Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat, kamu harus mengenal kondisi kulit dan kebutuhan utamanya. Dengan mengetahui kondisi kulit, kamu dapat memilih produk dan prosedur perawatan kulit yang sesuai, agar masalah kulitmu dapat teratasi.


Namun, selain prosedur dan produk perawatan kulit, ada juga beberapa kebiasaan kecil yang ternyata dapat berpengaruh pada kondisi kulit. Kebiasaan ini kerap terjadi pada pagi hari dan harus kamu hindari jika ingin kulit sehat dan cantik. 

Apa saja kebiasaan yang harus dihindari? Simak daftar berikut ini :

  1. Makan sereal setiap sarapan 

Siapa yang tak senang menyantap sereal dan susu pada pagi hari. Rasanya yang enak dan mengenyangkan membuat sereal jadi menu sarapan populer di kalangan masyarakat. Selain itu, sereal juga sangat praktis dan tidak perlu repot memasak untuk menikmatinya.

Tetapi, jika kamu makan sereal setiap hari saat sarapan, kulitmu bisa jadi korbannya. Mengonsumsi terlalu banyak sereal dapat menghilangkan nutrisi penting dari dalam tubuh yang berperan menjaga kesehatan kulit. Jika makananmu tidak bervariasi, hanya sereal setiap hari, tanpa asupan nutrisi penting lainnya, maka kulit bisa jadi kering bahkan bersisik.

  1. Mandi air panas dalam waktu yang lama

Saat cuaca dingin, apalagi sedang turun hujan, mandi pada pagi hari dengan air panas atau hangat akan terasa sangat nyaman dan memanjakan kulit. Mandi air panas membuat tubuh lebih hangat dan rileks.

Namun, jika terlalu lama mandi air panas atau air hangat, lapisan pelindung alami kulit bisa rusak. Padahal, lapisan ini berfungsi mengunci kelembapan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering dan cepat menua. 

Selain itu, apabila kamu mencuci wajah dengan air panas, kamu berisiko merusak kapiler pada kulit wajah, karena air panas membuatnya melebar. 

Jika memang ingin atau harus mandi air hangat, sebaiknya kamu bilas dengan air dingin setelah mandi, atau kamu batasi waktu mandi agar tidak terlalu lama. 

  1. Memakai sun screen hanya saat cuaca panas

Kapan kamu biasa memakai sun screen? Apakah kamu selalu memakainya dalam segala cuaca? Atau hanya pakai saat sedang panas terik saja?

Sun screen adalah produk yang membantu melindungi kulit saat kamu terpapar sinar matahari. Namun, sebenarnya sun screen perlu dipakai setiap hari, entah itu sedang cerah atau mendung, entah itu sedang beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruang.  

Karena, meskipun sinar UVB bisa terhalang oleh kaca, sinar UVA tidak bisa. Nah, sinar UVA inilah yang bisa berbahaya untuk kulit kamu. Jika ingin kulit cantik awet muda, sebaiknya kamu menghindari paparan sinar UVA dengan cara rutin mengaplikasikan sun screen

  1. Memilih produk pencuci muka yang salah

Apakah kamu tahu bahwa wajah yang berminyak saat bangun tidur memiliki penjelasan ilmiah tertentu? 

Secara umum, aktivitas tidur pada malam hari akan membuat tubuh kekurangan asupan air. Nah, ketika ini terjadi, tubuh akan mulai memproduksi banyak sebum yang menyebabkan munculnya minyak, agar terhindar dari dehidrasi. 

Apabila tidak suka dengan wajah yang berminyak pada pagi hari, sebaiknya kamu membersihkan wajah secara menyeluruh, kemudian mengoleskan pelembap setiap sebelum tidur. Cara ini bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit sehingga meminimalkan minyak berlebih pada wajah. 

Baca Juga :

Coba Aturan Skincare 3 Detik Ala Korea Ini Untuk Kulit Sehat dan Glowing

Skincare Para Wanita Jepang Untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Kebiasaan Pagi Hari Demi Kulit Sehat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dengan Hair Spa di Rumah

Hair spa merupakan salah satu perawatan yang difavoritkan