Bagi sebagian besar wanita, jerawat masih menjadi salah satu masalah kulit terbesar yang kerapkali dialami. Adanya pori yang tersumbat oleh kotoran, minyak, hingga sel kulit mati membuat jerawat yang tak diinginkan kehadirannya ini muncul. Walaupun begitu, munculnya jerawat bisa juga disebabkan karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Munculnya jerawat disebabkan karena faktor yang beragam, hingga memiliki jenis yang berbeda pula. Pada dasarnya ada dua kelompok jerawat, yaitu jerawat yang menyebabkan pembengkakan (inflamasi) dan jerawat yang tidak menyebabkan pembengkakan (non inflamasi). Biasanya jerawat yang menyebabkan kemerahan adalah jerawat inflamasi.

Munculnya jerawat pada wajah tentu sangat mengganggu, terutama penampilan. Jika dibiarkan, jerawat bisa semakin banyak hingga menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, maka kita perlu tahu jenis jerawat yang muncul. Setelah membaca bagian pertama, simak yuk bagian kedua.

  1. Pustula 

Pada umumnya, pustula disebut sebagai jerawat itu sendiri. Penampakannya adalah benjolan besar yang memiliki pusat lingkaran berwarna kuning. Pusat warna kuning tersebut sebenarnya berisi nanah kekuningan atau keputihan yang dikelilingi oleh kulit wajah yang meradang kemerahan. Berbeda dengan whiteheads yang cenderung lebih kecil, pustula biasanya lebih besar dari whiteheads. Kemunculannya disebabkan juga karena adanya infeksi bakteri ditambah dengan penumpukan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.  

  1. Papula

Jerawat yang satu ini muncul dalam bentuk benjolan kecil-kecil. Warnanya merah dan berkelompok pada satu tempat. Tumbuhnya tidak terpisah-pisah sepertu pustula. Ketika seseorang menumbuhkan jerawat jenis papula di kulit wajahnya, biasanya rasanya akan sangat menyakitkan. Apalagi jika disentuh. Penyebab dari jerawat jenis ini adalah adanya infeksi pada kulit hingga reaksi alergi. Memakai produk skincare berbahan aktif retinol bisa mengurangi jerawat ini.

  1. Jerawat Pasir

Jumlah dari jerawat pasir biasanya akan banyak tersebar ke setiap area wajah. Namun ukurannya cenderung lebih kecil dari jerawat pustula dan tidak memiliki isi cairan pada pusat lingkarannya. Nama lain dari jerawat ini biasa dikenal sebagai beruntusan. Meski pada jarak jauh tidak begitu kelihatan, ketika ada orang lain memperhatikanmu dari jarak dekat, jerawat ini baru bisa terlihat. Penyebab dari beruntusan atau jerawat pasir ini bisa dikarenakan adanya iritasi kulit dan gesekan kasar yang dilakukan secara berkala pada kulit wajah. Maka dari itu, diharapkan untuk lebih berhati-hati saat membersihkan wajah dengan kapas. 

  1. Jerawat Kistik

Jerawat kistik membuat penampilan wajah menjadi tidak halus merata. Pada jenis jerawat kistik, permukaan kulit akan nampak menghasilkan benjolan-benjolan yang agak besar dan merah. Hanya saja tidak berisi cairan seperti yang ada pada jerawat pustula. Penyebab terjadinya jerawat kistik sendiri adalah karena perubahan hormon. Biasanya pada masa transisi remaja atau pubertas, jerawat ini kerap terjadi. Sehingga tak jarang banyak anak sekolah mengeluhkan wajah mereka menjadi rusak setelah melewati masa pubertas. Untuk mengatasinya bisa menggunakan obat yang sudah dikonsultasikan dengan dokter kulit.

Cara Mengatasi Jerawat

  • Ketahui penyebabnya terlebih dahulu baru kamu bisa mencari obat atau produk skincare untuk mengatasinya. 
  • Mencuci muka dengan menggunakan air hangat disertai pembersih wajah yang tidak menyebabkan iritasi kulit wajib setidaknya dua kali sehari.
  • Jangan suka menyentuh jerawat dengan tangan atau berusaha memecahkannya. Hal ini hanya akan menyebabkan kondisi semakin parah dan jerawat yang sengaja dipecahkan dapat menyebabkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.
  • Menggunakan produk skincare yang mengandung anti bakteri

Untuk mencegah datangnya jerawat pada kulit wajah, menjaga kebersihan kulit wajah adalah kuncinya. Dengan rutin membersihkan wajah pada pagi dan malam hari menggunakan susu pembersih, kulit wajah akan terasa lebih sehat dan segar. 

Baca Juga :

Ini 3 Cara Alami Hilangkan Jerawat di Wajah

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya dengan Bahan Alami

Menurut Ahli, Ini 3 Langkah Jitu Hilangkan Jerawat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perhatikan, Ini 5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Banyak orang yang menganggap perawatan rambut sebagai hal