Tidur tanpa bantal mungkin terkesan tidak nyaman bagi sebagian besar orang, apalagi bagi mereka yang selalu tidur dengan bantal. Tapi ternyata, memilih untuk tidur tanpa bantal bisa bermanfaat bagi kulit dan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, loh.

Tidak hanya berpengaruh untuk membuat kulit tampak lebih segar, tapi juga bisa menghilangkan sakit punggung yang kamu derita. 

Nah, berikut adalah beberapa manfaat luar biasa yang bisa kamu dapatkan jika kamu mulai tidur tanpa bantal: 

  1. Kerutan di wajah akan berkurang

Tahukah kamu? Ternyata sarung bantal kamu bisa membuat kulit terlihat lebih tua. Hal ini terjadi karena kebanyakan sarung bantal terbuat dari katun. Meskipun bahan katun adalah kain yang paling nyaman, tapi bahan ini mudah menyebabkan gesekan pada kulit kamu, yang membuat kulit jadi kering.

Sementara itu, kulit yang kekurangan kelembapan, akan lebih rentan terhadap garis-garis halus atau kerutan. Sehingga jika kulit kamu kering, kerutan kamu pun akan semakin terlihat. 

Solusinya, kamu bisa mencoba tidur tanpa bantal untuk mengurangi risiko kulit kering. Meskipun perlu waktu agar terbiasa tidur tanpa bantal, tapi tips ini layak untuk dicoba.

  1. Kulit akan terlihat lebih halus

Tubuh kamu perlu terhidrasi demi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sarung bantal katun dapat menghilangkan kelembapan dan minyak esensial yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan awet muda. Jika kulit terus-menerus bergesekan dengan kain katun, kamu akan mengalami pengelupasan kulit yang membuatnya jadi kurang sehat.

  1. Mencegah iritasi kulit

Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif dan kulit rentan berjerawat, tidur di atas sarung bantal katun bukan pilihan terbaik. Kain yang terlalu kasar dan gesekan yang ditimbulkannya, dapat mengiritasi kulit kamu. 

Selain itu, tanpa kamu sadari, bantal yang setiap hari kamu kenakan itu bisa menjadi rumah bagi bakteri. Saat kamu tidur dengan posisi wajah menempel di bantal, bakteri akan berpindah ke wajah kamu dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

  1. Memberikan waktu istirahat bagi kulit

Saat kamu tidur, seluruh tubuh kamu masuk ke mode pemulihan atau mode istirahat. Nah, pada mode inilah, seluruh tubuh akan melakukan perbaikan, termasuk kulit kamu. Ketika kamu tidur, kulit kamu akan memperbaiki dirinya sendiri. 

Sementara itu, bantal yang kamu pakai setiap hari memiliki banyak residu atau kotoran. Entah itu kotoran dari wajah atau kotoran dari rambut, yang berlangsung terus-menerus selama berhari-hari. Tentu saja kotoran ini tidak baik untuk kesehatan kulit kamu. 

  1. Mencerahkan kulit

Fakta menunjukkan, jika kamu tidur di atas bantal yang terlalu empuk, kamu berisiko mengurangi aliran darah ke kepala. Hal tersebut bisa menyebabkan sakit leher, sakit kepala, dan bisa membuat kulit kamu tampak kering dan kusam. 

Apalagi, sirkulasi darah yang buruk juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk perubahan warna kulit, ruam, dan kulit mengelupas. Jadi, jika kamu mulai membiasakan diri untuk tidur tanpa bantal, kamu dapat mengurangi risiko kulit kusam dan perubahan warna kulit.

  1. Mengurangi risiko “kerutan tidur”

Sering kali, kita terbangun dengan berbagai kerutan tidur yang sangat terlihat di wajah. Tentu ini akan membuat semua orang panik karena kerutan tidur cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk hilang. Salah satu penyebab dari kerutan tidur adalah bantal.

Jadi, jika kamu mulai tidur tanpa bantal, kamu akan mengurangi risiko kerutan tidur. Selain itu, tidur tanpa bantal juga akan membuat kulit kamu terlihat lebih sehat dan menjaganya tetap halus dan kenyal.

Baca Juga :

Ternyata Tidur Tanpa Bantal Bisa Buat Kulit Wajah Awet Muda

5 Olahraga Rumahan yang Mudah Cuma Butuh Bantal Saja

Mengapa Ada Orang yang Tidak Bisa Tidur Tanpa Memeluk Sesuatu?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sebenarnya Perlu Mandi Berapa Kali Sih Dalam Sehari? Ini Jawabannya

Kebiasaan mandi seseorang bisa berubah-ubah berdasarkan mood dan