Mendekati Hari Raya Natal, sebagian orang mempersiapkan kue jahe yang biasa dihidangkan saat Natal. Tidak hanya bisa dibuat di rumah, kue jahe juga bisa ditemukan di berbagai toko kue. Apakah kamu juga mempersiapkan kue jahe untuk Natal?

Meskipun memiliki rasa yang unik, tapi ada pula sebagian orang yang kurang suka dengan kue jahe. Padahal, kue berwarna cokelat ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini karena kue jahe mengandung banyak rempah-rempah sehat, seperti cengkeh, kayu manis, dan jahe. Kira-kira apa saja manfaat kue jahe bagi kesehatan tubuh? Simak daftar berikut. 

  1. Kue jahe bisa meredakan kram menstruasi

Bagi kamu yang sering menderita karena kram sebelum atau selama menstruasi, kue jahe bisa menjadi cara alami untuk meredakan kram yang mengganggu aktivitas. Hal ini terjadi karena terdapat kandungan kayu manis dalam kue jahe yang terbukti dapat meredakan kram menstruasi dan gejala tidak menyenangkan lainnya selama menstruasi, seperti mual atau kelelahan. Selain kayu manis, jahe juga mampu membantu mengatasi nyeri yang terjadi pada awal menstruasi.

  1. Kue jahe bisa membantu organ hati agar bekerja lebih baik 

Jika kamu mengonsumsi kue jahe dalam jumlah sedang, senyawa tertentu di dalamnya dapat bermanfaat bagi kesehatan kamu, loh. Misalnya, kandungan rempah cengkih dalam kue jahe bisa meredakan sakit pada organ hati. Hal ini terjadi karena cengkih mengandung eugenol yang meningkatkan fungsi hati dan membantu mengurangi tanda-tanda penyakit hati berlemak.

  1. Kue jahe bisa membantu meredakan gangguan pencernaan 

Sering merasa tidak nyaman pada bagian atas perut? Bisa jadi kamu menderita gangguan pencernaan. Nah, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya akibat lambung yang kosong terlalu lama. Ketika kamu mengalami gangguan pencernaan, makanlah kue jahe untuk meredakannya. Hal ini mungkin terjadi karena jahe terbukti mampu meringankan gejala gangguan pencernaan.

  1. Kue jahe bermanfaat bagi kulit 

Tahukah kamu, orang yang rutin mengonsumsi kayu manis memiliki peluang lebih kecil untuk mengalami penuaan dini pada kulitnya. Hal itu terjadi karena kayu manis mengandung banyak antioksidan, sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya yang berpotensi merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitas.

Nah, karena kue jahe mengandung kayu manis, maka kamu dapat merasakan pula manfaat dari kayu manis seperti yang telah disebutkan sebelumnya. 

  1. Kue jahe mungkin membantu meningkatkan fungsi otak

Jahe, sebagai salah satu bahan utama kue jahe, telah terbukti meningkatkan memori dan fungsi otak. Tak hanya itu, jahe juga disebut-sebut mampu melindungi sel-sel otak dari penurunan fungsi yang mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. 

  1. Kue jahe baik untuk kesehatan tulang

Cengkih merupakan salah satu rempah wajib dalam bahan-bahan kue jahe. Bahan yang satu ini mampu memberikan rasa hangat dan sedikit pedas pada kue jahe. Selain enak, cengkih juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat mengurangi risiko radang sendi. Tak hanya itu, karena cengkih kaya akan mineral mangan, cengkih juga bisa membantu tubuh mengelola enzim yang dapat memperbaiki tulang.

Baca Juga :

6 Olahan Makanan Vegan yang Nikmat Selain Salad

6 Cara Menghentikan Perut yang Sering Berbunyi

Nggak Disangka! Rempah Berikut Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badanmu Lho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi