Depresi adalah gangguan medis yang umum dan bisa menjadi gangguan serius saat penyakit ini dibiarkan berlarut-larut. Depresi adalah penyakit yang ditandai dengan perasaan yang berubah ubah, dan menimbulkan beragam masalah dari emosional dan fisik. Jika dibiarkan, penderita depresi bisa saja memiliki keinginan untuk bunuh diri. Penderita depresi membutuhkan dukungan dari kita. Lalu, bagaimana cara memberikan dukungan kepada seseorang yang depresi? Lanjut yuk 

Depresi (gangguan depresi mayor) adalah penyakit medis yang umum dan serius karena ia mempengaruhi perasaan hingga cara berpikir dan bertindak seseorang. Untungnya, penyakit ini bisa diatasi dengan beberapa cara, diantaranya :

Menjaga Diri

Saat kamu mulai peduli dengan seseorang yang memiliki depresi, maka mungkin saja kamu ingin selalu mendukung orang tersebut hingga tak sempat mengurus diri sendiri. Tak salah jika ingin membantu teman, namun ada baiknya kamu juga menjaga dirimu sendiri.

Jika energi yang ada telah dihabiskan untuk membantu teman, maka sudah dapat dipastikan waktu untuk diri sendiri menjadi kurang.  Kamu pun akan lelah dan dilanda frustasi.

Tetapkan Batasan

Cara ini dapat membantumu . Mungkin kamu bisa memberitahu temanmu bahwa kamu siap untuk mendengarkan ceritanya setelah pulang bekerja. Jika memang kondisinya darurat, kamu bisa membuat rencana darurat bersama temanmu.

Kamu juga dapat menawarkan diri untuk membawakan makanan seminggu dua kali, namun tidak setiap hari. Percayalah bahwa temanmu juga memiliki teman lain yang akan peduli dengannya. Biarkan ia mendapat dukungan yang lebih banyak.

Beri Waktu

Menghabiskan waktu bersama seseorang yang depresi akan benar-benar menguras waktu dan tenaga. Untuk itulah sebaiknya kamu membiarkan temanmu yang sedang depresi untuk sendiri. Ketahui batasanmu dalam membantu. 

Ada beberapa orang yang justru membutuhkan waktu untuk sendiri. Setelah lega, barulah ia akan bercerita, sehingga jangan memaksanya.

Menawarkan Bantuan Untuk Menyelesaikan Tugas Harian

Hidup seseorang dengan depresi cenderung terasa luar biasa. Pasti temanmu akan melupakan pekerjaan hariannya, seperti mencuci, berbelanja, hingga membayar tagihan bulanan. Untuk itu, tak ada salahnya membantu dari hal kecil seperti ini. Tawarkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Mengundang Beberapa Teman Dekat

Seseorang yang hidup dengan depresi mungkin saja akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan teman-temannya dan merencanakan kegiatannya. Bantulah temanmu menyusun rencana dan undang beberapa rekan yang sekiranya mampu membuatnya tertawa.

Mungkin awalnya temanmu akan menolak, namun yakinkan ia bahwa dengan berada di dekat orang-orang tersayang, ia akan merasa nyaman dan merasa tidak sendirian.

Sabar

Depresi memang dapat dibantu dengan pengobatan, namun proses untuk menemukan metode yang tepat inilah yang akan memakan waktu cukup lama. Mungkin saja pengobatannya melibatkan beberapa percobaan dan kesalahan hingga akhirnya nanti temanmu menemukan metode yang tepat untuk mengatasi depresi yang dialami.

Setelah menemukan pengobatan yang tepatpun, temanmu bisa saja masih mengalami gejala sesekali. Saat hari buruk datang, sebaiknya tetap sabar dan tetaplah berada di sisi temanmu.

Tetap Berteman dan Berhubungan

Memberitahu temanmu bahwa kamu masih peduli ditengah depresi dapat membantu mengatasi perasaan temanmu. Jika kamu tak dapat menghabiskan banyak waktu dengan mereka, setidaknya tanyakan kabar melalui WA maupun telpon.

Baca Juga :

6 Tanda Orang Sedang Depresi dan Bagaimana Cara Menanggapinya

8 Masalah Kesehatan Fisik yang Disebabkan Oleh Depresi

6 Cara Ampuh Untuk Melawan Depresi di Musim Dingin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi