ini bisa mengakibatkan penurunan tingkat metabolisme secara tiba-tiba. Jika kamu melakukan ini, kamu akan merasakan efek samping seperti pusing dan lemas. 

Oleh karena itu, diet yang tepat adalah diet yang dilakukan dalam interval pendek. Tidak perlu menahan makan seharian, tapi makanlah dengan sering namun porsinya sedikit-sedikit. 

4. Jangan pilih olahraga berat, cari olahraga ringan yang menyenangkan 

Olahraga kardio memang perlu dilakukan untuk program penurunan berat badan yang efektif, karena memang tidak ada jalan pintas untuk menghilangkan lemak dari area tertentu. 

Namun, di sisi lain, ternyata olahraga ringan yang tidak membutuhkan kekuatan ekstra juga tak kalah efektif dengan olahraga berat. Bahkan, olahraga ringan akan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dengan otot tubuh. Oleh karena itu, olahraga ringan bisa membakar lebih banyak lemak. Coba kamu mencari olahraga ringan yang menyenangkan untuk dilakukan.

5. Selain diet, fokuskan juga pada penurunan pembentukan otot 

Ada banyak wanita yang tidak ingin otot tubuhnya menjadi besar. Oleh karena itu, mereka menghindari latihan beban. Tetapi, hal yang perlu kamu ketahui adalah pembentukan otot wanita tidaklah semudah itu. Jadi tidak perlu khawatir akan membentuk otot jika latihan beban.

Selain iu, otot tanpa lemak yang dibentuk selama olahraga sebenarnya bisa memberi kita penampilan tubuh yang “kencang”. Tentu saja ini akan memberikan tampilan postur yang baik. Tak hanya itu, olahraga membentuk otot juga bisa meningkatkan metabolisme kita.

6. Beri waktu istirahat agar otot-otot rileks

Tahukah kamu, latihan kekuatan tidak melulu latihan mengangkat beban setiap hari? Memberikan waktu pada otot untuk beristirahat adalah salah satu langkah yang perlu dilakukan selama kamu menjalankan rutinitas olahraga.

Ahli kebugaran merekomendasikan untuk tidak menggunakan bagian otot yang sama setiap hari berturut-turut. Karenanya, kamu bisa mencari olahraga yang berbeda, atau kamu bisa istirahat sehari, baru kemudian mulai olahraga lagi. 

Baca Juga :

Sering Disangka Menyehatkan, Makanan Ini Ternyata Tidak Baik Untuk Tubuh dan Lingkar Pinggang Lho!

6 Cara Cepat Mengecilkan Lingkar Pinggang

Wooww.. Cermin Ini Bisa Timbang Berat Badan Hingga Ukur Lingkar Pinggang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Herbal Ajaib Untuk Menambah Berat Badan Lebih Cepat

Dalam masyarakat saat ini, di mana dunia sedang