Membersihkan rumah adalah tugas penting yang harus dilakukan setiap hari. Rumah yang bersih akan membuat kita nyaman dan betah tinggal di dalamnya. Selain itu, menjaga kebersihan juga merupakan salah satu syarat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meskipun penting dan harus dilakukan setiap hari, terkadang beberapa orang sering malas membersihkan rumah karena terlalu banyak berantakan. Kamu pun mungkin pernah mengalami saat di mana kamu bingung harus mulai membersihkan rumah dari mana.

Nah, untuk mengatasinya, coba kamu atasi satu persatu penyebab mengapa rumah terlihat kotor dan berantakan. Berikut daftarnya :

  1. Penerangan buruk

Penerangan yang buruk bisa membuat rumah terlihat gelap dan berantakan. Coba perbaharui tata letak furnitur dan barang-barang kamu agar mendapat cahaya alami dari jendela. Atau, kamu bisa menambah cahaya tambahan untuk menerangi barang-barang kamu. Selain itu, pilih furnitur-furnitur berwarna terang pada ruangan yang minim pencahayaan alami.

  1. Noda di kompor

Kotoran dan minyak yang tumpah di sekitar kompor bisa membuat dapur terlihat jorok dan berantakan. Setiap selesai memasak, usahakan kamu membersihkan area kompor agar bebas dari minyak, tumpahan makanan, dan lainnya. Jangan lupa pakai sarung tangan saat membersihkan kompor, ya!

  1. Piring dan gelas berantakan

Mencuci piring dan gelas tidaklah cukup untuk membuat rumah terlihat bersih dan rapi. Kamu juga harus meletakkannya dengan benar pada tempatnya. Jangan asal dicuci dan ditumpuk saja, tapi rapikan juga piring dan gelas di rumah kamu. Cara ini bisa membuat pemandangan dapur jadi lebih cantik dan bersih. Pada akhirnya, seluruh keluarga akan nyaman melihatnya. 

  1. Pakai karpet untuk menutupi lantai yang sudah tidak indah

Renovasi rumah besar-besaran membutuhkan biaya yang tak murah. Karenanya, jika lantai rumah kamu sudah tidak sempurnya, entah itu retak, ada noda yang tak bisa hilang, atau warnanya sudah pudar, kamu bisa menutupinya dengan karpet. Memanfaatkan karpet untuk menutupi lantai adalah cara cepat yang ekonomis untuk membuat rumah terlihat lebih cantik dan elegan. 

  1. Dinding bernoda, rusak, atau retak

Tidak peduli apakah kamu rajin membersihkan rumah setiap hari atau tidak, jika dinding rumah kamu bernoda, retak, mengelupas catnya, atau mengalami kerusakan lainnya, maka rumah akan terlihat tidak terurus dan terbengkalai. Karena itu, kamu harus memikirkan cara untuk menutupi kelemahannya jika belum mampu merenovasi rumah secara total. Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan tanaman untuk menyembunyikan kerusakan. 

  1. Jendela berdebu atau berkabut

Jendela bisa jadi berdebu dan berkabut seiring berjalannya waktu. Tidak hanya lantai saja yang perlu kamu bersihkan secara berkala, tetapi juga jendela. Jika mulai terlihat berdebu atau berkabut, bersihkanlah jendela dengan alat khusus seperti wiper agar kaca tetap bersih, bebas debu dan kabut. Jangan lupa untuk membersihkan kedua sisi jendela ya, baik sisi dalam atau sisi luar.

  1. Karpet kotor

Meskipun sudah sering menyedot debu, tapi karpet tetap butuh dicuci secara berkala. Kamu bisa mencucinya dengan dry cleaning untuk membersihkan noda-noda yang masih tersisa di beberapa bagian karpet. Meskipun agak mahal, tapi jasa dry cleaning benar-benar akan mengubah rumah kamu jadi lebih bersih dan nyaman. Selain itu, karpet memang harus dicuci secara menyeluruh agar bebas kuman dan bakteri, bukan?

Baca Juga :

5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Membuat Rumah Kamu Tampak Berantakan

5 Detail Interior Rumah Ini Dapat Mengungkap Kepribadian Kamu

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Hal Ini Perlu Disimpan di Mobil untuk Keperluan Darurat

Melakukan perjalanan jauh tentu butuh persiapan ekstra. Tidak