Ketika kamu menderita penyakit jantung, kamu akan mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitas, termasuk dalam berolahraga. Meskipun olahraga baik untuk kesehatan jantung, tapi ada beberapa olahraga yang sebenarnya perlu kamu hindari karena justru dapat membahayakan kesehatan kamu. Penderita penyakit jantung harus sangat berhati-hati dalam memilih olahraga yang tepat demi meningkatkan kinerja jantung dan menjaga kesehatannya.

Berikut ini adalah berbagai informasi seputar olahraga yang sangat penting bagi kamu penderita penyakit jantung, mulai dari daftar olahraga yang perlu kamu hindari, serta beberapa tips tambahan tentang olahraga yang dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan jantung.

Olahraga yang Harus Dihindari

Olahraga yang wajib kamu hindari adalah latihan isometrik yang melibatkan kontraksi otot satu terhadap otot lain. Berikut adalah daftar olahraga yang perlu dihapus dari rutinitas kamu :

  • Push-up
  • Sit-up
  • Plank
  • Glute bridge

Selain latihan isometrik, latihan kekuatan untuk meningkatkan massa otot juga perlu dihindari, karena latihan ini mungkin akan meningkatkan tekanan darah dan membatasi oksigen dalam darah kamu. Jadi, olahraga berikut juga perlu kamu hindari :

  • Resistance bands
  • Weight-lifting

Catatan penting :

Bagi kamu yang menderita gagal jantung, masalah ritme jantung yang tidak terkontrol, dan stenosis aorta yang parah, kamu wajib untuk selalu berhati-hati dengan aktivitas fisik yang kamu lakukan. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter kamu.

Olahraga Pengganti yang Aman Bagi Jantung

Penyakit jantung tentu tidak boleh menjadi penghalang bagi kamu yang ingin tetap sehat dan bergerak dengan melakukan aktivitas olahraga. Berikut adalah olahraga paling aman bagi kau penderita penyakit jantung :

  • Flexibility stretching

Latihan fleksibilitas atau peregangan tidak memengaruhi kesehatan jantung secara langsung. Latihan ini justru akan meningkatkan keseimbangan tubuh kamu,  meningkatkan kemampuan bergerak dan meningkatkan kesehatan otot serta persendian kamu. Latihan fleksibilitas meliputi Stretching, Yoga dan Tai Chi.

  • Latihan Aerobik

Aerobik dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kemampuan tubuh kamu dalam menggunakan oksigen. Poin utama dalam rekomendasi ini adalah melakukannya latihan aerobik secara moderat. Latihan-latihan aerobik yang dimaksud di sini meliputi jalan cepat, aerobik air yang ringan, jogging ringan atau bersepeda.

Tips Tambahan Bagi Penderita Penyakit Jantung yang Ingin Rutin Berolahraga

  • Jaga tubuh kamu agar selalu terhidrasi

Minumlah air bahkan jika kamu tidak merasa haus, terutama selama cuaca panas.

  • Istirahat yang cukup

Jangan melakukan aktivitas apa pun secara berlebihan dan berikanlah diri kamu waktu untuk istirahat di tengah aktivitas fisik (olahraga).

  • Jangan berolahraga di luar rumah saat cuaca ekstrem

Kondisi cuaca ekstrem seperti cuaca yang terlalu panas, dingin, atau lembab dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan dapat menyebabkan kesulitan bernafas bahkan menyebabkan rasa sakit di dada.

  • Jangan memaksakan diri, dengarkan tubuh kamu

Jika kamu merasa lelah, tidak nyaman, pusing, napas pendek atau tiba-tiba kamu menjadi sangat berkeringat, lebih baik berhenti berolahraga dan istirahat sejenak.

  • Konsultasikan dengan dokter kamu tentang rencana olahraga yang kamu buat

Dokter kamu akan mempertimbangkan kondisi kesehatan kamu dan akan menyusun rangkaian latihan khusus yang cocok untuk kamu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/4-hal-mengejutkan-yang-memengaruhi-kesehatan-jantung/

http://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-bahwa-kafein-dapat-membantu-jantung-tumbuh-lebih-kuat/

http://www.tampilcantik.com/kurangi-resiko-penyakit-jantung-dengan-makan-ini-dua-kali-seminggu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Ada Orang yang Tidak Bisa Tidur Tanpa Memeluk Sesuatu?

Apakah kamu mengenal seseorang yang tidak bisa tidur