Tahukah kamu, berenang adalah salah satu latihan kardio terbaik yang dapat dilakukan oleh siapa saja? Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lanjut usia.

Seperti diketahui, latihan kardio adalah komponen penting yang menentukan keberhasilan penurunan berat badan. Alih-alih berlari atau bersepeda yang melelahkan, sebenarnya berenang menjadi alternatif lain yang bisa menyenangkan bagi siapa pun.

Renang adalah latihan aerobik yang membantu memperkuat otot jantung, dan tergolong sebagai olahraga yang ringan bagi persendian kamu. Mengapa demikian? Karena saat berenang, air akan menopang 90 persen dari berat badan kamu.

Faktanya, berenang memang berfungsi sebagai latihan kardio dan latihan kekuatan. Berenang akan memompa detak jantung kamu dan membakar kalori dalam tubuh. Sementara itu, gerakan melawan air saat kamu berenang, dapat membantu memperkuat otot. 

Benarkah berenang membantu menurunkan berat badan?

Tentu saja. Berenang benar-benar dapat membantu kamu menurunkan berat badan, karena akan meningkatkan detak jantung dan kekuatan otot. Ketika berenang, kamu akan melatih seluruh otot tubuh. Kamu akan terus-menerus menggunakan inti tubuh untuk terus bergerak ketika berenang, sehingga semua bagian tubuh terlatih secara merata. 

Untuk seseorang dengan berat badan 56-57 kilogram, durasi 30 menit berenang gaya bebas dapat membakar 330 kalori, sementara itu berenang gaya kupu-kupu dapat membakar 330 kalori, berenang gaya punggung dapat membakar 240 kalori, dan berenang gaya dada dapat membakar 300 kalori. Setidaknya itulah yang disebutkan dalam penelitian. 

Untuk seseorang dengan berat badan 83-84 kilogram, berenang gaya bebas dapat membakar 488 kalori, gaya kupu-kupu dapat membakar 488, gaya punggung dapat membakar 355, dan gaya dada dapat membakar 440 kalori.

Sebagai perbandingan, American Council of Exercise menyebutkan bahwa untuk orang dengan berat badan 56-57 kilogram, berlari selama 30 menit dapat membakar 342 kalori. Sedangkan untuk orang dengan berat badan 83-84 kilogram, berlari 30 menit dapat membakar 510 kalori.

Untuk perbandingan lainnya, bersepeda selama 30 menit dapat membakar 165 kalori untuk orang dengan berat badan 56-57 kilogram dan membakar 246 kalori untuk orang dengan berat badan 83-84 kilogram. 

Apakah berenang dapat membantu menghilangkan lemak perut?

Dengan berenang, kamu akan dituntut untuk melatih seluruh tubuh, dari atas sampai bawah. Itulah sebabnya, berenang bisa membantu kamu menghilangkan lemak di perut. 

Tetapi sebaiknya kamu tidak berfokus pada “latihan satu titik” atau mencoba olahraga hanya demi mengecilkan satu bagian tubuh. Karena, kamu tidak dapat mengontrol di bagian mana kamu akan kehilangan lemak. 

Namun, berenang dapat membantu kamu menurunkan berat badan, yang akan memicu hilangnya lemak secara keseluruhan, termasuk lemak pada bagian perut. 

Jika ingin berenang menjadi lebih efektif untuk memperkuat otot dan menurunkan berat badan, maka kamu perlu mencoba semua gaya. Bisa jadi gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, maupun gaya bebas. 

Semakin sering kamu melibatkan variasi gaya, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar pada masing-masing area tubuh. 

Terlepas dari itu semua, kamu harus ingat, bahwa cara terbaik untuk membantu menghilangkan lemak perut adalah memastikan kamu mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Buah dan sayur adalah makanan utama yang harus kamu konsumsi. 

Bagaimana dengan aturan intensitas berenang?

Kamu tidak harus berenang setiap hari, kok. Mulailah dengan berenang 3 kali seminggu selama 30 menit untuk memperkuat otot dan membakar lemak. Jika kamu konsisten, maka kamu akan mendapati badan kamu mulai berubah dari minggu ke minggu.  

Namun, setelah berenang jangan makan terlalu banyak, ya. Karena kunci penurunan berat badan adalah defisit kalori, jadi kamu harus membakar kalori lebih banyak dan mengonsumsi kalori lebih sedikit. 

Baca Juga :

Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuh kamu Jika Kamu Berenang 3 Kali Seminggu

Ingin berenang tapi sedang menstruasi? Berikut adalah 9 Tampon yang Sangat Cocok untuk Berenang

Catat Ya, Ini Tips Atasi Kulit Belang Dan Gosong Usai Berenang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi