Berolahraga memang hal yang baik untuk dilakukan, namun untuk mencapai tujuan Anda dalam berolahraga dibutuhkan perencanaan yang matang. Mungkin Anda akan mengkonsumsi beberapa makanan sebelum berolahraga, namun bagaimana setelahnya? Ternyata makanan setelah berolahraga juga harus mendapat perhatian yang sama seperti memilih makanan sebelum berolahraga.

Pentingnya Makan Setelah Berolahraga 

Saat berolahraga, glikogen akan digunakan sebagai bahan bakar. Setelah berolahraga otomatis otot akan kehabisan glikogen ini dan bahkan juga kehabisan protein. Tubuh akan membangun kembali simpanan glikogen. Untuk itulah dibutuhkan konsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat untuk membantu tubuh pulih kembali.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh Pasca Berolahraga

Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh pasca berolahraga agar pulih, diantaranya

Lemak, Protein, dan Karbohidrat

Tiga serangkai ini sangat dibutuhkan tubuh pasca berolahraga. Olahraga memicu terjadinya pemecahan protein pada otot, sehingga dibutuhkan protein dalam jumlah yang cukup untuk memberi tubuh asam amino. Asam amino akan membantu tubuh untuk memperbaiki dan membangun kembali protein yang hilang plus membantu terbentuknya jaringan otot baru. Anda disarankan untuk mengonsumsi protein sebanyak 0,3–0,5 gram/kg setelah berolahraga.

Selama berolahraga, tubuh juga menggunakan simpanan glikogen sebagai bahan bakar untuk berolahraga. Untuk itu dibutuhkan karbohidrat untuk membantu mengisi kadar glikogen kembali.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh pasca berolahraga adalah lemak. Beberapa orang mungkin menganggap konsumsi lemak pasca berolahraga dapat menghambat penyerapan nutrisi. Meskipun lemak dapat memperlambat penyerapan makanan setelah berolahraga, lemak tetap bermanfaat untuk tubuh asal dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Makanan Yang Dapat Dikonsumsi Pasca Berolahraga

Anda dapat segera mengkonsumsi makanan bernutrisi pasca berolahraga agar tubuh dapat menyerap nutrisinya dengan maksimal. Makanlah segera setelah berolahraga, idealnya dalam beberapa jam. Namun, jika Anda sudah makan sebelum berolahraga mungkin waktu makan setelah berolahraga dapat lebih panjang.  

Tujuan utama dari makan setelah berolahraga adalah memberikan tubuh pasokan nutrisi yang tepat agar tubuh dapat pulih lebih cepat dan latihan Anda dapat bekerja secara maksimal. Pilihlah makanan yang mudah dicerna dan mendorong penyerapan nutrisi lebih cepat, diantaranya :

  1. Ayam panggang dengan sayur dan nasi
  2. Telur dadar dengan olesan alpukat dan roti gandum
  3. Sereal dengan susu atau susu kedelai
  4. Protein shake dan pisang
  5. Oatmeal, pisang, dan almond
  6. Yoghurt Yunani dengan granola
  7. Semangkuk Quinoa dengan ubi jalar

Selain mengkonsumsi menu bernutrisi, pastikan Anda juga minum banyak air. Mengkonsumsi banyak air akan membantu tubuh tetap terhidrasi. Mengkonsumsi air sebelum dan setelah berolahraga sangat penting untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga akan didapatkan juga hasil olahraga yang maksimal. 

Selama berolahraga, Anda kehilangan air dan elektrolit melalui keringat. Sangat penting untuk mengisi kembali cairan dengan air atau minuman elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan yang berbeda. Tergantung tingkatan olahraga yang dilakukan. Dengan mengamati dan mengenali tubuh Anda, maka Anda mungkin akan menemukan pola dan menemukan kebiasaan yang cocok untuk dilakukan. 

Baca Juga :

<strong>Cerita Diet Laura (32), Turun BB 58 Kilogram dengan Clean Eating dan Olahraga Rutin  </strong>

Benci Olahraga? Inilah Cara Mendapatkan Kembali Motivasi Anda 

Simak 4 Panduan Olahraga Lagi untuk Pemula

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bagaimana Cara Mengganti Nutrisi Penting Jika Anda Diet Bebas Susu

Jika Anda berencana untuk mengikuti diet bebas susu,