Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri untuk mempertahankan kulit cantik yang membuatnya tampak awet muda. Ternyata, negara kita memiliki prosedur kecantikan kuno yang terbukti efektif membuat wanita awet muda dan telah digunakan selama berabad-abad oleh nenek moyang.

Penasaran apa saja warisan skincare dari nenek moyang kita? Yuk, simak daftar berikut.

  1. Skincare dengan tepung beras

Tepung beras kerap dijadikan masker oleh para wanita Indonesia. Selain masker, ada juga produk skincare lain yang dibuat dari tepung beras, yaitu lulur khusus untuk tubuh. Lulur ini terdiri dari beras, jahe, kacang-kacangan, akar kunyit, kayu manis, dan bubuk cendana. Semua bahan tersebut digiling hingga menjadi tepung, kemudian akan dicampurkan dengan air untuk menjadi pasta.

Nah, pasta inilah yang digunakan untuk melumuri tubuh dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Campuran beras dan rempah ini juga dapat melembutkan kulit dan membuatnya semakin awet muda. 

  1. Skincare untuk cegah stretch mark 

Tahukah kamu? Indonesia memiliki ritual populer pada zaman dulu sebagai skincare untuk mencegah stretch mark? Ritual ini adalah membubuhkan masker untuk bagian perut. Masker ini terdiri dari beras giling, kencur, dan jahe. Bahan-bahan ini akan digiling bersama, dicampurkan dengan air agar menjadi pasta masker, lalu dibubuhkan pada bagian perut. 

Rupanya, perpaduan tepung beras, kencur, dan jahe, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Tak jarang, setelah seorang wanita melahirkan, ia mendapatkan pijatan di seluruh tubuh, dengan posisi perut dibubuhi masker herbal seperti di atas.

  1. Skincare dengan buah pepaya dan biji pepaya 

Pepaya adalah salah satu buah yang sangat muda ditemukan di Indonesia. Selain mudah ditemukan, pepaya juga tergolong sebagai buah yang terjangkau. Tahukan kamu, ternyata pepaya memiliki efek luar biasa pada perawatan kulit. 

Wanita Indonesia menggunakan pepaya yang dihaluskan (terkadang dicampur dengan susu) lalu mengoleskannya langsung ke seluruh wajah, agar kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

Selain itu, biji pepaya juga dimanfaatkan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan kuat. Biji-biji pepaya digiling, kemudian serbuknya dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Nah, pasta ini akan dioleskan ke seluruh rambut, didiamkan satu jam, lalu dibilas. 

  1. Skincare dengan susu kambing 

Tak banyak yang tahu, perawatan kecantikan dengan susu kambing ini adakan skincare kuno yang digunakan oleh putri-putri Jawa. Dengan mandi susu kambing, kulit akan lebih mulus, lembut, dan awet muda. Para putri Jawa menambahkan susu kambing ke bak mandi dan duduk berendam di dalamnya selama 30 menit, kemudian berbilas. 

  1. Rajin pijat 

Pijat tubuh adalah ritual penting bagi sebagian besar orang Indonesia. Bukan tanpa alasan, pijat dapat menjaga kesehatan tubuh serta menjaga keremajaan kulit. Dengan rajin pijat, kamu akan terlihat awet mudah dan semakin sehat. Pijat sehat untuk meremajakan kulit dan membuat otot rileks bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

  1. Rahasia awet muda terakhir adalah bahagia

Kebahagiaan adalah kunci untuk menjaga kecantikan luar dan dalam. Untuk itu, jika ingin awet muda, maka mulailah dari dalam diri sendiri dengan menemukan kebahagiaan. Semakin sering tertawa dan tersenyum (dengan tulus, tentu saja) maka kamu pun akan memancarkan aura muda yang membuat fisikmu ikut awet muda. 

Baca Juga :

Cara Mengatur Pengeluaran Bagi Pecinta Skin Care

Tips Skin Care ala Sara Ali Khan

Ini Dia! Urutan Skin Care Malam Yang Tepat Untuk Hasil Yang Maksimal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 5 Rahasia Skincare Dakota Johnson, Kamu Harus Coba!

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aktris