Jadi, kamu terlalu banyak mendapat sinar matahari, ya? Mengatasi luka bakar akibat sinar matahari adalah tentang menenangkan kulit yang terbakar dan membantunya sembuh. Tapi apa yang harus dilakukan ketika Anda mengadakan pertemuan penting setelah seharian di pantai dan tidak mampu berjemur? Apakah Anda sedang bersinar merah lobster atau hanya khawatir, kami siap membantu Anda. Mulai dari menemukan tabir surya terbaik di India hingga pengobatan untuk mendinginkan tubuh, mari selami beberapa cara sederhana untuk mencegah sun burn dan mengurangi ketidaknyamanan jika Anda akhirnya terkena paparan sinar matahari dalam waktu singkat.

Apa Itu Sun Burn?

Pernahkah Anda merasa kulit Anda terbakar saat Anda berada di bawah sinar matahari? Itulah sun burn yang ditakuti. Sunburn terjadi ketika kulit Anda mendapat terlalu banyak radiasi UV dari matahari. Ini bisa membuat Anda merah, lembut dan tidak terasa terlalu luar biasa. Hal ini tidak terlalu berbahaya karena kemungkinan besar Anda akan mengalami luka bakar tingkat satu yaitu kemerahan atau luka bakar tingkat dua yang berupa lecet. Ini bisa diobati di rumah. Namun hal ini dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan terkadang menjadi pemicu kanker kulit.

Cara Mencegah Sun Burn

Mencegah sun burn seperti memberikan kulit Anda izin VIP ke pesta UV, pesta yang cerah. Ini semua tentang bersikap proaktif dan menunjukkan rasa cinta pada kulit Anda sebelum berubah menjadi lebih gosong.

  • Oleskan tabir surya seolah itu adalah tugas Anda setiap kali Anda keluar rumah di bawah sinar matahari. Oleskan kembali setiap dua hingga empat jam jika Anda berkeringat.
  • Katakan tidak pada tanning bed; melanin kita sudah melakukan tugasnya.
  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat apa pun yang mungkin membuat kulit Anda sangat sensitif terhadap sinar UV.
  • Hindari jam-jam puncak sinar matahari karena pada saat itulah radiasi UV paling kuat. Biasanya antara pukul 12 hingga 4 sore, tergantung di mana Anda berada.
  • Gunakan pakaian penutup yang bergaya untuk melindungi kulit Anda saat Anda bepergian. Syal, celana panjang, lengan baju, topi, kacamata hitam semuanya bisa membantu.

Cara Mengobati Sun Burn 

  • Mengobati sun burn adalah dengan memberikan perhatian ekstra pada kulit Anda untuk bangkit kembali dari cobaan beratnya. Baik itu gel yang menenangkan atau sekadar menghidrasi, ada banyak solusi yang dapat Anda gunakan untuk menenangkan kulit yang panas dan memulai proses penyembuhan.
  • Berikan perhatian dan kasih sayang pada kulit yang terbakar sinar matahari dengan menutupinya dengan pakaian longgar dan menyerap keringat. Bahkan, hindari berjemur sampai penyakitnya sembuh.
  • Redakan luka bakar dengan gel pendingin, salep, atau keajaiban alami gel lidah buaya.
  • Melembabkan dengan Vaseline terpercaya atau pelembab favorit Anda untuk membantu penyembuhan kulit Anda.
  • Hidrasi dari dalam ke luar dengan menenggak banyak air.
  • Minumlah pil dingin (secara kiasan!) dengan mandi air dingin untuk meredakan panas. Namun jangan menggosok kulit yang terbakar sinar matahari.
  • Jika rasa sakitnya terlalu berat untuk ditangani, obat penghilang rasa sakit dapat meredakan nyeri sementara.

Baca Juga :

Bisakah Minyak Esensial Membantu Menenangkan Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari? 

15 Tips dan Trik Mudah Untuk Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

5 Cara Alami Cegah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Terbaik untuk Melembutkan dan Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah bisa menjadi gangguan yang nyata. Mereka