Dewasa ini dunia sudah memasuki masa dimana semua menjadi lebih maju dan semakin berkembang ke arah yang lebih mutakhir. Begitu pula dengan perkembangan dalam dunia kecantikan. Banyak sekali terobosan terbaru dari produk skincare, yang tentu saja baik untuk merawat kecantikan wajah. Dalam dunia kecantikan sekarang kerap kita temui penelitian hingga pengaplikasian bahan bahan alami untuk sebuah formula dalam menciptakan skincare. 

Penggunaan bahan alami dipercaya lebih aman dan memberikan hasil tanpa efek samping jika digunakan dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, dengan menggunakan produk skincare berbahan dasar alami dipercaya tidak kalah efektif dengan bahan kimia aktif. Bahan-bahan alami yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan bisa ditemukan dalam minyak kelapa, aloe vera hingga teh hijau. 

Namun semakin berkembangnya kemajuan teknologi, para dermatologist ahli mengungkapkan bahwa ada salah satu bahan alami yang khasiatnya tidak kalah dibandingkan bahan-bahan yang sudah diketahui banyaj kalangan. Bahan tersebut adalah ekstrak dari purslane. Berasal dari tumbuhan purslane, bahan alami ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan.

Apa Itu Purslane?

Purslane secara visual mirip seperi tumbuhan rumput yang memiliki daun berwarna hijau, batang berwarna merah keunguan serta memiliki bunga yang umumnya berwarna merah, kuning hingga orange. Daun dan batang tumbuhan ini dapat dibilang gemuk karena 90% dari komponen pembentuknya adalah air. Daunnya berbentuk oval seperti telur dengan ujung tumpul dan rata-rata memiliki panjang sampai 3 centimeter dan lebar hingga 2 centimeter.

Persebaran Purslane di Indonesia

Tumbuhan purslane tersebar merata di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Masyarakat Indonesia memiliki berbagai ragam penyebutan yang berbeda. Hal ini tergantung dari lokasi, budaya dan tradisi di setiap daerahnya. Umumnya, masyarakat Indonesia mengenal dengan nama Gelang, Resereyan, Krukut, Alur dan lain sebagainya. Dari segi penggolongan atau pengklasifikasian ilmiahnya, tumbuhan ini tergolong pada Famili Portulacaceae dan diklasifikasikan dalam kelas Eudikotil divisi Angiospermae. Selain untuk produk kecantikan, tumbuhan ini biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia juga sebagai sayur olahan.

Fakta Menarik Purslane di Berbagai Penjuru Dunia

WHO selaku organisasi dunia bentukan PBB yang berorientasi pada dunia kesehatan, menempatkan tumbuhan purslane sebagai salah satu dari daftar tanaman obat yang diprioritaskan. Setidaknya tercatat 20 lebih negara di dunia memanfaatkan tumbuhan ini untuk berbagai macam kebutuhan. Hal ini dirasa wajar karena persebaran tanaman purslane hampir merata di seluruh penjuru dunia. 

Seperti contohnya di dunia farmakologi rakyat Tiongkok, tumbuhan ini dikenal sebagai ma chia xian yang diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan disentri, memiliki sifat anti inflamasi, anti peradangan, sebagai obat penenang hingga tonik. 

Lalu di belahan benua Eropa dan Timur Tengah dan bahkan Amerika, tumbuhan ini bisa ditemukan sebagai tumbuhan obat yang dibudidayakan. Sehingga baik tumbuhan itu sendiri atau bahkan ekstrak yang sudah diambil bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat medis hingga bahan sayur konsumsi langsung. 

Kamu tertarik mencoba produk skincare dengan kandungan Purslane?

Baca Juga :

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya