Program diet atau menurunkan berat badan merupakan tantangan tersendiri bagi orang yang menjalaninya. Bagaimana tidak, orang harus mengatur asupan makanan, meluangkan waktu untuk olahraga, menjauhi snack favorit yang mengandung banyak gula, dan sebagainya.

Tetapi tahukah kamu, diet sebenarnya tidak melulu tentang mengadaptasi cara hidup baru, tetapi juga membuang kebiasaan lama yang bisa menghambat penurunan berat badan.

Kira-kira kebiasaan apa saja yang bisa menyulitkan kamu untuk menurunkan berat badan? Simak daftar berikut. 

  1. Lebih fokus pada olahraga daripada asupan makanan 

Olahraga intens bukan strategi penurunan berat badan yang paling efektif. Selama ini orang yang sedang diet hanya fokus melihat seberapa banyak kalori yang mereka bakar saat olahraga tanpa sadar bahwa mereka makan lebih banyak kalori daripada yang mereka bakar. 

Contoh sederhananya, kamu berhasil membakar 500 kalori, tapi total makanan yang kamu makan dalam sehari lebih dari 700 kalori. Artinya, olahragamu belum mampu membakar kalori dalam tubuh, bukan? Untuk itu, orang yang ingin diet harus lebih fokus pada apa yang mereka makan. Barulah setelah itu, perhatikan berapa kalori yang bisa dibakar dengan olahraga. 

  1. Makan terlalu sedikit

Terkadang, perhitungan tentang kalor masuk dan kalori keluar bisa memusingkan. Pembatasan kalori dari waktu ke waktu juga bisa memperlambat metabolisme tubuh kamu, sehingga tubuh tidak memiliki cukup bahan bakar untuk menjalankan fungsi dasar. Akibatnya, tubuh akan bekerja dalam mode hemat energi. Saat hal ini terjadi, tubuh justru tidak bisa melakukan pembakaran. 

Untuk menjaga tubuh tetap dalam mode pembakaran lemak, makanlah banyak protein, serat, dan lemak sehat setiap kali makan. Jangan lupa kurangi asupan gula dan karbohidrat. Ingat, kunci untuk menurunkan berat badan adalah kenyang, bukan lapar. 

  1. Sibuk menghitung kalori

Orang yang sibuk menghitung kalori cenderung melupakan sinyal lapar. Orang seperti ini kadang lupa untuk menikmati hidangan di hadapan mereka. Daripada fokus menghitung kalori yang masuk, sebaiknya kamu memperhatikan kualitas menu makan yang akan kamu konsumsi. Hal ini akan lebih berguna saat ingin menurunkan berat badan.

  1. Mengorbankan waktu tidur untuk berolahraga

Kebiasaan utama yang harus kamu hentikan jika ingin menurunkan berat badan adalah mengorbankan waktu tidur untuk olahraga. Jangan salah,  tidur memiliki peranan sangat penting dalam program diet.

Bagaimana bisa?

Sebab, jika kamu mengurangi waktu tidur untuk berolahraga pada pagi hari setelah bangun tidur, kamu justru berpotensi membuat tubuhmu meradang akibat kurang istirahat. Pada akhirnya, kondisi ini bisa mengacaukan hormon rasa lapar kamu dan membuat kamu semakin lapar.

Untuk itu, sebaiknya jangan mengorbankan waktu berhargamu untuk tidur hanya demi olahraga. Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh olahraga ya! 

  1. Ngemil sembarangan

Saat menonton film baik di laptop, handphone, atau televisi, kamu mungkin tergiur untuk ngemil sembarangan, seperti makan keripik kentang, misalnya. Tanpa sadar, satu kemasan besar keripik kentang sudah masuk ke dalam perut kamu. Nah, hal ini bisa menggagalkan program diet jika terlalu sering terjadi.

Untuk mengurangi kalori dari ngemil sembarangan, coba hentikan kegiatan kamu sejenak, dan tanyakan pada diri sendiri apakah yang kamu rasakan itu betul-betul rasa lapar, atau jangan-jangan hanya rasa bosan saja. 

  1. Minum minuman berkalori tinggi

Siapa yang tidak tergiur menikmati es cokelat atau es kopi latte saat siang hari yang terik? Mungkin banyak orang akan setuju bahwa minum es pada siang hari menjadi kebiasaan buruk yang dilakukan hampir semua orang. Semua orang suka minuman yang dapat meningkatkan suasana hati. Dengan begitu, mereka bisa lanjut bekerja dengan kondisi suasana hati yang lebih stabil.

Jika sulit untuk menghilangkan menu minuman lezat yang berkalori tinggi di menu makan harian kamu, usahakan untuk mengadaptasi kebiasaan baru, misalnya, kami bisa menghilangkan gula atau hanya minta setengah porsi gula untuk kopi yang kamu minum,

Baca Juga :

5 Tips Menurunkan Berat Badan Bahkan Saat Tidur

Berat Badan Turun Lebih dari 45 kg, Ini Rahasia Adele

Alasan Berenang Jadi Olahraga Terbaik untuk Penurunan Berat Badan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi