Tahukah kamu? Kolagen adalah nutrisi di balik kulit kenyal dan cantik yang membuat kamu segar dan awet muda. Terletak di bawah lapisan terluar kulit, kolagen merupakan dasar jaringan ikat yang mendukung struktur kulit. 

Sebenarnya, kolagen dapat ditemukan di seluruh tubuh, tidak hanya di kulit. Kolagen ada di otot, tendon, saluran pencernaan, dan pembuluh darah. Namun, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang secara alami ketika seseorang sudah menginjak usia 30 tahunan. Selain itu, kualitas kolagen yang dibuat tubuh juga tidak sebaik saat masih muda dulu. 

Untuk itu, kamu membutuhkan asupan makanan tambahan yang kaya akan kolagen agar kulit tetap cantik dan awet muda. Berikut daftar makanan kaya kolagen yang wajib dikonsumsi jika ingin selalu cantik dan awet muda :

  1. Sayuran berwarna hijau tua

Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan kangkung mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang mampu menstabilkan enzim pembawa pesan yang akan memecah kolagen. Nah, kandungan Vitamin C ini juga akan melindungi kulit dari radikal bebas untuk mencegah kolagen melemah.

Mengonsumsi sayuran hijau tua secara teratur dapat membantu memulihkan lipid alami tubuh, membantu menjaga pelindung kulit, mengunci kelembapan kulit, menyamarkan garis-garis halus atau kerutan, dan memudarkan bekas jerawat.

  1. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti tempe, yoghurt, kimchi, dan kombucha mengandung lactobacillus, yaitu strain bakteri pro biotik yang menghasilkan superoxide dismutase. Nah, superoxide dismutase adalah antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan kolagen dengan mengurangi produksi radikal bebas.

  1. Kedelai

Makanan yang terbuat dari kedelai, seperti keju vegan, susu kedelai, tempe, tahu, dan lain-lain, mengandung genistein, yaitu hormon tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan bagi kulit. Nah, nutrisi ini dapat mendorong produksi kolagen dan membantu mencegah penuaan.

Selain rendah lemak dan sehat untuk kesehatan fisik secara keseluruhan, makanan dari kedelai juga sehat untuk kulit kamu.

  1. Bawang putih

Bumbu yang wajib ada di dapur ini adalah salah satu sumber belerang terbaik, yang diperlukan untuk produksi kolagen dalam tubuh. Apalagi, bawang putih juga mengandung asam lipoat dan taurin yang membantu membangun kembali serat kolagen yang sudah rusak. Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat, ternyata bawang putih juga baik untuk kulit.

  1. Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan tuna dan ikan salmon sangat baik untuk kesehatan kulit. Karena, dengan mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, sel-sel kulit akan dikelilingi membran lemak yang dapat menjadi pelindung. Ketika sel-sel kulit sehat dan terlindungi, maka struktur kulit pun akan menjadi lebih baik. Hasilnya, kulit kamu akan terlihat sehat dan cantik. 

  1. Sayuran berwarna merah

Aneka sayuran berwarna merah seperti tomat, paprika, dan buah bit, mengandung antioksidan likopen yang dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap kerusakan akibat sinar matahari, termasuk melindungi kulit. Likopen dalam sayuran berwarna merah dapat bertindak sebagai sun screen alami yang akan melindungi kulit sekaligus meningkatkan kadar kolagen. 

  1. Sayuran berwarna oranye 

Sayuran yang berwarna oranye, seperti wortel dan ubi jalar, memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Nah, Vitamin A dapat membantu memulihkan dan meregenerasi kolagen yang rusak. 

Baca Juga :

Skincare Saja Tidak Cukup, Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Awet Muda

Ingin Kulit Awet Muda Tanpa Kosmetik? Coba Makan 7 Produk Tinggi Kolagen Ini

Inilah 7 Hal yang Dilakukan Wanita India untuk Tetap Cantik dan Awet Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri