Olahraga seharusnya menjadi sebuah kebutuhan yang menyenangkan untuk dijalani, bukan menjadi beban hidup yang dihindari. Kira-kira olahraga apa yang sering kamu lakukan? Apakah kamu menyukainya?

Beberapa di antara kamu mungkin memiliki hobi berenang. Fakta menunjukkan, berenang mungkin menjadi tiket emas untuk menuju tubuh dan jiwa yang sehat dan bugar terlepas dari  berapa pun usia kamu. Berenang sebenarnya tidak hanya dapat menggerakkan dan melatih otot-otot seluruh tubuh, tetapi berenang juga dapat membantu kamu mengatasi depresi dengan melepaskan endorfin untuk memicu emosi positif.

Manfaat berenang tidak hanya itu saja. Jika kamu rajin berenang setidaknya tiga kali dalam seminggu, berbagai hal yang mengesankan akan terjadi dalam tubuh kamu. Berikut daftarnya :

  • Paru-paru kamu akan bekerja lebih baik
Waspada, Kanker Paru Pada Pria

Berenang secara teratur dapat menjadi cara yang baik untuk memperkuat paru-paru kamu. Faktanya, penelitian telah membuktikan bahwa dalam hal meningkatkan fungsi paru-paru, berenang memiliki kelebihan dibandingkan olahraga yoga. Hal ini terjadi karena dengan berenang, kamu dapat meningkatkan elastisitas otot paru-paru dan otot dada.

  • Sendi kamu akan lebih kuat

Karena berenang menyokong hampir 90% dari berat badan kamu, jadi berenang menjadi olahraga yang sempurna bagi mereka yang menderita nyeri sendi. Ini berarti berenang secara teratur dapat membantu kamu mengurangi risiko artritis yang memburuk dan menjauhkan kamu dari nyeri sendi. Berenang akan melatih otot-otot kamu secara teratur dan membantu menjaga otot-otot di sekitar persendian kamu supaya tetap kuat.

  • Berenang akan memperkuat punggung kamu

Jika kamu adalah seseorang yang menderita sakit punggung kronis seperti linu di area panggul, maka berenang dapat membentuk otot punggung kamu dan berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Bagaimana bisa? Ya tentu bisa. Karena berat badan kamu akan dikeluarkan dari tubuh ketika kamu berada di dalam air.

  • Kamu akan membakar kalori

Berenang 3 kali dalam seminggu bisa menjadi cara yang fantastis untuk membakar kelebihan kalori sekaligus memperkuat otot kamu. Dengan berenang, kamu dapat membakar sekitar 500 kalori dalam waktu 30 menit berenang. Jumlah kalori ini sebenarnya dua kali lipat lebih banyak dari kalori yang akan kamu bakar jika kamu berjalan kaki. Berenang adalah olahraga dengan efek samping minimum yang sempurna untuk rutinitas harian kamu.

  • Berenang mencegah penuaan dini

Menurut sebuah penelitian, berenang sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu dapat  menunda proses penuaan.  Kekuatan otot adalah bagian penting dari proses penuaan dan penurunan kesehatan fisik. Karena berenang dapat memperkuat otot-otot seluruh tubuh kamu, maka kamu pun akan tampil awet muda karena berenang membuat kulit kamu kencang.

  • Berenang memperbaiki kualitas tidur

Berenang dapat membantumu mengatasi insomnia. Olahraga yang satu ini akan sangat berguna bagi kamu yang memiliki gangguan tidur.  Badan dan pikiran kamu akan semakin rileks jika kamu sering berenang.

Bagaimana?

Apakah kamu menjadi tertarik untuk mulai berlatih renang lagi?

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ingin-berenang-tapi-sedang-menstruasi-berikut-adalah-9-tampon-yang-sangat-cocok-untuk-berenang/

http://www.tampilcantik.com/catat-ya-ini-tips-atasi-kulit-belang-dan-gosong-usai-berenang/

http://www.tampilcantik.com/tips-dan-trik-untuk-merawat-rambut-kamu-saat-berenang/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pentingnya Memeluk Anak Secara Teratur

Sudahkah kamu memeluk anak kamu hari ini? Tentu