Setiap orang pasti mempunyai kriteria cleanser yang disukai berdasarkan kondisi kulit yang dirasakan. Ada beberapa orang yang memilih cleanser yang bisa membantu mengeringkan jerawat, ada juga yang memilih cleanser yang bisa melembabkan wajah. Sebagai salah satu rangkaian skincare, cleanser memangsangat penting untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. 

Kriteria Cleanser Yang Baik

Disamping kemampuan membersihkan kotoran dan makeup, ada kriteria lain yang harus diperhatikan ketika memilih cleanser. Yang pertama adalah memilih cleanser yang gentle atau lembut. Cleanser jenis ini tidak menyebabkan rasa kering atau tertarik setelah mencuci wajah, malah wajah akan menjadi lembab dan halus. Akan lebih baik bila cleanser juga mengandung pelembab dan emolien sehingga tidak menyebabkan kulit iritasi. Cleanser juga bisa mengandung eksfoliator namun pilih yang melembabkan dan tidak menyebabkan iritasi. 

Kandungan Utama 

Di dalam cleanser, kerapkali ditemukan beberapa bahan aktif yang diformulasikan khusus untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Berikut ini kandungan bahan aktif tersebut

Rice Ferment Filtrate

Rice ferment atau fermentasi beras sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan untuk produk kecantikan. Sudah banyak produk yang menggunakan fermentasi beras ini, sehingga kamu tak akan kesulitan menemukannya.

Fermentasi beras ini dipercaya membantu mengecilkan pori, mengencangkan kulit hingga mengurangi efek radikal bebas. Selain itu, beras juga mengandung zat-zat untuk membantu melawan tanda penuaan yaitu momilactone A dan momilactone B serta Tricin. Selain itu antioksidan dalam fermentasi beras ini juga membantu memingkatkan kesehatan kulit. Fermentasi beras ini juga banyak digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh yang kering karena penggunaan sabun berbahan SLS.

Licorice Root

Di Indonesia, licorice root dikenal sebagai akar manis. Bahan ini sudah digunakan sebagai bahan herbal dalam pengobatan ayurveda karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan, licorice ini juga banyak digunakan dalam produk kecantikan karena mengandung antioksidan yang tinggi seperti flavonoid, vitamin E, vitamin B, fenol, dan sebagainya. 

Untuk produk kecantikan, licorice dipercaya bisa membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi karena mengandung glabridin. Zat ini membantu menghambat pembentukan melanin pada kulit sehingga membantu mencerahkan wajah. Kandungan antioksidan seperti flavonid bermanfaat untuk mengurangi iritasi atau peradangan pada jerawat. Licorice juga mengandung licochalcone untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. 

Centella Asiatica

Cenetella Asiatica adalah salah satu bahan yang sedang populer untuk berbagai produk kecantikan. Dipelopori oleh skincare Korea Selatan, centella asiatuca juga banyak digunakan untuk skincare dalam negeri. Eveskin menggunakan ekstrak centella asiatica untuk cleanser karena bahan ini mempunyai manfaat yang banyak. 

Di Indonesia, centella asiatica ini lebih dikenal sebagai pegagan, yaitu tanaman merambat dengan daun berbentuk bulat kecil. Sebelum untuk perawatan wajah dan tubuh, pegagan ini sudah banyak digunakan untuk produk kesehatan. Centella asiatica ini bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini dan memstimulasi produksi kolagen pada kulit. Sehingga penggunaan ekstrak daun pegagan secara rutin bisa membantu menunda penuaam dini. Kandungan antioksidan dalam daun pegagan juga membantu mengurangi efek radikal bebas, melembutkan dan melembabkan kulit. Daun pegagan juga membantu mempercepat penyembuhan luka dan juga mengurangi peradangan jerawat. Tidak hanya itu, centella asiatica juga membantu menyamarkan bekas luka hingga stretchmark. 

Gluconolactone (PHA)

Glucolactone atau PHA (polyhyroxy acid) adalah salah chemical exfoliating yang sedang tren digunakan untuk produk kecantikan. Meskipun namanya eksfoliatior, PHA ini membantu menghidrasi kulit dengan kandungan aktioksidan serta anti-aging. PHA ini diklaim lebih ringan lebih nyaman digunakan dibanding dengan chemical eksfoliator lain seperti AHA atau BHA. 

Glucolactone PHA didapat dari gluconic acid sebagau sumber antioxidan dan lactobionic acid yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit. PHA ini mempunyai banyak manfaat mulai dari meningkatkan skin barrier, menghidrasi kulit sebagai humectant, mengangkat sel kulit mati, menghaluskan dan mencerahkan wajah. PHA ini juga aman digunakan untuk penderita eksim dan rosacea

Baca Juga :

REVIEW: BHUMI Calendula Oil Control Cleanser

REVIEW: Bhumi C-Chamomile Brightening Cleanser

REVIEW: Cetaphil Oily Skin Cleanser

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Bahan Aktif untuk Atasi Keriput – Bagian 2

Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 bahan aktif untuk