Jantung adalah organ paling penting di dalam tubuh. Ada masalah sedikit saja pada jantung, maka dampaknya bisa fatal. Pasalnya, jantung adalah nyawa kita. Ketika jantung berhenti berdetak, maka hidup kita pun bisa ikut terhenti. Karenanya, kesehatan jantung benar-benar harus dijaga.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang perlu segera dihentikan dari hidup kita supaya jantung tetap sehat:

  1. Ngemil makanan tak sehat

Tahukah kamu? Pilihan menu makanan yang buruk memberikan lebih banyak dampak negatif bagi kesehatan daripada kebiasaan buruk lain seperti malas olahraga atau ketagihan rokok dan alkohol.

Lemak jenuh dan lemak trans adalah dua jenis lemak jahat yang teridentifikasi berpotensi bahaya bagi jantung jika dikonsumsi dalam jumlah besar melalui pola makan kita yang “ngawur”. 

Satu bungkus keripik kentang bisa memenuhi setengah kebutuhan lemak harian seseorang. Kentang goreng, kripik kentang, dan aneka camilan lainnya sering kali sarat dengan lemak. 

Apabila kamu makan dalam porsi besar, maka ini bisa jadi berbahaya bagi kesehatan jantung kamu. Sebab, kamu mendapatkan lebih banyak lemak dari yang seharusnya kamu konsumsi. 

  1. Konsumsi garam berlebihan

Garam yang berlebihan dalam makanan bisa memicu tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab utama penyakit jantung, serangan jantung, dan gagal jantung kongestif. Makan terlalu banyak garam menyebabkan tubuh menyimpan atau menahan terlalu banyak air. Hal ini akan memperburuk penumpukan cairan yang terkait dengan gagal jantung.

Orang dewasa tidak boleh makan lebih dari 6 gram garam setiap hari. Jumlah ini setara dengan sekitar satu sendok teh. Ini termasuk garam yang terkandung dalam makanan olahan seperti roti, camilan, dan lainnya. 

  1. Minimnya aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, dan masalah lain terkait jantung. Perubahan positif yang paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan adalah dengan mulai berjalan kaki. Tidak perlu muluk-muluk lari atau bersepeda jauh, cukup jalan kaki saja. Coba kamu mulai jalan cepat sekitar 30–40 menit setiap hari. 

Olahraga sederhana dengan berjalan kaki akan membantu menambah aktivitas fisik dan menghindarkan kamu dari berbagai penyakit yang mungkin bisa datang menghampiri. 

  1. Merokok 

Semua orang sudah tahu bahwa merokok adalah kebiasaan yang tidak baik. Bahkan, bungkus rokok masa kini sudah memuat peringatan akan risiko kesehatan yang bisa terjadi jika seseorang terlalu sering merokok. 

Merokok meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Merokok juga bisa merusak lapisan arteri kamu dan menyebabkan penumpukan bahan lemak (atheroma) yang mempersempit arteri. Hal ini dapat menyebabkan angina, serangan jantung atau stroke. 

Selain itu, karbon monoksida dalam asap tembakau juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah kamu. Ini berarti jantung kamu harus memompa lebih keras untuk memasok oksigen yang dibutuhkan tubuh. Tentu saja perkara ini juga dialami oleh para perokok pasif. Itu artinya, kamu tidak hanya membahayakan dirimu sendiri tetapi juga membahayakan hidup orang lain.

  1. Stres yang berlebih

Stres secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan jantung kamu. Ada kemungkinan bahwa stres dapat meningkatkan tekanan darah, membuat kamu makan berlebihan, kurang berolahraga, dan membuatmu lebih banyak merokok, sehingga meningkatkan kemungkinan kamu mengalami masalah jantung. 

Karena itu, kamu perlu mencari cara terbaik untuk mengelola stres. Misalnya, meluangkan waktu untuk bersantai, mencari hobi positif, meditasi, menonton film, atau berkonsultasi dengan psikolog jika perlu. 

Baaca Juga :

Tubuh Akan Menunjukkan 8 Tanda Ini 1 Bulan Sebelum Serangan Jantung

Olahraga yang Harus Dihindari Jika Kamu Memiliki Masalah Jantung

4 Hal Mengejutkan yang Memengaruhi Kesehatan Jantung

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Makanan Bebas Gluten Bagi Penderita Penyakit Celiac

Diet bebas gluten sudah diterima dan diterapkan di