Jerawat adalah keadaan dimana wajah memiliki benjolan berair yang terkadang meradang hingga kemerah-merahan. Ini merupakan kondisi dimana folikel rambut pada kulit tersumbat. Tersumbantnya folikel ini bisa disebabkan dari bermacam-macam penyebab. Bisa karena padatnya aktivitas di luar ruangan hingga jenis kulit yang cenderung berminyak. 

Pada jenis berminyak, kulit wajah biasanya memiliki kandungan minyak atau sebum lebih banyak. Kandungan sebum ini nantinya terhubung dengan folikel rambut dan bisa membentuk komedo jika tidak rajin dibersihkan. Apalagi didukung dengan kebiasaan setelah beraktivitas langsung tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Akibatnya, minyak atau sebum berlebih tersebut akan menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan munculnya jerawat.

Dari sekian banyak masalah yang menimpa kulit wajah, jerawat masih tetap menjadi yang paling ditakuti. Jika tumbuh jerawat pada wajah, rasa percaya diri seseorang juga terpengaruh. Terkadang hal tersebut dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Penyebab jerawat dan jenisnya pun ada banyak sekali macam dan tentu saja cara penanganannya tergantung dari jerawat apa yang menjadi masalah kulitmu.

Jenis-jenis Jerawat

  1. Komedo Putih atau Whitehead

Sesuai namanya, komedo yang satu ini berwarna putih atau lebih sering dikenal dengan nama whiteheads. Bentuknya sendiri berupa bintik-bintik berwarna keputihan yang di sekitarnya terdapat lingkaran kemerah-merahan. Area wajah yang sering menjadi tempat munculnya komedo jenis whitehead adalah area dagu dan terkadang garis rahang. Whitehead tersebut muncul akibat penumpukan kotoran, minyak berlebih dan sel kulit mati yang jarang dibersihkan atau dieksfoliasi. Sehingga tumpukan kotoran tersebut menyumbat pori-pori dan berubah menjadi whitehead.

  1. Komedo Hitam

Jenis yang kedua adalah komedo hitam atau blackheads. Sesuai warnanya, komedo ini berupa bintik-bintik gelap kehitaman. Tidak seperti whitehead yang pada area sekitarnya cenderung kemerah-merahan, area di sekitar blackhead berupa kulit normal yang tidak meradang. Komedo jenis ini tidak hanya muncul di wajah saja. Bisa saja kamu menemukan blackhead di punggung dan dada. Penyebabnya adalah adanya kotoran yang menumpuk sehingga menyumbat folikel rambut dan membuat kulit wajah menjadi tidak cerah secara merata.

  1. Jerawat pada T Zone

Area T zone juga sering ditumbuhi jerawat karena lebih banyaknya produksi minyak atau sebum yang dihasilkan di area tersebut. Area ini mencakup dahi, hidung dan dagu. Bentuknya yang menyerupai huruf T membuatnya dijuluki sebagai T zone. Pada umumnya, jerawat yang tumbuh di area ini disebabkan karena polusi dan kebiasaan malas membersihkan wajah setelah beraktivitas. Maka kemudian muncul whitehead yang kemudian bisa meradang menjadi jerawat merah. Pada jerawat merah, ukurannya akan lebih besar dan cenderung sakit jika disentuh.

  1. Jerawat Hormon

Pada perempuan, apalagi ketika mendekati masa haid pasti akan mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya. Biasanya karena adanya perubahan tersebut, penumpukan minyak pada wajah semakin banyak. Diikuti denagn pori-pori tersumbat dengan cepat hingga kemudian tumbuhlah jerawat. Jerawat hormon ini akan senantiasa muncul ketika perubahan hormon terjadi. Bisa saja muncul satu biji hingga dua biji. Namun kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. Setelah masa haid selesai, jika dirawat dengan produk skincare pilihan, jerawat ini akan cepat hilang.

Bagi para ibu atau wanita yang sudah menikah, jika kamu memakai alat kontrasepsi, hal ini juga tak jarang menyebabkan jerawat muncul. Oleh karena itu, kamu harus lebih pintar memilih pil kontrasepsi yang menjadi penyeimbang kadar hormon dalam darah. Maka perubahan hormon tidak akan terjadi secara drastis dan pertumbuhan jerawat bisa ditekan.

Baca Juga :

6 Jenis Jerawat dan Penyebabnya

3 Jenis Obat Antibiotik Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Menghilangkan Jerawat Kamu

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya dengan Bahan Alami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perhatikan, Ini 5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Banyak orang yang menganggap perawatan rambut sebagai hal