Berpuasa menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan saat bulan Ramadhan tiba. Berubahnya pola tidur dan makan selama bulan Ramadhan ini tentu akan membuat kulit terlihat  kusam dan kering.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kulit, karena kulit akan mendapatkan lebih sedikit hidrasi dibandingkan biasanya, sehingga akan mempengaruhi organ lainnya. Inilah yang membuat tak jarang kulit terasa kering dan muncul beberapa jerawat di area kulit. Menjaga kulit selama bulan Ramadhan agar tetap terhidrasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :

Membatasi Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari menjadi beban tambahan bagi kulit yang sudah mengalami dehidrasi akibat puasa. Salah satu kunci untuk tetap menjaganya terhidasi dalah mengurangi paparan sinar matahari agar kulit tidak stress. Jika memang Anda perlu keluar rumah, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen SPF 50 untuk menjaga kulit dan oleskan kembali setelah 2 jam jika Anda masih berada di luar ruangan.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih Saat Berbuka

Melewati 12 jam lebih tanpa asupan air dan makanan ditambah paparan AC di kantor atau rumah tentu akan membuat kondisi kulit semakin kering. Jadi, pastikan Anda minum cukup air saat waktu berbuka tiba agar kulit tetap terhidrasi.

Untuk mendapatkan nutrisi lebih banyak, Anda bisa menambahkan buah-buahan seperti stroberi, lemon, dan apel. Dengan begitu, Anda tidak hanya menghidrasi kulit saja, namun juga membuang racun yang ada didalam tubuh.

Mengkonsumsi Makanan Sehat Saat Berbuka

Untuk memastikan asupan nutrisi yang efisien dan kembali mempersiapkan tubuh untuk berpuasa di hari berikutya, konsumsilah makanan yang sehat dan kaya nutrisi seperti buah dan sayur. Buah dan sayur sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Selain mengandung air, buah dan sayur juga membantu tubuh untuk menyerap air dengan lebih baik.                                                         

Tidur Dalam Jam Cukup

Selama Ramadhan, bukan tidak mungkin jadwal tidur Anda akan berubah. Anda harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar kuat berpuasa. Untuk itulah Anda harus memiliki jam tidur untuk mengganti tidur yang kurang. Jika memungkinkan, Anda bisa mengambil tidur siang sekitar 2 jam atau tidurlah 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa.

Tidak cukup tidur dapat menurunkan energi dan memperburuk konsentrasi Anda. Selama tidur hormon pertumbuhan dilepaskan. Hormon inilah yang memperbaiki kulit dan jaringan otot.

Tetap Berolahraga 

Berolahraga di tengah bulan Ramadhan mungkin terasa berat dan tidak mudah. Terlebih banyak yang ingin lebih memanfaatkan Ramadhan sebagai sarana ibadah dan refleksi. Namun, jangan sampai Anda terlewat untuk berolahraga. Kebiasaan olahraga harus tetap dijalankan walaupun Ramadhan agar badan tetap sehat dan terbiasa.

Terlebih nantinya lebaran kita akan banyak mengkonsumsi hidangan lebarang yang banyak santan, manis, dan rentan menimbulkan beragam penyakit. Beberapa manfaat berolahraga selama puasa, diantaranya :

  • Memulihkan sensitivitas insulin dan partisi nutrisi, terutama bagi kita yang cenderung mengemil makanan manis sepanjang hari.
  • Menghasilkan defisit kalori yang ideal bagi mereka yang ingin mengurangi persentase lemak tubuh 
  • Menurunkan tekanan darah

Anda dapat dengan mudah mengeluarkan keringat dengan melakukan latihan singkat selama sekitar 45 menit, 3-4 kali seminggu. Tak perlu berolahraga berat, Anda dapat melakukan latihan kardio ringan,  berjalan kaki atau bersepeda. Ini akan membantu membakar kalori dan meningkatkan peregangan dan kelenturan seluruh tubuh. Lakukan olahraga menjelang berbuka.

Baca Juga :

Ikuti Langkah Ini Untuk Dapatkan Wajah Segar dan Bersinar

Mau Wajah Tampah Segar? Coba Warna-Warna Berikut

Rahasia Wajah Tetap Segar Setelah Begadang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Ketahui Kapan Anda Harus Mengganti Make Up dan Parfum Anda

Angkat tangan, sudah berapa lama Anda menggunakan maskara