Tidak ada yang lebih buruk daripada mengakhiri hari pantai dengan kulit Anda dalam kekacauan yang gatal, merah dan bersisik. Tidak peduli jumlah tabir surya yang Anda terapkan, terjebak di bawah sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan sengatan yang menyakitkan dari kulit yang terbakar. Di antara banyak solusi yang mengklaim memperlakukan sinar matahari, minyak esensial adalah yang kurang dikenal yang tidak banyak kita dengar. Yap, pahlawan perawatan kulit itu bisa lebih dari menyehatkan kulit Anda.

Minyak esensial diekstraksi dari tanaman – beberapa dari bunga dan lainnya dari daun. Populer digunakan dalam aromaterapi sebagai bentuk ‘kecantikan yang dihirup’, mereka juga bisa efektif dalam mengobati masalah permukaan kulit. Setiap jenis minyak esensial dikemas dengan nutrisi nabati yang dapat membantu menangani beberapa masalah kulit, termasuk sengatan matahari. Namun, ada cara yang tepat menggunakannya untuk menghindari masalah seperti iritasi kulit atau bahkan kontak dermatitis.

Bagaimana Minyak Esensial Membantu Menghadapi Klininas Sunburn

Meskipun belum ada banyak penelitian yang merinci kemanjuran aktual minyak esensial dalam mengobati sengatan matahari, sifat -sifat yang ada di dalamnya tentu dapat membantu meringankan beberapa gejala:

  1. Sifat penghilang rasa sakit yang melekat dari banyak minyak esensial dapat membantu menenangkan perasaan menyengat yang disebabkan oleh sengatan matahari. Misalnya, minyak esensial peppermint memiliki mentol di dalamnya dan dapat membantu menenangkan sensasi menyengat sedang hingga berat.
  2. Demikian pula, Anda dapat menggunakan minyak esensial Eucalyptus, minyak jojoba dan bahkan minyak biji bunga matahari untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Mereka dapat meringankan ketidaknyamanan seperti iritasi kulit dan sensasi terbakar yang disebabkan oleh sengatan matahari.
  3. Sementara minyak esensial seperti peppermint dan kayu putih harus diencerkan dengan minyak pembawa, beberapa pilihan yang lebih lembut dapat menenangkan kulit sendiri. Misalnya, minyak esensial chamomile – bahan lembut ini dapat membantu menenangkan kulit Anda tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut.
  4.  Sebuah sengatan matahari yang parah dapat merusak penghalang kulit, dan jika tidak diobati, itu dapat menyebabkan infeksi. Beberapa minyak esensial mengandung sifat antibakteri, anti-jamur, dan anti-virus dapat membantu menghindarinya. Anda mungkin sudah tahu minyak esensial yang sangat baik yang digunakan untuk infeksi kulit, minyak pohon teh. Ini dapat digunakan sebagai obat keseluruhan untuk sinar matahari karena sifat anti-inflamasinya.

Cara menggunakan minyak esensial untuk sengatan matahari 

Cara yang tepat untuk menggunakan minyak esensial saat terbakar sinar matahari adalah dengan mencairkannya – apakah Anda menambahkannya ke minyak pembawa (seperti minyak kelapa atau minyak almond) atau zat pendingin lainnya (seperti gel lidah buaya) – selalu tambahkan hanya beberapa tetes lotion tanpa aroma, minyak pembawa, salep, atau gel dan oleskan ke kulit.

Minyak esensial tidak dimaksudkan untuk mengobati sinar matahari yang sangat merah dan melepuh. Juga, jangan menerapkannya, bahkan jika diencerkan, pada luka terbuka atau lecet. Untuk memastikan bahwa Anda tidak terlalu peka terhadap wewangian, lakukan tes patch untuk memastikan tingkat toleransi Anda terhadap mereka.

Baca Juga :

5 Essential Oils Dengan Banyak Sekali Manfaat Untuk Kecantikan dan Kesehatan

REVIEW: Nature Republic Argan Essential Deep Care Shampoo

REVIEW: Nature Republic Argan Essential Deep Care Shampoo

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan