Pernahkah kamu memainkan hula hoop saat masih kanak-kanak dulu? 

Tanpa kamu sadari, sebenarnya memainkan hula hoop sama seperti olahraga, loh. Hula hoop adalah salah satu alat olahraga yang paling menyenangkan. Tak hanya sekedar senang, kamu juga bisa mendapat banyak manfaat dengan olahraga hula hoop.

Apa benar hula hoop termasuk olahraga?

Jawabannya, IYA, BENAR.

Hula hooping atau bermain hula hoop sudah memenuhi syarat sebagai olahraga. Bahkan, sebuah penelitian dari American Council On Exercise menemukan bahwa latihan hula hoop selama 30 menit memiliki manfaat kebugaran yang serupa dengan olahraga lainnya, seperti boot camp, kickboxing, atau kelas kardio dansa dengan durasi yang sama. 

Mengapa efeknya bisa sama? Salah satu alasannya adalah karena kamu tidak bisa berhenti bergerak ketika bermain hula hoop. Kamu harus terus bergerak agar hula hoop bisa berputar. Itulah sebabnya, tubuh kamu jadi bugar. 

Manfaat Olahraga Hula Hoop

  1. Meningkatkan detak jantung

Latihan hula hoop adalah alternatif lain untuk latihan aerobik, karena bermain hooping benar-benar membuat detak jantung kamu meningkat. Peningkatan detak jantung akan lebih efektif ketika kamu memang sudah pandai menggunakan hula hoop, bahkan memainkan beberapa hula hoop  sekaligus. Jika sudah ahli, mungkin kamu bisa mencoba trik menyenangkan seperti berjalan, jongkok, menari, atau bahkan melompat selama latihan hula hoop. 

  1. Rendah risiko

Tidak seperti banyak latihan aerobik lainnya, entah itu lari, hiking, menari, dll., latihan hula hoop memiliki risiko yang lebih rendah. Bermain hula hoop berdampak rendah pada sendi lutut dan pinggul, sehingga olahraga hula hoop akan cocok dimainkan semua orang terlepas berapa pun usia mereka.  

  1. Otot-otot tubuh akan bekerja dengan baik

Bukan hanya jantung yang kinerjanya meningkat, tetapi juga otot inti kamu, terutama otot di bagian samping tubuh.  Inti tubuh kamu memiliki banyak otot yang membentang dari panggul ke dada dan ada juga otot di sekitar tubuh kamu. Otot-otot ini berguna untuk membuat kamu tetap tegak dan stabil.

Nah, dengan bermain hula hoop, kamu akan memperkuat glutes, pinggul, paha depan, paha belakang, bahkan sampai betis. Jika kamu memainkan hula hoop pada tangan, maka kamu akan melatih otot-otot tubuh bagian atas, seperti trisep, bisep, lengan bawah, dan bahu. 

Latihan hula hoop bisa dianggap sebagai olahraga yang menggerakkan seluruh otot tubuh.

  1. Olahraga tanpa beban dengan bersenang-senang

Kamu mencari alternatif olahraga yang menyenangkan untuk dijalani? Hula hoop bisa menjadi pilihan. Daripada bosan dengan berlari atau pergi ke gym, kamu bisa berlatih hula hoop di rumah. Karena bermain hula hoop sangat menyenangkan, kamu pun tidak akan merasa olahraga sebagai beban. Justru, kamu akan dengan senang hati menjalaninya. Rasa senang ini akan membuat kamu konsisten untuk terus olahraga dengan hula hoop.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Pada dasarnya, olahraga apa pun akan membantu kamu membakar kalori dan menurunkan berat badan. Tapi, hula hoop memang menjadi salah satu pilihan terbaik, karena, bermain hula hoop bisa membakar 330 sampai 400 kalori per jam. 

Meskipun memiliki banyak manfaat, kamu tetap harus berhati-hati saat bermain hula hoop, ya. Perhatikan postur, jangan terlalu cepat memainkan hula hoop, dan pilih hula hoop yang sesuai dengan bentuk tubuh. Jika hula hoop terlalu berat, kamu bisa berisiko cedera karena tubuh kamu berusaha terlalu keras untuk menggerakkannya.

Baca Juga :

Olahraga 15 Menit Ini Akan Membuatmu Tetap Bugar Sepanjang Hari

Coba 6 Olahraga Ini Agar Leher dan Bahu Lebih Ramping

10 Tips Menghilangkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan