Teknik pernapasan 4-7-8 adalah pola pernapasan yang dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil. Teknik ini didasarkan pada teknik yoga kuno yang disebut pranayama, yang membantu para praktisi mengendalikan pernapasan mereka. Jika dilakukan secara rutin, teknik ini dipercaya dapat membantu beberapa orang terhindar dari insomnia dan bisa tertidur dalam waktu singkat.

Bagaimana Teknik Pernapasan 4-7-8 Bekerja?

Teknik pernafasan ini dirncang untuk membawa tubuh dalam keadaan relaksasi yang dalam. Pola pernafasan yang mengharuskan untuk menahan nafas dalam jangka waktu tertentu akan memungkinkan tubuh untuk mengisi kembali oksigennya.

Latihan relaksasi atau pernafasan ini juga membantu mengembalikan keseimbangan tubuh dan mengatur respon tubuh saat kita stres. Ini sangat membantu, terutama bagi Anda yang sering mengalami insomnia atau kesulitan tidur akibat kecemasan atau kekhawatiran tentang apa yang terjadi hari ini atau apa yang mungkin terjadi besok. 

Teknik 4-7-8 akan memaksa pikiran dan tubuh untuk fokus mengatur napas.  Teknik ini diyakini dapat membuat jantung yang berdebar menjadi lebih tenang. Cara ini juga mampu menenangkan saraf yang lelah. Dr Weil bahkan menyebut teknik ini sebagai “obat penenang alami”

Bagaimana Cara Melakukannya

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum melakukan latihan pernafasan ini adalah menemukan tempat terbaik. Anda bisa berbaring atau duduk dengan melatih postur tubuh yang baik. Jika memang Anda melakukan teknik pernafasan ini dengan tujuan agar bisa tertidur, maka berbaring adalah posisi terbaik yang dapat dipilih.

  1. Awali dengan meletakkan lidah pada ujung langit-langit mulut (tepat di area gusi atas gigi Anda).
  2. Mulai buang nafas hingga muncul suara mendesing
  3. Tutup mulut dan cobalah menarik nafas secara lembut melalui hidung dalam 4 hitungan
  4. Tahan nafas sebanyak 7 hitungan
  5. Dalam satu nafas, cobalah keluarkan nafas melalui mulut hingga keluar suara mendesing dalam 8 hitungan
  6. Tarik nafas kembali dan ulangi langkah di atas sebanyak 3 kali

Para ahli merekomendasikan seseorang untuk melakukan teknik pernafasan ini setidaknya sehari dua kali. Namun, tidak disarankan untuk melakukan teknik pernafasan ini lebih dari 4 siklus bagi pemula. Dianjurkan untuk mencari tempat duduk atau tempat tidur, karena beberapa orang pada umumnya akan mengalami rasa pusing setelah melakukan teknik pernafasan ini.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menahan nafas dalam waktu cukup lama, Anda bisa mencoba hitungan dengan rasio lebih rendah, yaitu :

  • Menarik nafas melalui hidung dalam waktu 2 detik
  • Menahan nafas selama 3,5 detik
  • Menghembuskan nafas melalui mulut selama 4 detik

Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk menahan nafas dalam waktu lama tetap disarankan menggunakan metode 4-7-8 untuk mendapatkan manfaat maksimal. Biasanya manfaat teknik pernafasan ini akan dirasakan setelah melakukan latihan beberapa kali. Semakin sering dipraktekkan, maka manfaat yang didapatkan juga akan semakin efektif.

Teknik Untuk Membantu Tidur Nyenyak

Anda mungkin saja mengalami insomnia karena adanya gangguan kecemasan atau stress. Dengan teknik pernafasan 4-7-8 Anda akan dapat tidur lebih nyenyak. Namun, jika memang teknik ini tidak dapat membantu, Anda bisa mengkombinasikannya dengan beberapa teknik lain, seperti :

  • Menggunakan penutup mata
  • Memutar musik rileksasi
  • Menggunakan essensial oil atau wewangian yang membuat rileks
  • Mengurangi konsumsi kafein sebelum tidur

Baca Juga :

Alasan Mengapa Kita Sering Kehabisan Nafas Saat Menaiki Tangga

Latihan Baru untuk Membantu Olahragawan Mengelola Gangguan Pernafasan

Segarkan Nafas Tanpa Sikat dan Pasta Gigi dengan Cara Ampuh ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Makanan Bebas Gluten Bagi Penderita Penyakit Celiac

Diet bebas gluten sudah diterima dan diterapkan di