Selalu ingin mencoba skin care yang sedang tren memang menjadi kebiasaan wanita, apalagi jika ada teman yang menggunakannya dan mendapatkan hasil yang bagus. Hal ini pasti akan membuat kamu langsung “gatal” ingin mencobanya. Tapi tunggu dulu, sebaiknya kamu tidak terburu-buru untuk mencobanya. Karena setiap kulit memiliki kebutuhannya masing-masing. Walaupun teman kamu cocok, bukan berarti akan cocok jika kamu gunakan. Agar tidak menimbulkan reaksi yang buru pada kulit kamu, sebaiknya kamu melakukan patch test terlebih dahulu. Apa itu Patch Test? Buat kamu yang masih asing dengan kata ini, patch test adalah tes yang bertujuan untuk mengetahui apakah produk tersebut jika digunakan akan mengakibatkan peradangan kulit. Caranya adalah dengan menggunakan kain yang dipotong kecil yang telah diberikan produk yang akan dites lalu ditempelkan pada kulit sesuai waktu yang ditentukan. Patch test sangat penting sekali untuk dilakukan sebelum menggunakan skin care. Inilah beberapa alasan kamu perlu melakukan patch test sebelum mencoba skin care, antara lain :

  1. Menghindari Alergi

Alasan pertama kamu harus melakukan patch test sebelum mencoba skin care adalah untuk menghindari alergi. Tidak semua produk skin care akan cocok kita gunakan, karena masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Untuk melakukan test ini, sebaiknya kamu mengaplikasikan produk yang ingin kamu coba pada dua bagian tubuh yang berbeda, yang tertutup dan yang terbuka. Jika kamu mencoba skin care untuk wajah, kamu bisa mencobanya pada kulit bagian leher dengan bagian paha yang tertutup atau bagian lainnya. Nah, untuk mengetahui ada alergi atau tidak ikamu bisa menunggu 24-72 jam. Selama itu, jangan gunakan apapun pada bgian tersebut.

  1. Mengindari Breakout

Image result for hindari breakout

Alasan selanjutnya kamu harus melakukan patch test sebelum mencoba skin care adalah untuk menghindari breakout. Agar wajha kamu tidak berjerawat karena salah menggunakan skin care, kamu juga bisa melakukan patch test. Tetapi caranya tidak sama seperti untuk menghindari alergi. Biasanya bagian wajah yang seruing mengalami breakout karena minyak yang berlebih adalah pipi dan kening, jadi kamu harus langsung mencobanya pada salah satu bagian tersebut. Coba hal ini sekitar seminggu, jika memang dapat menyebabkan breakout, hasilnya sudah akan terlihat dalam seminggu.

  1. Perlu dilakukan Semua Jenis Kulit

Image result for melakukan patch test

Patch test adalah test yang perlu dilakukan semua jenis kulit apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Karena jika tidakl maka kulit kamu dapat mengalami alergi ataupun break out. Jika sudah terlambat maka akan membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya. Jadi akan lebih baik jika kamu melakukan patch test terlebih dahulu sebelum mencoba skin care yang baru.

Baca juga Beberapa Cara Ini Ternyata Bisa Mengatasi Masalah Wajah Beruntusan yang Kamu Alami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Rambut Tumbuh Lebih Cepat? Coba 7 Trik Berikut

Rambut kamu sulit tumbuh atau butuh waktu lama