Usia remaja adalah usia yang kompleks. Di usia ini, banyak sekali terjadi perubahan pada tubuh remaja akibat lonjakan hormon, termasuk munculnya masalah kulit. Remaja kerapkali mengalami masalah kulit  dan ini normal terjadi. 

Masalah kulit yang umumnya terjadi pada remaja adalah munculnya jerawat dan komedo. Untuk mengurangi masalah kulit ini, kamu bisa melakukan beberapa cara, diantaranya :

Rajin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah tidak hanya dengan mencuci muka dengan air saja. Terkadang, ketika kamu baru saja selesai beraktivitas seperti pulang sekolah dan kepanasan di jalan, mencuci wajah langsung dengan air hanya akan membuat komedo menumpuk semakin tebal. Tak hanya sampai disitu, mencuci wajah dengan air terkadang bisa menyakiti kulit yang baru saja terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hasilnya, kulit kamu akan terasa tidak nyaman hingga sedikit perih setelah mencuci wajah dengan air. Apalagi jika kulitmu termasuk tipe kulit sensitif.

Cara membersihkan wajah yang baik dan benar adalah dengan mencuci muka setelah kulit wajah sudah siap. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari setelah kamu melakukan aktivitas yang sekiranya menyebabkan wajahmu kusam. Seperti ketika pelajaran olahraga di sekolah dan kerja bakti. Namun jangan langsung membasuhnya dengan air jika kamu menggunakan riasan tipis. Kamu harus membersihkannya lebih dulu sampai tidak ada lagi sisa make up tertinggal. Gunakan tisu basah untuk membersihkannya lalu kemudian bilas dengan air.

  1. Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Ketika masih remaja, kegiatan yang kamu ikuti cenderung akan lebih banyak. Baik itu dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Saat melaksanakan kegiatan di luar ruangan, kamu wajib melindungi kulit wajahmu dengan sunscreen atau tabir surya. Dengan memakai sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa mencegah kulit wajahmu dari kekusaman hingga efek terbakar sinar UV. Hasilnya, kulit wajah akan lebih terlindungi dan tetap cerah sepanjang hari.

  1. Jangan Memencet Jerawat 

Ketika jerawat sudah muncul di wajahmu dan sangat terasa mengganggu, apalagi jika ukurannya sebesar biji jagung, pasti ada keinginan untuk memecahnya. Sebaiknya kamu tidak melakukan ini. Jangan pernah sekalipun menyentuh jerawat di wajahmu. Apalagi sampai menggaruk, memencet dan memecahnya hingga mengeluarkan darah. 

Jerawat yang muncul di wajahmu bisa menjadi tanda perubahan hormon dalam tubuh. Contohnya saja sebelum masa menstruasi, kebanyakan remaja perempuan pasti akan memiliki jerawat tumbuh di wajah. Hal itu adalah fenomena yang normal. Yang perlu kamu lakukan hanya tinggal menunggunya matang sendiri. Tahanlah diri sebisa mungkin agar tidak menyentuh dan memecahnya, terutama dengan tangan yang kotor.

  1. Gunakan Produk Skincare yang Mengandung Bahan Alami

Untuk kulit wajah remaja yang masih terus berkembang, alangkah baiknya kamu memilih skincare yang memiliki kandungan bahan ringan. Sehingga kulitmu tidak akan mengalami iritasi dan malah memunculkan masalah baru. Hindari bahan-bahan berikut ini jika kamu akan membeli produk skincare.

  1.  Parfum

Produk skincare yang mengandung parfum dalam dosis tinggi rentan membuat kulitmu iritasi, terutama jika kamu memiliki tipe kulit sensitif.

  1. Sulfat 

Komposisi ini banyak terdapat pada sabun mandi dan shampoo untuk rambut. Padahal kulit wajah jelas lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan kulit kepala dan juga tubuh. Jika digunakan untuk mencuci muka, produk dengan kandungan sulfat rentan menyebabkan iritasi.

  1. Parabens

Bahan yang satu ini adalah bahan yang paling harus kamu hindari. Meskipun fungsinya mencegah pertumbuhan bakteri, ketika kamu menggunakannya dalam jangka waktu lama, efek yang diberikan bisa sampai meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

Baca Juga :

5 Bahan Alami Ini Akan Membuat Kulitmu Bercahaya

Langkah Tepat dan Mudah Perawatan Kulit Remaja

4 Fakta Tentang Pori-pori Kulit Ini Ternyata Mitos

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Bahan Aktif untuk Atasi Keriput – Bagian 2

Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 bahan aktif untuk