Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum di dunia. Siapa pun pasti mengalami jerawat, entah itu selebriti atau orang biasa. Namun, meskipun dikategorikan sebagai penyakit umum, ada juga jenis jerawat kronis yang sangat sulit untuk diobati.

Untuk itu, rencana perawatan khusus bagi kulit sangat penting untuk membuat kondisi kulit lebih bersih dan bebas jerawat. Ada beberapa aturan dan cara khusus yang harus kamu terapkan supaya kulit kamu terhindar dari masalah jerawat yang membandel.

Berikut tiga langkah jitu hilangkan jerawat menurut para ahli :

  1. Berkomitmen pada perubahan gaya hidup

Mengunjungi dokter kulit dan berkonsultasi tentang masalah jerawat menjadi pilihan terbaik. Kamu akan mendapatkan saran yang mampu mengobati kondisi kulitmu. Selain itu, ada hal yang tak kalah penting, yaitu mengontrol gaya hidup. Perlu diketahui, gaya hidup kamu sehari-hari memegang peranan penting dalam menjaga kulit agar bebas dari jerawat.

Jerawat dapat muncul karena banyak alasan, termasuk unsur genetik, ketidakseimbangan hormon, tingkat stres, pilihan produk perawatan kulit, dan pola makan. Semua itu termuat dalam gaya hidup kamu sehari-hari.

Pertama-tama, untuk mengurangi risiko jerawat dan membantu meringankan masalah jerawat, kamu harus rajin mengganti sarung bantal dan mencuci sarung bantal sampai bersih sebelum digunakan.

Kemudian, pertimbangkan untuk mengurangi produk susu sapi dan gula dari menu makan kamu. 

Selanjutnya, jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah, minimal dua kali dalam sehari. Sebelum tidur pada malam hari pun kamu wajib membersihkan wajah dari sisa-sisa minyak dan kotoran yang menempel di wajah kamu.  

Jangan lupa, kamu juga perlu mengontrol kondisi emosional kamu agar tidak terlalu stres. Kamu bisa rutin berolahraga, mencari hiburan, belajar memasak, dan lain-lain, untuk mencegah stres berlebih. 

  1. Bijak memilih produk perawatan kulit

Jangan asal membeli produk perawatan kulit hanya karena produk tersebut terkenal atau digunakan oleh para selebriti. Hal terpenting dalam memutuskan produk perawatan kulit yang akan digunakan adalah dengan memeriksa daftar bahan-bahan komposisinya dan mencocokkan dengan masalah kulit yang kamu alami. 

Untuk membasmi jerawat, dokter kulit merekomendasikan kamu mencari produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau retinoid. Menurut dokter kulit, benzoil peroksida adalah satu-satunya topikal yang paling efektif untuk membunuh bakteri jerawat.

Selain itu, asam salisilat juga membantu pengelupasan kulit dengan lembut, menghilangkan jerawat, dan dapat membantu mengatasi perubahan pigmentasi.

Adapun retinoid secara langsung dapat menghambat peradangan jerawat dan membantu pergantian sel kulit untuk mencegah pembentukan komedo.

  1. Buat rutinitas skincare yang simpel 

Setelah kamu tahu produk apa yang harus dicari, maka saatnya kamu menyesuaikan diri dengan rutinitas skincare yang baru.

Pertama, cari pembersih yang paling efektif. Jika kulit berminyak, maka cari pembersih berbusa yang dapat menurunkan kadar minyak pada kulit. Jika kulit kering atau sensitif, maka carilah pembersih yang mampu menghidrasi. Kamu bisa juga memilih micellar water untuk membersihkan kulit.

Micellar Water adalah bahan yang sangat lembut dan mampu membersihkan kulit dengan baik, mampu menghilangkan sisa make up, dan membuat kulit terasa segar. 

Setelah menemukan pembersih yang tepat, jangan lupa gunakan pelembab. Pastikan kamu mencari pelembab yang bebas minyak dan non-komedogenik karena biasanya pelembab tipe ini tidak akan memperburuk jerawat. 

Baca Juga :

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

5 Bagian Tubuh Ini Sering Jerawatan? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Jerawatan? Ini Cara Mengobati dan Mencegahnya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ragam Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan tubuh dan lezat saat