Saat bersantai di rumah atau bekerja dari rumah, mungkin rasa kantuk bukanlah masalah besar. Namun, mengantuk saat bekerja di kantor tentu tidak boleh terjadi, karena mengantuk dapat menimbulkan konsekuensi besar. Misalnya, pekerjaan yang menumpuk karena tak kunjung dikerjakan, terlebih jika diketahui oleh atasan Anda dapat terjebak di dalam bahaya.

Mengatasi rasa kantuk yang muncul saat siang hari sangat bermanfaat untuk membuat Anda lebih berenergi dan produktif. Namun, berpuasa tentu membuat badan lemas dan muncul rasa kantuk. Bagaimana kiat mengatasinya?

Sahur Dengan Makanan Bergizi

Sahur menjadi salah satu kesempatan dan kunci untuk memberikan asupan tubuh sebaik mungkin agar tubuh kuat berpuasa. Ada  baiknya sahur dalam jumlah yang cukup dengan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah. Jangan lupa juga perbanyak konsumsi air agar cairan tubuh dapat terpenuhi.

Tidur Siang

Jika memungkinkan, tak ada salahnya tidur siang sejenak, namun pastikan Anda tidak kelewatan jam ya. Tidurlah setengah sampai satu jam di jam istirahat. Pasang alarm. Jika Anda memiliki ruangan sendiri, Anda bisa menutup pintu ruangan Anda, namun jika tidak Anda bisa tidur didalam mobil dengan sandaran kursi. Tidur siang singkat sekitar 15-30 menit mampu memberikan energi cukup untuk tubuh beraktivitas.

Bangun Dari Meja Kerja

Duduk terlalu lama di suatu tempat dapat memperburuk  rasa kantuk. Ada baiknya Anda bangun secara berkala, lalu berjalan jalan sebentar untuk memperlancar aliran darah. Dengan cara ini Anda bisa tetap fokus pada pekerjaan. 

Berjalanlah di area kantor atau di sekitar meja Anda. Tapi ingat, jangan terlalu lama karena Anda harus segera menyelesaikan pekerjaan Anda.

Mendengarkan Musik Yang Ceria

Musik berguna untuk membangunkan otak, sehingga jangan ragu untuk memasang musik favorit Anda. Jika takut mengganggu lingkungan sekitar, gunakan headphone atau headset untuk mendengarkan musiknya. Tapi pastikan Anda benar-benar menjadi produktif. Pastikan Anda mendapatkan izin untuk mendengarkan musik di kantor, karena ada beberapa kantor yang tidak mengizinkan karyawannya untuk mendengarkan musik demi produktivitas.

Menjaga Suasana Ruang Kerja

Jika meja kerja Anda berdekatan dengan jendela, maka bukalah tirai dan biarkan cahaya alami masuk ke ruangan Anda. Keberadaan sinar matahari mampu memberikan energi. Jika ruang kerja Anda tidak memiliki jendela, maka mintalah ijin untuk membawa lightbox yang akan memancarkan sinar UV tingkat rendah dan membantu memberikan energi.

Memercikkan Air dan Cuci Muka

Air bisa menjadi sarana untuk mengurangi rasa kantuk yang muncul di siang hari. Cobalah pergi ke toilet dan percikkan air ke area wajah untuk membantu Anda tetap terjaga. Jika memang tidak kunjung membuat Anda terjaga, cuci wajah Anda.

Menyalakan Kipas Angin

Rasa kantuk tak kunjung hilang? Anda bisa menyalakan kipas angin untuk membantu Anda tetap terjaga. Angin yang berasal dari kipas angin seperti angin alami yang berasal dari luar dan membuat Anda tetap terjaga. Untuk itulah arahkan kipas angin ke arah Anda.

Sumber :

Baca Juga :

Biasakan 4 Hal Ini Agar Tidak Ngantuk di Pagi Hari 

Sering Insomnia? Ini 6 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Kamu Cepat Ngantuk&nbsp

Hati-hati, 9 Makanan Ini Membuat Kamu Mudah Ngantuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Channel Youtube Yang Akan Membuat Ramadhan Terasa Spesial

Mengoleksi buku resep memasak saat ini nampaknya sudah