Kolagen sedang booming di industri kesehatan dan kebugaran sekarang! Makanan kaya kolagen dapat melakukan keajaiban tidak hanya untuk kulit dan rambut Anda, tetapi juga otot dan persendian Anda. Tapi, sebelum Anda mulai mengikuti diet kolagen, mengonsumsi suplemen kolagen, atau mengonsumsi kaldu tulang yang tak terhitung banyaknya, Anda perlu tahu apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kolagen bagi tubuh Anda, makanan apa yang dikonsumsi untuk meningkatkan asupan kolagen, dan masih banyak lagi. Artikel ini memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang manfaat makanan kaya kolagen. Mari kita mulai!

Kolagen

Kolagen adalah salah satu protein terpenting yang dibuat tubuh Anda. Ini adalah yang terkuat dari semua serat jaringan yang membentuk jaringan ikat. Kulit, rambut, tulang, kuku, sendi, otot, pembuluh darah, tulang rawan, sel, plasenta, dan organ lainnya memiliki kolagen di dalamnya. Kolagen terdiri dari tiga rantai alfa. Setiap rantai alfa terdiri dari ribuan asam amino (bahan penyusun protein), dengan glisin, prolin, dan hidroksiprolin yang paling melimpah.

Kolagen adalah bagian penting dari jaringan ikat yang bertanggung jawab untuk memberikan struktur, elastisitas, dan kekencangan pada tubuh Anda. Makanan kaya kolagen memperkuat produksi kolagen alami tubuh Anda dengan merangsang fibroblas (sel di kulit) yang membuat kolagen.

Diet Kolagen: Ketahui Fakta

Diet kolagen adalah cara makan yang membatasi asupan gula dan memasukkan makanan yang kaya akan kolagen, suplemen makanan kolagen, atau makanan yang meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk memproduksi kolagen. Mari kita lihat beberapa fakta singkat tentangnya:

  • Secara alami, kolagen sebagai makanan ditemukan pada bagian hewani, seperti ayam, daging, ikan, dan produk susu.
  • Tubuh membuat kolagen sendiri dalam serangkaian proses kompleks yang melibatkan asam amino, tembaga, seng, dan vitamin C.
  • Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen tubuh menjadi rendah dan diet kolagen dapat membantu membalikkan beberapa tanda penuaan.
  • Suntikan kolagen atau suplemen kolagen juga merupakan bagian dari diet kolagen tertentu.

    Penelitian tentang suplemen kolagen sedang dalam tahap awal dengan hasil yang menjanjikan. Namun, tidak ada cukup bukti untuk mendukung keamanan lengkapnya.

Catatan: Menurut American Council on Science and Health, suplemen kolagen tidak dievaluasi oleh Food and Drug Administration (FDA). Jadi, lakukan riset yang cukup sebelum Anda membeli suplemen apa pun.

Jika Anda ingin menghindari suplemen (detail lebih lanjut tentang ini nanti) atau suntikan, lalu bagaimana Anda meningkatkan kolagen secara alami? Jawabannya adalah, melalui makan yang benar. Jadi, mari kita lihat apakah kita dapat menemukan beberapa makanan sehat dan herbal yang kaya akan kolagen.

Suplemen Kolagen: Keamanan dan Tindakan Pencegahan

Anda bisa mendapatkan suplemen makanan kolagen dan memasukkannya ke dalam kopi pagi, smoothie, dan bahkan air. Kolagen terhidrolisis (atau peptida kolagen) mudah diserap oleh tubuh saat diproses dan merupakan versi rusak dari kolagen hewan. Itu juga tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna dan kemungkinan besar tidak akan membuat Anda kecewa. Penelitian awal telah menemukan itu aman dan efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit dan retensi kelembaban.

Namun, sebelum Anda melaju ke depan di jalur yang paling tidak tahan, lihat beberapa masalah keamanan yang penting.

  1. Pasar yang tidak diatur

Suplemen tidak diatur oleh badan Food and Drug Administration (FDA). Itu berarti suplemen di pasaran mungkin tidak mengikuti prosedur standar yang sama. Inkonsistensi dalam hal jumlah kolagen yang diproses dan efektivitasnya tidak dijamin.

  1. Bukan Untuk Vegan Atau Vegetarian

Sebagian besar kolagen terhidrolisis berasal dari produk hewani dan ikan. Itu membuat mereka tidak tersedia untuk vegan dan vegetarian.

  1. Reaksi alergi

Jika Anda alergi terhadap makanan laut, atau kerang, Anda mungkin berisiko mengalami reaksi alergi terhadap suplemen kolagen. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengesampingkan hal itu.

  1. Kekhawatiran Tentang Toksisitas

Ada beberapa kekhawatiran tentang suplemen kolagen yang membawa risiko infeksi virus atau racun lingkungan lainnya. Tidak ada cukup bukti untuk membuktikan atau menyangkal kekhawatiran ini.

  1. Potensi Efek Samping

Tidak ada efek samping potensial yang dilaporkan pada uji klinis yang melibatkan suplemen kolagen, menurut studi acak terkontrol plasebo.

Suplemen kolagen mungkin aman dan efektif, tetapi Anda tetap harus menjaga pola makan dan kulit Anda untuk mendapatkan yang terbaik. Baca terus untuk menemukan daftar periksa untuk memulihkan kulit Anda dan membalikkan beberapa tanda stres, polusi, dan penuaan.

Baca Juga :

Ingin Awet Muda? Konsumsi 7 Makanan Kaya Kolagen Ini

Ingin Kulit Awet Muda Tanpa Kosmetik? Coba Makan 7 Produk Tinggi Kolagen Ini

Catat! Inilah Daftar Makanan Yang Memproduksi Kolagen di Tubuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun