Kebiasaan mandi seseorang bisa berubah-ubah berdasarkan mood dan kebutuhan. Ada kalanya kamu merasa sangat gerah, hingga bisa mandi berkali-kali dalam sehari. Tetapi ada juga saat di mana kamu merasa dingin dan malas mandi, sehingga kamu tidak mandi sama sekali dalam sehari.

Lalu kebiasaan mandi seperti apakah yang ideal bagi tubuh kita?

Apakah kita harus mandi dua kali sehari, atau cukup sekali saja?

Simak penjelasan intensitas mandi ideal menurut sains berikut ini.

  1. Tergantung jenis kulit

Ternyata, kebiasaan mandi perlu disesuaikan dengan jenis kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya kamu tidak sering-sering menggunakan sabun. Memang, sabun akan membuat kulit kamu jadi segar dan terkesan matte, tetapi sebenarnya sabun bekerja dengan cara sebaliknya. Bahan kimia berbahaya dalam sabun dapat mengeringkan kulit kamu, menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum, sehingga wajah dan tubuh kamu akan terlihat lebih berminyak. 

Nah, jika kamu memiliki jenis kulit sensitif dan kering, jangan terlalu sering mandi. Sebab, mandi lebih dari satu kali sehari dapat memicu peradangan, yang menyebabkan kulit kamu semakin gatal dan kering. Beberapa dokter kulit bahkan merekomendasikan mandi dua hingga tiga kali seminggu untuk menghindari iritasi kulit.

  1. Tergantung jenis rambut

Mandi rasanya tidak lengkap jika tidak keramas. Kamu juga berpikir demikian, bukan? Karena setelah keramas badan kita akan jauh lebih segar. Namun, keramas ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Sebab, keramas setiap hari bisa membuat rambut kamu jadi semakin kering, terutama bagi kamu yang memiliki jenis rambut keriting atau bertekstur. Bagi kamu yang berambut keriting, cukup keramas setiap 1 minggu sekali. 

Nah, bagi kamu yang berambut halus dan tipis, kamu bisa keramas setiap hari. Karena, rambut kamu mudah berminyak dan cepat lembab.

  1. Tergantung jadwal olahraga

Apakah kamu sering berolahraga? Jika iya, maka kamu harus lebih sering mandi. Sebaliknya, jika kamu jarang berolahraga dan tidak mudah berkeringat, maka kamu tidak perlu terlalu sering mandi. 

Mandi tepat setelah berolahraga akan membantu otot kamu lebih mudah pulih, mencegah jerawat pada tubuh, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. 

Selain orang yang sering olahraga, mandi setiap hari juga sangat perlu bagi kamu yang bekerja di bidang kesehatan atau bidang yang membuatmu terpapar banyak bahan kimia. Kamu harus segera mandi sepulang kerja, untuk membersihkan tubuh kamu dari virus, bakteri, dan bahan kimia berbahaya. 

  1. Sesuaikan dengan musim

Wajar jika kamu ingin terus mandi saat cuaca sedang panas dan saat tubuh mudah berkeringat. Kamu memang harus mandi setidaknya dua kali dalam sehari jika cuaca sedang panas. 

Namun, saat cuaca dingin, atau saat kamu berada di negara empat musim dan sedang masanya musim dingin, maka kamu bisa mandi beberapa kali sehari. Ini karena tubuh kamu tidak berkeringat dan kulit kamu sensitif saat musim dingin. Jika kamu mandi terlalu sering, kulit justru bisa teriritasi. 

Tips Mandi yang Baik Bagi Kulit 

  • Kecilkan suhu air. Jangan mandi dengan suhu yang terlalu panas, agar kulit kamu tidak kering dan minyak esensial alami tubuh tidak hilang. 
  • Pilih sabun yang bebas parfum. Aroma wangi pada sabun tidak selalu baik untuk kulit. Bahan kimia dalam parfum berpotensi membuat kulit iritasi. 
  • Jangan mandi terlalu lama, maksimal 10 menit saja. Dermatologis merekomendasikan kamu untuk membatasi durasi mandi. Kamu tidak boleh berendam lebih dari 10 menit.

Baca Juga :

6 Alasan Kamu Harus Mandi pada Malam Hari

Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Cuci Muka Saat Mandi

6 Bagian Tubuh yang Sering Salah Dibersihkan Saat Mandi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 5 Rahasia Skincare Dakota Johnson, Kamu Harus Coba!

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aktris