Jika kamu bukan orang yang suka bangun pagi, maka bangun di pagi hari bisa menjadi tantangan yang berat. Bahkan ada orang yang benar-benar tidak bisa bangun tanpa alarm pagi hari. Ada juga yang selalu mematikan alarm kemudian tidur lagi. Hayo, kamu tipe yang mana?

Terlepas dari apakah seseorang sulit bengun pagi atau terbiasa bangun pagi, kita memang tetap harus bangun di pagi hari untuk beraktivitas. 

Sebenarnya ada banyak cara untuk memberi energi pada diri sendiri ketika kamu bangun dari tempat tidur. Hal ini dilakukan agar kamu tidak malas-malasan. Misalnya, kamu bisa berjemur sebentar agar mendapatkan cahaya alami matahari untuk menghangatkan tubuh sekalian menggerakkan tubuh dengan sedikit peregangan atau stretching

Selain itu, menurut para ahli, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan supaya merasa segar dan tidak mengantuk di pagi hari. Apa sajakah kebiasaan baik itu? Simak daftar berikut ini:

  1. Mandi air dingin 

Mandi air dingin adalah cara terbaik untuk membangunkan diri kamu. Cara ini juga akan membuatmu merasa lebih “melek” di pagi hari. Tidak hanya suhu dinginnya yang membuat kamu melek dan tidak ngantuk, tetapi paparan suhu dingin yang intens dan singkat ternyata juga berkaitan dengan peningkatan kualitas tidur, peningkatan kesehatan otot dan sendi, serta peningkatan mood atau suasana hati. 

Semakin lama kamu tahan dengan mandi air dingin, dampaknya bagi tubuhmu akan semakin baik. Ternyata, mandi air dingin juga mampu mengaktifkan produksi lemak coklat. Lemak coklat adalah lemak yang membakar energi untuk menciptakan panas dan mengatur suhu tubuh. Tentu komponen ini sangat menyehatkan bagi tubuh kamu. 

  1. Cuci muka dengan air dingin 

Jika kamu tidak kuat mandi air dingin, atau bahkan membayangkan mandi air dingin di pagi hari saja sudah ngeri, maka membasahi wajah atau cuci muka memakai air dingin bisa jadi alternatif agar kamu melek dan tidak ngantuk.

Ternyata, menurut para ahli, memercikkan wajah atau mencuci muka dengan air dingin selama beberapa detik dapat memiliki beberapa efek serupa, mirip seperti saat kamu mandi air dingin.

  1. Bilas dengan air dingin

Apabila kamu tidak ingin mandi air dingin, tetapi di sisi lain kamu tetap ingin mandi supaya tidak mengantuk, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan bilas menggunakan air dingin pada akhir rutinitas mandi.

Kamu boleh mandi dengan air hangat dari awal bilas, membersihkan diri dengan sabun, lalu bilas lagi. Tapi, setelah badan bersih, bilaslah kembali dengan air dingin supaya kamu makin melek dan anti ngantuk.

Meskipun bilas dengan air dingin hanya singkat, tetapi bisa memberikan efek baik juga bagi tubuh. 

  1. Mandi es atau rendam tubuh dalam air dingin

Cara terakhir hanya diperuntukkan bagi kamu yang suka tantangan. Cara ini adalah  berendam dalam air dingin. 

Menurut ahli, berendam di air dingin ternyata efektif untuk memulai pagi hari kamu dengan suasana hati yang lebih baik, energi yang lebih besar, dan tentu saja anti ngantuk. 

Penting untuk diperhatikan:

Mandi air dingin mungkin tidak cocok untuk semua orang. Di luar sana mungkin ada sebagian orang yang memang tidak bisa mandi air dingin. Jadi, tidak perlu memaksakan diri. Ini hanyalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk melawan kantuk pada pagi hari.

Baca Juga :

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Ini 5 Cara Romantis untuk Membangunkan Pasangan di Pagi Hari

Mulailah 5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari Berikut Ini Untuk Hidup Lebih Sehat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bersih-Bersih Pakai Cuka Sari Apel? Why Not?

Cuka sari apel dapat digunakan dalam masakan, saus