Perut yang buncit sejatinya merupakan salah satu manifestasi dari perut kembung. Hal ini merupakan proses alami yang terjadi di dalam tubuh. Bahkan, dalam keadaan normal, ada sekitar 1 liter atau kurang lebih setengah dari lambung dan usus manusia terisi gas.

Udara di dalam lambung merupakan hasil kerja mikroorganisme mikroflora usus, yaitu bakteri yang membantu proses pencernaan. Semakin sulit lambung mencerna makanan, maka akan semakin banyak gas yang diproduksi.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan perut buncit sekaligus cara membantu kinerja perut sepanjang hari, tanpa perlu latihan fisik atau olahraga : 

  1. Memijat titik di perut untuk membantu mengurangi pembentukan gas

Jadikan pusar kamu sebagai titik awal untuk memijat perut. Letakkan 4 jari secara horizontal di atas pusat. Nah, titik yang perlu kamu pijat adalah titik yang berada di atas posisi jari teratas kamu saat ini. 

Pijat titik itu selama 2-3 menit searah jarum jam, kemudian pijat juga dengan arah berlawanan dari arah jarum jam. Jika kamu melakukan semuanya dengan benar, kamu akan merasakan rasa asam di mulut kamu, dan air liur akan meningkat.

  1. Pijat titik di perut untuk membantu menghilangkan retensi air

Titik yang perlu dipijat kali ini terletak di ketinggian jari kedua di atas pusar. Cara memijatnya mudah. Cukup tekan bagian atasnya, dan pijat selama 2-3 menit searah jarum jam, kemudian pijat lagi dengan arah berlawanan.

  1. Pijatan untuk meningkatkan aktivitas usus dan menghilangkan rasa berat

Letakkan 4 jari secara horizontal di bawah pusar. Titik yang harus dipijat berada di bawah jari kelingking. Pijatan kali ini juga membutuhkan 2-3 menit pijatan searah jarum jam dan pijatan 2-3 menit berlawanan arah dengan jarum jam. Jika dilakukan dengan benar, metode ini akan membantu menghilangkan perut kembung.

  1. Minum segelas air hangat dengan lemon setiap pagi

Segelas air hangat dan jus lemon yang dikonsumsi 15 – 30 menit sebelum sarapan di pagi hari, dapat membantu menormalkan sekresi asam lambung, meredakan gejala mulas, dan mencegah sendawa serta mencegah pembentukan gas di usus. Selain itu, lemon mengandung banyak vitamin C yang baik untuk tubuh kamu.

  1. Hindari minum susu dan kopi untuk sarapan

Susu dapat merangsang produksi asam lambung dan meningkatkan keasaman. Jangan memperlakukannya susu seperti minuman, karena sebenarnya susu setara dengan maknaan berat. Alih-alih minum susu, kamu bisa mengonsumsi yogurt sebagai gantinya, karena yogurt mengandung probiotik yang membantu bakteri perut dalam proses pencernaan. 

Sedangkan untuk kopi, mereka dapat mempengaruhi perut dengan cara yang hampir sama dengan susu. Untuk itu, sebisa mungkin kamu perlu menghindari kopi saat sarapan.

  1. Jangan minum alkohol saat perut kosong

Minum minuman beralkohol dapat merangsang produksi asam lambung. Jika kamu minum minuman beralkohol dalam kondisi perut kosong, maka kamu dapat memperlambat kinerja pencernaan dan mulai menimbulkan korosi pada dinding lambung. Ketika kamu sering minum alkohol saat perut kosong, maka kamu bisa membunuh mikroflora lambung dan usus. 

  1. Minum teh jahe

Jahe yang memiliki rasa cukup pedas, sejatinya dapat menenangkan perut dan mengurangi pembentukan gas dan aktivitas usus. Jahe juga memiliki efek untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Jangan terlalu banyak makan makanan berlemak 

Makanan berlemak, makanan cepat saji, dan makanan manis berlemak, adalah makanan berat. Semua makanan ini akan tinggal di perut selama proses pencernaan. Semakin sulit makanan untuk dicerna, maka akan semakin banyak gas yang dihasilkannya. Jika kamu makan lebih sedikit lemak, kamu dapat menghindari rasa berat dan tidak nyaman di dalam perut.

  1. Hindari “makan udara”

Makan udara adalah saat di mana kita makan dengan cara terburu-buru, saat kita berbicara sambil makan, saat kita mengunyah dengan cara yang salah, saat kita minum minuman berkarbonasi, mengunyah permen karet, atau saat kita merokok. 

Semua aktivitas tersebut dapat membuat kita menelan udara secara berlebih. Aktivitas memakan udara memang tidak berbahaya, tetapi ini bisa menyebabkan perut kembung dan membentuk gas di dalam perut.

  1. Tenangkan pikiran dengan bersantai, tidur, dan bermeditasi

Tips terakhir ini adalah tips yang paling menyenangkan. Kamu diminta untuk menyenangkan dan menenangkan diri kamu sendiri. Mengapa? Karena kecemasan dan stres menyebabkan gangguan pada kinerja  usus. Untuk mengatasinya, kamu perlu rileks. Kamu bisa bermeditasi, tidur, atau bersantai untuk menenangkan pikiran kamu.

Baca Juga :

Diet Yuk! Perut Buncit Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan Lho

5 Makanan Berlemak yang Dapat Membuat Perut Buncit

Ngak Mau Kan Perut Buncit Terus..Yuk Cobain Beberapa Minuman Ini Yang Bisa Jadikan Perutmu Rata

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tanda Orang Sedang Depresi dan Bagaimana Cara Menanggapinya

Selama menjalani hidup, akan ada suatu masa ketika